in ,

Lakey Beach, Surga Surfing di Timur Indonesia yang Terkenal Hingga Mancanegara

Berselancar di Pantai Lakey, via instagram

Para bule tidak hanya mengenal Bali saja sebagai tujuan untuk surfing, banyak pula dari traveler ini yang menyeberang ke Pulau Sumbawa untuk mencari surga berselancar lainnya dan pilihannya jatuh pada Lakey Beach yang berada di kabupaten Dompu. Pantai ini memang mampu membuat peselancar dunia kerasan.

Baca juga : Pelabuhan Dengan Pemandangan Super Keren? Poto Tano Jawabannya!

Nama Pantai Lakey belum lama dikenal oleh wisatawan domestik. Namanya sendiri mulai terangkat dua tahun silam saat digunakan sebagai tuan rumah kompetisi surfing internasional dalam rangka menyambut peringatan erupsi Gunung Tambora yang ke-200 tahun. Namun bagi wisatawan asing pantai ini sudah tidak asing lagi karena sejak lama banyak bule yang datang ke pantai itu untuk berselancar.

Berselancar di Pantai Lakey, via instagram
Berselancar di Pantai Lakey, via instagram

Pantai Lakey terletak di desa Hu’u, kecamatan Hu’u, kabupaten Dompu. Pantai ini menonjol dengan ombaknya yang besar,panjang dan konsisten. Tapi bukan hanya itu yang menjadi kelebihan pantai Lakey, arah gulungan ombak di pantai inilah yang membuatnya menjadi spesial. Jika umumnya pantai memiliki gulungan ombak ke arah kanan maka ombak di pantai ini menggulung ke arah kiri.

Pantai Lakey, via instagram
Pantai Lakey, via instagram

Ombak kidal di Pantai Lakey inilah yang membuat banyak peselancar dunia penasaran dan tertantang untuk menungganinya. Apalagi menurut ahli selancar pantai ini juga memiliki empat jenis gulungan ombak diantaranya Lakey Peak, Cobble Stones, Lakey Pipe, dan Periscope. Semua istilah “per-surfingan” yang hanya dimengerti para peselancar.

Pesisir pantai Lakey punya ombak yang tenang, via instagram
Pesisir pantai Lakey punya ombak yang tenang, via instagram

Pantai Lakey memang surga bagi peselancar tapi bukan berarti pantai ini tidak bersahabat buat wisatawan biasa. Nyatanya pantai ini unik, gulungan ombak yang besar hanya terjadi di tengah. Sedangkan bagian pinggirnya cukup landai dan aman untuk digunakan bermain. Di samping itu pantai ini juga memiliki fenomena sunset dan sunrise dalam satu lokasi. Oleh sebab itu traveler yang berkunjung disarankan untuk menginap barang semalam di sana agar bisa menikmati dua fenomena alam yang keren tersebut.

Pantai Lakey adalah satu dari banyak pantai yang dimiliki kabupaten Dompu yang telah dilengkapi dengan fasilitas yang cukup lengkap. Ada penginapan, restoran, tempat ibadah dan fasilitas lainnya. Untuk penggila surfing sebaiknya berkunjung pada bulan April hingga Oktober, saat itu ombak di pantai ini sedang bagus-bagusnya. Next

ramadan

Written by Alfri

Aku orangnya suka traveling terutama menjelajahi tempat-tempat yang belum banyak dijamah para turis.

10 Air Terjun Cantik nan Eksotis di Bali

Ponce de Leon, Mata Air yang Dipercaya Bikin Awet Muda