in ,

Menjelajahi 10 Tempat Wisata Andalan Kabupaten Lampung Selatan

Sebagai provinsi, Lampung terlalu luas untuk dijelajahi dalam sehari dan juga itu sangat mustahil. Satu-satunya cara yang bisa dilakukan traveler untuk menikmati keindahan alam Lampung dengan puas adalah menjelajahi satu per satu kabupaten dan kotanya. Nah, kali ini mari ikuti Travelingyuk yang akan menjelajahi potensi wisata yang ada di kabupaten Lampung Selatan.

Baca juga : Savana Tianyar dan Serpihan Afrika di Bali, Tempat Seru untuk Safari

Lampung Selatan adalah salah satu kabupaten dari provinsi Lampung yang terletak di sepanjang pesisir Teluk Lampung. Di kabupaten ini pula terdapat pelabuhan Bakauheni yang menjadi gerbang masuk menuju pulau Sumatera dari pulau Jawa dan sebaliknya. Karena posisinya yang berada di pesisir pantai maka kabupaten Lampung Selatan ini mendapatkan julukan Sydney van Andalas. Berikut 10 tempat wisata andalan yang bisa traveler sambangi.

1. Pantai Suak, Eksotismenya Belum Begitu Terkuak

Jika dibandingkan dengan Teluk Kiluan dan Pahawang, tempat wisata satu ini memang masih kalah tenar. Namun pantai di Lampung Selatan ini punya potensi besar untuk jadi salah satu wisata andalan provinsi Lampung. Adalah Pantai Suak, pantai cantik di desa Suak, kecamatan Sidomulyo.

Pantai Suak, via instagram
Pantai Suak, via instagram

Pantai Suak kondisinya relatif masih alami dan sepi. Selain berenang, memancing dan bermainĀ kayak traveler bisa pula menyewa perahu untuk menyambangi Anak Gunung Krakatau. Meski belum begitu populer namun di sekitar Pantai Suak ini sudah ada resor mewah bernama Suak Sumatera Resort yang siap menawarkan aneka paket wisata seru di pantai Suak dan sekitarnya.

2. Pulau Sebesi, Spot Paling Strategis Mengamati Krakatau

Lampung punya tempat wisata anti mainstream menjelajahi gunung api bernama Anak Gunung Krakatau. Tur yang mengajak traveler untuk menapakkan kaki di gunung ini akan singgah dan menginap dulu di Pulau Sebesi yang jaraknya sangat dekat dengan gunung api. Karena posisinya yang paling dekat dengan Anak Gunung Krakatau membuat pulau ini menjelma menjadi tujuan wisata baru yang begitu populer.

Pulau Sebesi, via instagram
Pulau Sebesi, via instagram

Pulau Sebesi bisa traveler akses dengan perahu dari Dermaga Canti. Di dalam pulau seluas 1600 Ha ini sudah dibangun berbagai cottage untuk menginap. Dari pulau ini traveler sudah bisa melihat Anak Gunung Krakatau dengan jelas. Selain suguhan utama berupa pemandangan gunung yang legendaris tersebut di Pulau Sebesi ini traveler juga bisa melakukan aktivitas lain seperti berenang dan snorkelingan.

3. Way Panas, Kolam Air Panas untuk Relaksasi

Butuh relaksasi? Traveler musti menyambangi Way Panas yang terletak di desa Merak Batin-Natar, Lampung Selatan. Jaraknya cukup dekat dari ibukota provinsi Lampung, Bandar Lampung sekitar 19 kilometer atau bisa ditempuh dengan perjalanan selama 30 menit. Kolam pemandian ini selalu ramai dikunjungi warga sekitar dan juga traveler dari berbagai daerah.

Way Panas, via instagram
Way Panas, via instagram

Hal yang menarik dari pemandian air panas Way Panas di Natar ini adalah sumber airnya yang tidak mengandung belerang. Sehingga saat berendam di kolam traveler tidak akan mencium bau menyengat seperti di pemandian air panas yang mengandung belerang. Pun demikian berendam di kolam ini juga berkhasiat memberikan efek segar dan sehat bagi tubuh karena air panasnya berasal dari sumber alami di dalam bumi.

4. Way Belerang, Pemandian Air Panas yang Segar dan Menyehatkan

Selain di Natar ada kolam pemandian air panas lain yang letaknya dekat dengan pusat kota Kalianda. Adalah Way Belerang, pemandian air panas yang terletak di kelurahan Bumiagung, kota Kalianda. Lokasinya hanya berjarak sekitar 4km saja dai pusat kota dan bisa dijangkau dengan berbagai macam kendaraan bermotor.

Way Belerang, via instagram
Way Belerang, via instagram

Way Belerang adalah kolam pemandian dengan sumber air panas yang mengandung belerang. Air kolam yang mengandung belerang tersebut dipercaya cukup baik untuk kesehatan kulit dan menyegarkan tubuh. Fasilitas yang tersedia di tempat wisata Way Belerang antara lain kamar bilas, kamar ganti, tempat parkir, dan kios-kios penjaja makanan.

5. Pantai Sebalang, Spot Sunset Lampung Selatan

Menikmati sunset indah ala Lampung Selatan bisa traveler lakukan di Pantai Sebalang. Pantai ini secara administratif terletak di wilayah Tarahan, Katibung atau berjarak sekitar 40 km arah selatan kota Bandar Lampung.

Pantai Sebalang, via instagram
Pantai Sebalang, via instagram

Pantai Sebalang punya pasir putih dengan pepohonan yang agak menjorok ke tengah laut. Pohon-pohon tersebut menjadi objek foto yang keren apalagi diambil saat senja dimana cakrawala mulai berubah menjadi jingga. Inilah salah satu spot sunset terbaik yang ada di Lampung Selatan.

