in ,

Ponce de Leon, Mata Air yang Dipercaya Bikin Awet Muda

Mata Air Ponce De Leon, Florida, via instagram

Sudah nonton film Pirates of the Caribbean: On Stranger Tides dimana Kapten Jack Sparrow yang dibintangi oleh Johnny Depp melakukan perburuan mata air awet muda dengan membawa sepasang gelas Ponce de Leon? Siapa sangka jika mata air yang diceritakan tersebut ternyata benar-banar ada di dunia nyata, letaknya di Florida.

Baca juga : Pantai Dato, Eksotisnya Pantai Terumbu Karang di Kabupaten Majene Sulawesi Barat

Baca Juga :7 Wisata Kuliner Es Krim Legendaris di Indonesia

Ponce de Leon adalah mata air yang terletak di utara Florida yang juga menjadi salah satu objek wisata di daerah tersebut. Warga setempat menyebutnya dengan Ponce de Leon Springs Park. Kawasan wisata ini bukan hanya berupa kolam alami namun juga berbentuk taman yang indah yang dinamakan sama dengan nama kolamnya.

Mata Air Ponce De Leon, Florida, via instagram
Mata Air Ponce De Leon, Florida, via instagram

Usut punya usut ternyata beredar mitos mengenai mata air ini. Bermula dari kunjungan gubernur pertama Kerajaan Spanyol, Ponce de Leon ke Florida pada tahun 1513, ia menemukan sebuah mata air alami yang sangat jernih. Kemudian ia mempercayai bahwa air kolam memiliki kemampuan bisa membuat orang awet muda. Cerita tersebut terus terjaga dan dipercaya hingga sekarang.

Ponce de Leon dipercaya bikin awet muda, via instagram
Ponce de Leon dipercaya bikin awet muda, via instagram

Untuk membuktikan mitos tersebut pengunjung harus datang dan mandi di kolamnya. Kolam mata air ini sendiri memang sangat jernih, jika dilihat sepintas warnanya adalah hijau toska yang sedap dipandang mata. Cerita tersebut kemudian menginspirasi jalan cerita dari film Pirates of the Caribbean: On Stranger Tides yang rilis tahun 2011.

Traveler sedang berenang di kola Ponce de Leon, via instagram
Traveler sedang berenang di kola Ponce de Leon, via instagram

Sepintas ukuran kolam mata air Ponce de Leon tidak terlalu besar namun sumber mata air yang mengisi kolam tersebut sangat melimpah. Seperti yang dilongok Travelingyuk dari laman Florida State Parks, sumber air di kolam tersebut bisa menghasilkan air sebanyak 14 juta galon per hari. Jangan heran jika debit airnya tidak pernah surut meski di musim panas yang kering.

Daya tarik Ponce de Leon tidak hanya terletak pada kolam awet mudanya saja. Pengunjung yang datang ke objek wisata ini bisa melakukan aktivitas lain selain berenang. Mereka diberikan pilihan seperti jalan-jalan di taman, bersantai di paviliun yang disediakan atau memancing di kolam pemancingan yang disediakan oleh pengelola. Yang pasti liburan di kolam ini tidak akan membosankan. Next

ramadan

Written by Alfri

Aku orangnya suka traveling terutama menjelajahi tempat-tempat yang belum banyak dijamah para turis.

Lakey Beach, Surga Surfing di Timur Indonesia yang Terkenal Hingga Mancanegara

Menguak Potensi Wisata Kabupaten Lampung Timur