in , , ,

Selain Shanghai dan Beijing, Kunming China Jadi Destinasi Wajib Berikutnya!

Jelajah 5 Tempat Terbaik di Kunming China, Tutup Traveling dengan Keindahan Tak Terbatas!

Kota-kota destinasi wisata di China yang popular antara lain Shanghai, Beijing, dan Guilin. Ketiga kota tersebut memiliki ciri khas masing-masing. Namun, ada pula Kota Kunming yang terletak di Provinsi Yunnan tengah popular di kalangan wisatawan beberapa tahun akhir. Apa saja yang bisa Teman Traveler temukan di tempat ini? Simak ulasan menariknya yuk.

Baca juga : Tembolak Pelangi, Spot Jalan Instagenic Lombok yang Manjakan Mata

Apa sih spesialnya Kunming?

img_9612_imZ.JPG
Patung tokoh-tokoh Yunnan di atas karst (c) Geofanni Nerissa/Travelingyuk

Kunming populer sebagai “City of The Eternal Spring” atau Kota Musim Semi Abadi. Loh, kok bisa? Jelas! Tempat ini berada di dataran tinggi China, sehingga memiliki udara yang sejuk dan cuaca yang cocok untuk pertumbuhan berbagai jenus bunga. 

Oleh karena itu, berbagai jenis bunga dapat Teman Traveler temui hampir di semua titik di Kunming setiap waktu tanpa kenal musim. Bahkan, sepanjang jalan tol pun dihiasi bunga dengan beranekaragam warna. Selain itu, terdapat beberapa destinasi yang wajib Teman Traveler kunjungi saat berkunjung ke City of The Eternal Spring!

1. Yuantong Temple

img_9218_copy_5hs.jpg
Yuantong Temple (c) Geofanni Nerissa/Travelingyuk

Yuantong Temple atau kuil Yantong berlokasi di Kunming, China. Tempat ini sudah berdiri lebih dari 1.000 tahun dan menjadi kuil Buddha terbesar dan terkenal di Kunming. Bila beragama Buddha, Teman Traveler bisa sekaligus liburan sambil berwisata religi ke sini. Namun bagi Teman Traveler yang non-Buddha, tetap dapat menikmati keindahan Yuantong Temple dengan berkeliling dan mengambil foto di beberapa titik. Hal yang terpenting adalah tetap hargai mereka yang tengah beribadah ya!

2. Shilin Black Stone Forest

img_9584_eW9.JPG
Karst hitam yang menawan (c) Geofanni Nerissa/Travelingyuk

Sesuai namanya, Shilin Black Stone Forest merupakan sebuah kawasan dengan banyak batu hitam atau karst berbagai ukuran memenuhi kawasan ini sehingga membuatnya sangat indah dipandang. Pesona alaminya yang cantik ini menjadi salah satu destinasi favorit yang terletak di sekitar 120 km dari pusat Kota Kunming. Teman Traveler bisa berkeliling di area seluas 400 km persegi yang terbagi atas beberapa bagian. Selain dipenuhi karst yang berbentuk seperti stalakmit, ada pula museum, gua, dan air terjun kecil yang ciamik!

3. The Memorial Hall of Zheng He

img_9510_1OR.JPG
Rumah Laksamana Cheng Ho (c) Geofanni Nerissa/Travelingyuk

Pasti tahu dong cerita tentang Laksamana Cheng Ho? Ya, Zheng He atau Cheng Ho adalah laksamana Dinasti Ming yang berasal dari Yunnan, China. Ia bersama ribuan prajurit lainnya melakukan pelayaran ke beberapa negara, termasuk Indonesia. Laksamana Cheng Ho-lah yang menyebarkan sistem perdagangan dan ekonomi China kepada Indonesia saat itu.

Pada The Memorial Hall of Zheng Heter ini terdapat patung Laksamana Cheng Ho setinggi 18 meter. Adapula kuil kuno ini dulunya menjadi rumah Laksamana Cheng Ho. Tempat ini dilengkapi pula dengan berbagai replica kapal yang membawa kenangan Teman Traveler pada cerita sejarah yang dipelajari saat SD atau SMP dulu. Masih ingat?

4. Flower Market

img_9416_3ma.JPG
Berbagai bunga dijual di Flower Market (c) Geofanni Nerissa/Travelingyuk

Namanya juga Kota Musim Semi Abadi, kurang lengkap jika tidak berkunjung ke pasar bunga atau Flower Market? Di sini, terdapat begitu banyak pedagang dan pemasok bunga dengan berbagai macam warna dengan berbagai macam harga, namun tetap didominasi dengan harga-harga yang terjangkau.

img_9412_IWq.JPG
Pedagang Bunga Berlalu Lalang (c) Geofanni Nerissa/Travelingyuk

Ada yang menjual bunga satuan, bunga bucket, rangkaian bunga, hingga aksesoris atau cenderamata yang dibuat dari bunga. Bagi Teman Traveler pecinta bunga, wajib datang ke Flower Market untuk melengkapi bahkan menutup traveling mu di China!

5. Yunnan Provincial Museum

img_9373_iRx.JPG
Pintu Masuk Yunnan Provincial Museum (c) Geofanni Nerissa/Travelingyuk

Bagi Teman Traveler yang suka dengan sejarah dan tertarik untuk mengetahui sejarah Provinsi Yunnan, Teman Traveler bisa datang ke Yunnan Provincial Museum. Arsitektur bagian dalam maupun luarnya begitu modern dan megah! Sampai-sampai museum ini sekilas tidak terlihat seperti museum pada umumnya.

img_9389_BhY.JPG
Keterangan di Yunnan Provincial Museum (c) Geofanni Nerissa/Travelingyuk

Terdapat tiga lantai yang mampu mengajak Teman Traveler memahami sejarah Yunnan. Sayangnya, keterangan dalam bahasa Inggris begitu terbatas di Yunnan Provincial Museum. Hampir semua keterangan tertulis dalam bahasa Mandarin. Tidak hanya tulisan, museum ini juga menampilkan patung, alat-alat, gambar, dan segala hal yang melukiskan serta mewakilkan kejadian di masa lampau. Yuk berkunjung ke sini setelah pandemi nanti. Stay safe! Next

ramadan

Makan sambil Sunset-tan di 6 Restaurant dengan Pemandangan Laut di Bali

Kokohnya Mercusuar Cikoneng, Peninggalan Kolonialisme Belanda yang Penuh Legenda