in

Ini Lembah-Lembah Keren di Indonesia, dengan Keindahan Tiada Duanya

Wisata Pemandangan Alam Paling Mempesona

Alam yang indah dan mengagumkan dimiliki oleh Indonesia, negara kita yang kaya akan sumber daya, tradisi dan budaya. Memang ada beberapa masalah seperti macet dan banjir di kota-kota besar yang menunggu untuk di selesaikan. Namun sampai saat ini, berbagai pihak mulai dari masyarakat hingga pemerintah berupaya untuk mengatasi hal tersebut hingga nantinya bumi kita benar-benar menjadi tanah surga. Apa-apa tumbuh subur dan keindahan terpampang di mana-mana.

Baca juga : Ternyata Gua Kalak di Pacitan Ini Terkenal Bukan Karena Keindahannya!

Di saat kota-kota besar berjuang menjadi tempat yang nyaman, ada banyak sekali lembah-lembah luas yang dikelilingi oleh perbukitan. Tumbuhan seperti rumput dan pohon semakin membuat pemandangannya jadi mempesona. Belum lagi aliran sungainya yang membelah memecah keheningan, pasti sanubarimu akan tergugah jika melihat alam yang indah seperti itu. Biar kamu bisa melihat keindahannya, Travelingyuk telah mengumpulkan beberapa informasi seputar Lembah keren di Indonesia. Langsung saja, berikut ini ulasan selengkapnya.

1. Lembah Harau

Lembah Harau [image source]
Lembah Harau [image source]
Lembah Harau adalah daratan yang dikelilingi olah tebing-tebing yang tinggi. Kamu bisa menemukan pemukiman penduduk hingga persawahan, ada juga wisata lain seperti air terjun di Lembah Harau. Kamu harus menempuh perjalanan selama 1,5 jam dari Bukittingi, jika ingin mengintip keindahan lembah yang masuk dalam wilayah Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat tersebut.

Lokasi : Harau, Sumatera Barat

2. Lembah Kijang

Lembah Kijang [image source]
Lembah Kijang [image source]
Lembah Kijang adalah padang rumput yang dikelilingi oleh pepohonan pinus yang rindang. Untuk sampai ke sana nggak mudah, butuh perjuangan dan harus siap merasakan lelah. Bagaimana tidak, Limbah Kijang berada di jalur pendakian Gunung Arjuna di perbatasan Kota Batu, Kabupaten Malang, dan Kabupaten Pasuruan. Lelah akan terbayar lunas, saat kamu melihat keindahannya dengan mata kepala sendiri.

Lokasi : Pasuruan, Jawa Timur

3. Lembah Ramma

Lembah Ramma [image source]
Lembah Ramma [image source]
Lembah Ramma adalah hamparan keindahan yang menjadi kebanggaan Sulwesi Selatan, tempatnya ada di Kabupaten Gowa. Sama seperti Lembah Kijang, kamu harus mendaki terlebih dahulu karena lokasinya beradi di Gunung Bawakaraeng. Banyak yang menjadikan Lembah Ramma sebagai tempat untuk berkemah karena suasananya begitu indah dengan bukit yang tinggi serasi dengan padang rumput dan sungai kecil yang mengalirkan air jernih.

Lokasi : Bonto Lerung, Tinggimoncong, Gowa

4. Lembah Baliem

Lembah Baliem [image source]
Lembah Baliem [image source]
Lembah Baliem berada di  Tanah Papua, menyuguhkan keindahan berupa perbukitan hijau. Jika kamu berada di salah satu puncaknya, semilir angin dan luasnya lembah akan terukir jelas di memorimu dan akan selalu kamu ingat. Lokasi Lembah Baliem berada Pegunungan Jayawijaya dengan ketinggian 1600 mdpl.

