in ,

4 Tempat Wisata yang Digunakan Sebagai Lokasi Labuhan Keraton Jogja

Tradisi Labuhan di Jogja

Labuhan
Labuhan

Saat Sultan Keraton Jogja akan menggelar tradisi Tinggalan Jumenengan atau peringatan penobatan, maka akan disertai juga dengan ritual labuhan. Yaitu memberikan persembahan di beberapa tempat sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Meski yang menggelar adalah keraton, tapi masyarakat jogja juga terlibat sehingga lebih nampak seperti hajatan bersama atau pesta rakyat yang meriah. Jika kamu datang ke jogja bertepatan dengan acara labuhan Keraton Jogja pasti akan seru sekali. Berikut ini adalah tempat yang digunakan sebagai lokasi ritual labuhan, yuk disimak!

Baca juga : Wisata Religi di Lamongan, Makam-Makam Berusia Ratusan Tahun

1. Pantai Parangkusumo

Pantai Parangkusumo
Pantai Parangkusumo via M Windu Photograph

Pantai Parangkusumo merupakan tempat yang sakral terutama bagi keluarga dan kerabat keraton. Di sini pulalah dilaksanakan labuhan yang biasanya juga diikuti oleh berbagai lapisan masyarakat. berbagai macam seserahan dan ubo rampe dibawa dari Keraton Yogyakarta lalu dilarung ke laut selatan.

Labuhan di Pantai Parangkusumo
Labuhan di Pantai Parangkusumo via flickr.com

2. Gunung Merapi

Labuhan di Gunung Merapi
Labuhan di Gunung Merapi via JowoNews.com

Seserahan yang berupa keperluan sehari-hari Sultan juga dibawa ke Gunung Merapi. Lokasi labuhannya bukan di puncak, melainkan di Pos 1 Srimanganti. Bisa diakses dari jalur selatan pendakian Gunung Semeru. Sebelum terkena erupsi, lokasi labuhan berada di pos 2 yang jaraknya sekitar 30 menit perjalanan dari Srimanganti.

Labuhan di Gunung Merapi
Labuhan di Gunung Merapi via Diaspora Iqbal

3. Gunung Lawu

Gunung Lawu
Gunung Lawu via Tabloid Wisata

Gunung Lawu adalah tempat yang terkenal dengan kemistisannya. Banyak pendaki-pendaki yang mengalami kejadian tak biasa selama mendaki di sini. Alamnya memang indah dengan hutan belantara berhawa sejuk menyegarkan. Selain Merapi, Gunung Lawu ini juga dijadikan sebagai tempat melaksanakan labuhan.

Gunung Lawu
Gunung Lawu via Tanahnusantara.com

4. Hutan Dlepih Wonogiri

Labuhan di Wonogiri
Labuhan keraton Jogja di Wonogiri via Wisata Yogyakarta

Lokasi labuhan yang berikutnya adalah Kawasan Wisata Kahyangan yang juga dikenal sebagai tempat petilasan Raja-Raja tanah Jawa. Kabarnya, di sinilah pendiri Kesultanan Mataram yaitu Danang Sutawijaya mendapatkan wahyu untuk menjadi raja di Jawa bergelar Panembahan Senopati.

Labuhan di Wonogiri
Labuhan di Wonogiri via Wisata Yogyakarta

Itulah beberapa tempat yang didatangi untuk melaksanakan ritual labuhan keraton Jogja. Tempat mana yang pernah kamu datangi? Next

ramadan
Hotel Tema Karakter Film

Hotel Bertema Karakter Film, Kamu Suka yang Mana?

4 Bakso Mangkuk, Kuah Gurihnya Bikin Lidah Terus Bergoyang