6. Menara Siger, Ikonnya Lampung

Tidak ada landmark yang lebih ikonik di Lampung selain Menara Siger. Menara yang mengusung konsep mahkota tradisional perempuan Lampung ini terletak di sebuah bukit yang ada di dekat Pelabuhan Bakauheni. Bangunan yang sekaligus menjadi identitas Lampung ini tidak boleh traveler lewatkan apalagi kalian memasuki daerah ini lewat pelabuhan Bakauheni, praktis menara Siger bisa dilihat dengan jelas.

Menara Siger, via instagram
Menara Siger, via instagram

Bangunan berbentuk Mahkota Siger ini berfungsi sebagai Pusat Informasi Budaya dan Pariwisata Lampung dan juga digunakan untuk kegiatan keagamaan. Di samping dua fungsi utamanya tadi Menara Siger ternyata juga menjadi penanda dari titik nol Pulau Sumatera lho. Akses menuju lokasi yang sangat mudah membuat traveler yang datang ke Lampung wajib kunjung ke tempat ini sebelum menjelajahi tempat-tempat lainnya.

7. Anak Gunung Krakatau, Trip Anti Mainstream di Lampung

Mau traveling yang penuh dengan tantangan? Coba saja ikut tur ke Anak Gunung Krakatau yang berada di tengah Selat Sunda. Gunung ini adalah anak dari Gunung Krakatau yang pernah meletus hebat di tahun 1883. Selama lebih dari satu dekade muncul kembali gunung api serupa di lokasi yang sama dengan tingkat pertumbuhan 20 inchi per bulan.

Anak Gunung Krakatau, via instagram
Anak Gunung Krakatau, via instagram

Setiap traveler yang mau masuk ke kawasan Cagar Alam Krakatau harus terlebih dahulu mendapatkan ijin dari Balai Konservasi Lampung. Di sana traveler berkesempatan untuk melakukan kegiatan berupa trekking ke puncak gunung yang sangat aktif. Di sekitar gunung api ini juga banyak terdapat spot menarik untuk beragam kegiatan bahari semisal berenang dan menyelam.

8. Pulau Sebuku, Pulau Tropis yang Kian Eksis

Banyak pulau kecil yang bisa disambangi traveler di Lampung Selatan. Salah satu pulau yang saat ini tengah naik daun adalah Pulau Sebuku. Pulau ini berada di Selat Sunda dan menjadi bagian dari pulau-pulau lain seperti Pulau Sebesi dan Umang-Umang yang sering dikunjungi traveler saat ikut tur Anak Gunung Krakatau.

Pulau Sebuku, via instagram
Pulau Sebuku, via instagram

Pulau Sebuku sendiri berada diantara pulau Sebesi dan Dermaga Canti. Pulau ini dikenal dengan pantainya yang berpasir putih dan bersih serta ombaknya yang tenang. Jika mau menyeberang ke pulau ini traveler bisa menumpang perahu dari dermaga Canti yang terletak di desa Canti, kecamatan Rajabasa, Lampung Selatan.

9. Masjid Kubah Intan, Masjid Megah Kebanggaan Lampung Selatan

Liburan di Lampung Selatan, Travelingyuk punya rekomendasi tempat beristirahat yang nyaman dan keren. Di tempat ini traveler bisa sekaligus beribadah dan juga wisata religi karena ini merupakan sebuah masjid kebanggaan warga Lampung Selatan. Statusnya sebagai masjid agung dan diberi nama Masjid Kubah Intan.

Masjid Kubah Intan, via instagram
Masjid Kubah Intan, via instagram

Nama unik dari masjid ini sendiri merujuk pada bentuk kubah masjid yang berbeda dengan masjid lainnya yang berbentuk setengah bola. Masjid Kubah Intan punya kubah berbentuk intan berwarna biru cerah. Pemandangan masjid ini kian merekah saat malam tiba dengan bantuan pencahayaan yang indah. Masjid Kubah Intan sangat mudah ditemukan karena posisinya berada di Jalan Lintas Sumatera di pusat Kota Kalianda.

10. Pantai Wartawan, Pantai Unik Bisa Merebus Telur di Pantainya

Berkunjung ke Pantai Wartawan traveler akan menemukan fenomena alam yang ajaib berupa sumber air panas yang biasa traveler gunakan untuk merebus telur. Pantai ini berada di Way Muli sekitar 14 km dari Kalianda dengan melewati rute pesisir Canti.

Pantai Wartawan, via instagram
Pantai Wartawan, via instagram

Pantai Wartawan menawarkan pemandangan laut lepas serta pulau-pulau yang ada di sekitar Anak Gunung Krakatau. Salah satu sisi pantai ini terdapat lokasi yang bernama Gunung Botak. Di kaki gunung tersebutlah terdapat sumber air panas dengan suhu 80-100 derajat celcius. Bukit Gunung Botak ini kebetulan berada di kawasan pasang surut air laut.

Yuk share artikel ini biar traveler lain tahu jika Lampung Selatan juga punya destinasi wisata yang keren-keren. Jika masih ada yang terlewatkan bantu Travelingyuk melengkapinya dengan menuliskannya di kolom komentar. Next

ramadan

Written by Alfri

Aku orangnya suka traveling terutama menjelajahi tempat-tempat yang belum banyak dijamah para turis.

Biar Ngabuburit Jadi Berkah, Yuk Berkunjung ke Masjid Darul Falah

Mengunjungi Situs Purbakala Pugungraharjo di Lampung Timur, Wawasan Jadi Makin Subur