Lokasi : Pegunungan Jayawiaya, Papua

5. Lembah Gunung Madu

Lembah Gunung Madu [image source]
Lembah Gunung Madu [image source]
Lembah Gunung Madu berada di di Boyolali, Jawa Tengah. Selain terkenal karena keindahannya, juga menjadi tempat bersejarah karena dulu digunakan sebagai basis pertahanan pasukan Jepang. Saat ini yang menjadi daya tarik utama adalah alam yang cantik dengan bukit-bukit tinggi. Lembah Gunung Madu juga digunakan sebagai tempat yang pas untuk melihat sunrise.

Lokasi : Jl. Raya Simo-Klego KM.5, Gunung Madu, Simo, Tanjung, Klego, Kabupaten Boyolali

6. Lembah Anai

Lembah Anai [image source]
Lembah Anai adalah salah satu kawasan cagar alam di Sumatera Barat. Selain hutan belantara dan tebing-tebing yang tinggi, kamu bisa menjelajahi Lembah Anai untuk menemukan air terjun. Sebutan untuk air terjun itu juga Lembah Anai, kamu bisa melihat pemandangan yang keren di sana. Cipratan air yang terjun dari ketinggian 35 meter akan membuatmu serasa di Surga.

Lokasi : Singgalang, Sepuluh Koto, Tanah Datar, Sumatera Barat

7. Lembah Biru

Lembah Biru Malino [image source]
Lembah Biru berada di Gunung Malino Sulawesi Selatan. Jika kamu berangkat dari Makassar, harus menempuh perjalanan selama 5 jam. Rasa lelahmu akan segera terobati saat sampai di lokasi. Nikmati suguhan alam berupa perbukitan hijau dengan udara yang sejuk di Malino. Di tempat itu sudah ada berbagai fasilitas untuk para pengunjung seperti penginapan dan wahana wisata.

Lokasi : JL. Patene, Malino, Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan

8. Lembah Kahung

Lembah Kahung [image source]
Lembah Kahung [image source]
Lembah Kahung juga nggak kalah keren, diisi oleh hutan yang rindang dengan keindahan mengagumkan. Meski begitu, kamu bisa datang ke sana untuk berwisata. Lokasinya masuk dalam wilayah Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Kendaraan yang tersedia untuk sampai di Lembah Kahung adalah perahu motor yang disebut dengan klotok, kamu akan diajak menelusuri sungai. Butuh waktu selama 2 jam perjalanan menggunakan klotok untuk sampai di desa terdekat dari Lembah Kahung.

Lokasi : Belangian, Kalimantan Selatan

9. Lembah Posong

Lembah Posong [image source]
Lembah Posong adalah tempat yang keren untuk berburu keindahan alam. Letaknya ada di daerah Kledung dan dilalui jalur yang menghubungkan dua wilayah yaitu Kabupaten Temanggung dan Kabupaten Wonosobo. Lembah Posong menjadi pelengkap paket wisata di Kledung selain Pendakian Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Dari Lembah Posong, kamu bisa memandang lereng-lereng gunung yang begitu hijau dan subur.

Lokasi : Posong, Tlahap, Kledung,Temanggung

10. Lembah Selo

Lembah Selo [image source]
Lembah Selo [image source]
Lembah Selo bisa kamu pandang dari puncak sebuah bukit. Ada sebuah batu yang bentuknya unik. Banyak yang datang ke salah satu wisata andalah di Kabupaten Kendal tersebut untuk berfoto-foto. Secara administratif letaknya berada di Dusun Watulawang Desa Kedungboto Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal. Setelah puas melihat pemandangan di puncak, kamu bisa bertualang menjelajah jalur menantang menuju air terjun di sekitarnya.

Lokasi : watulawang, Kedungboto, Limbangan, Kendal

Itulah beberapa lembah di Indonesia yang cantik, tentu masih banyak tempat lain yang belum disebutkan. Misalnya saja lembah di sekitar Bukit Teletubis Bromo atau lembah edelweiss Mandalawangi dan lain sebagainya. Semua itu menjadi bukti nyata bahwa tanah kita memang tanah surga.

  Next

ramadan

Tempat Menginap di Yogyakarta yang Simple dan Instagram-able

promo garuda dan citilink

Horeee!!! Garuda Indonesia Sedang Diskon BESAR-BESARAN!