in , ,

Ke Raja Ampat? Kunjungi PiayNemo yang Memukau

Ke Raja Ampat? Kunjungi PiayNemo Yang Memukau

Kepulauan Raja Ampat merupakan rangkaian empat gugusan pulau yang berdekatan dan berlokasi di barat bagian Kepala Burung (Vogelkoop) Pulau Papua. Secara administrasi, gugusan ini berada di bawah Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Kepulauan ini sekarang menjadi tujuan para penyelam yang tertarik akan keindahan pemandangan bawah lautnya. Empat gugusan pulau yang menjadi anggotanya dinamakan menurut empat pulau terbesarnya, yaitu Pulau WaigeoPulau MisoolPulau Salawati, dan Pulau Batanta.

Baca juga : 5 Tips ke Pantai di Era New Normal Agar Liburan Makin Optimal

Keindahan Pulau Raja Ampat

whatsapp_image_2019_08_15_at_09_2nX.jpeg
Raja Ampat (c) Cahya Ginanjar/Travelingyuk

Keindahan Raja Ampat yang seperti surga, tidak dapat lagi ditandingi oleh apapu. Lautan lepas dengan pulau-pulau karang yang tersusun rapih dengan beberapa ekor lumba-lumba yang berloncatan. Langit yang biru berpadu dengan indahnya ombak menyisir setiap pasir putih di tepian pantai. Udara segar yang bertiup riuh rendah khas hutan-hutan tropis yang hijau. Suara burung-burung camar seakan bernyanyi dan mensyukuri pemandangan menakjubkan ini. Dari dalam air pun menari berbagai ikan berwarna cantik menghiasi karang-karang hidup. Mungkin seperti itualah beberapa kata yang bisa mewakili pulau nan indah di ujung Timur Indonesia.

whatsapp_image_2019_08_15_at_09_wo9.jpeg
Raja Ampat (c) Cahya Ginanjar/Travelingyuk

Karang di Raja Ampat

Kepulauan Raja Ampat merupakan tempat yang sangat berpotensi untuk dijadikan sebagai objek wisata, terutama wisata penyelaman. Perairan ini merupakan salah satu dari 10 perairan terbaik untuk diving di seluruh dunia. Bahkan, mungkin juga diakui sebagai nomor satu untuk kelengkapan flora dan fauna bawah air pada saat ini. Dr. John Veron, ahli karang berpengalaman dari Australia, misalnya, dalam sebuah situs ia mengungkapkan, Kepulauan Raja Ampat yang terletak di ujung paling barat Pulau Papua, sekitar 50 mil sebelah barat laut Sorong, mempunyai kawasan karang terbaik di Indonesia. Sekitar 450 jenis karang sempat diidentifikasi selama dua pekan penelitian di daerah itu.

Piaynemo

whatsapp_image_2019_08_15_at_09_nJr.jpeg
Piaynemo (c) Cahya Ginanjar/Travelingyuk

Salah satu objek wisata yang terkenal adalah Piaynemo, Gugusan pulau karst yg ada di sini menghadirkan pemandangan yang memesona
sehingga membuatnya menjadi salah satu objek wisata. Untuk menikmatinya, wisatawan harus mendaki sebanyak 320 anak tangga sebelum tiba di puncak Bukit dan mendapatkan pemandangan terbaik. Piaynemo sendiri disebut-sebut sebagai Wayag versi kecilnya. Wayag merupakan daerah yang masih termasuk ke dalam Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat. Di sana, punya pemandangan bukit-bukit karst yang menjulang.

whatsapp_image_2019_08_15_at_09_Hj9.jpeg
Air yang Jernih (c) Cahya Ginanjar/Travelingyuk

Destinasi di Piaynemo

Piaynemo relatif lebih mudah dijangkau. Dari pelabuhan Waisaiyang merupakan pusat Administrasi Kabupaten Raja Ampat, perjalanan ke sini bisa ditempuh sekitar 2-3 jam tergantung keadaan cuaca dengan menggunakan speedboat atau kapal. Biaya yang harus dikeluarkan adalah sekitar Rp500.000 untuk naik kapal dan Rp300.000 untuk speedboat. Saat yang tepat untuk mendatangi Pianemo adalah di waktu pagi. Selain karena cuaca yang yang tidak terlalu terik, keindahannya sewaktu bermandikan cahaya mentari pagi juga menjadi alasan tersendiri. Jika hendak pergi ke pulau ini, pada jam 06.00 WIT speedboat sudah siap di tumpangi dari Waisai ke Pulau Pianemo. Disediakan juga dek khusus untuk melihat pemandangan dan berfoto-foto. Namun harap sabar dan mengantre bila sedang ramai karena dek yang terbuat dari kayu tidak bisa menampung beban berlebih. Jika Teman Traveler sudah puas menikmati keindahan alam dari puncak bukit karang, bisa pergi ke dermaga untuk membeli souvernir yang merupakan buatan warga tiga kampung di sekitar pulau itu. Mulai dari minyak kelapa hingga suvenir khas Raja Ampat tersedia . Next

ramadan

Kesejukan Air Terjun Lembanna di Malino Kabupaten Gowa

4 Alasan Kenapa Harus Menggunakan Zero Waste Product