in , , , ,

Liburan di Jepang pada Januari? Ini Dia Deretan Aktivitas yang bisa Dilakukan

Sudah gak bingung lagi untuk melakukan kegiatan apa di Jeoang?

liburan di Jepang
olahraga ski

Rasanya Jepang memang wajib masuk dalam list kunjungan. Atraksi wisata di Negeri Sakura ini memang selalu menarik, penuh dengan eksotisme panorama alam dan budaya. Apalagi jika berkunjung saat libur panjang akhir tahun. Teman Traveler akan menikmati banyak aktivitas saat liburan di Jepang pada Januari. Ini dia beberapa hal yang bisa dilakukan selama Januari.

Baca juga : Kiyomizudera Temple Jepang Punya 3 Aliran Air Terjun yang Dapat Memperlancar Percintaan

Menikmati Liburan Tahun Baru

Menikmati pemandian air panas di Ginzan Onsen via ig/@ginzanonsen

Tahun baru adalah awal yang cerah bagi semua orang. Bulan Januari merupakan bulan yang tepat untuk menikmati berbagai sajian budaya Jepang, aktivitas olahraga musim dingin, dan menginap di berbagai hotel yang menyediakan pemandian mata air panas, seperti Resort Pemandian Air Panas (Onsen) Ginzan di Yamagata. Namun, perlu persiapan budget yang lumayan untuk menikmati Jepang di awal tahun karena harga tiket yang cukup mahal dan akses tiket penerbangan yang sulit karena banyak diburu wisatawan.

Belajar Budaya Jepang di Tahun Baru Oshogatsu

Kuil Shinto Nikko Toshogu via ig/@jntoid

Oshogatsu atau liburan tahun baru di Jepang akan diawali dengan musim dingin dan kegiatan budaya. Pengunjung bisa mengikuti praktik Hatsumode, sebuah kegiatan mengunjungi Kuil Shinto pada awal tahun. Acara ini bersifat umum dan tidak menonjolkan sisi religius. Teman Traveler bisa menikmati berbagai kuliner Jepang yang disajikan di kedai-kedai makanan. Sebuah pertunjunkan tarian tradisional akan diselenggarakan di berbagai kuil Shinto sejak tanggal 1 sampai 5 Januari. Selain budaya, pengunjung bisa menyaksikan panorama kuil yang ditutupi salju putih. Pada 31 Desember, terdapat Festival Api Chinkasai. Pengujung bisa menikmati festival hingga larut malam hingga menyaksikan matahari terbit di awal tahun.

Berburu Diskon

Ginza Mall Sasebo Jepang via ig/@katlyn.joyal

Hatsuuri, atau diskon pertama merupakan tanda paling mencolok awal tahun di Jepang. Jalanan Jepang akan dipenuhi dengan tumpah ruahnya manusia yang berada di toserba atau toko-toko besar untuk berburu diskon awal tahun. Berbagai pusat perbelanjaan besar seperti Ginza, Shibuya, Harajuka, dan Aoyama akan diserbu pada 1 atau 2 Januari untuk mendapatkan promo diskon terbaik. Aktivitas awal tahun yang cocok banget bagi pecinta produk Jepang.

Melihat Upacara Mencapai Usia Dewasa

Lokasi panahan Sanjusangedo via ig/@jeremiah.seelan

Setelah tahun baru usai, Jepang akan mengadakan tradisi merayakan Hari Mencapai Usia Dewasa. Acara tersebut dilaksanakan pada Senin kedua bulan Januari, dimana Teman Traveler bisa menemukan wanita berusia dua puluh tahun memiliki tatanan rambut eksotis dan balutan kimono mahal akan saling berinteraksi dengan masyarakat sekitar. Ada pula kontes Panahan Sanjusangedo, dimana terdapat lebih dari 2.000 praktisi bela diri dan panahan yang didominasi kaum wanita dengan balutan kimono warna warni berkumpul di sepanjang aula kuil Shinto. Acara ini dilangsungan untuk menghormati tradisi menembakkan anak panah berabad lalu.

Menikmati Olahraga Musim Dingin

Bermain ski di Jepang via ig/@a.helena.c

Pecinta olahraga ski wajib banget datang ke Jepang saat liburan awal tahun. Puncak musim ski akan terjadi pada awal tahun hingga akhir bulan Januari. Ski menjadi pilihan olahraga musim dingin terbaik. Teman Traveler bisa bermain ski di Minakami Kogen di Prefektur Gunma, Hakuba di Prefektur Nagano, dan Zao di Prefektur Yamagat. Ada pula pilihan olahrga musim dingin lain seperti seluncur es, pendakian dengan sepatu salju, dan mengendarai snow mobile.

Sudah siap liburan di Jepang pada awal tahun? Teman Traveler bisa melakukan kegiatan-kegiatan di atas selama liburan tahun baru dan tentunya agendakan dulu list liburanmu di  Jepang supaya gak ada  yang terlewatkan. Next

ramadan

Written by dessy humairoh

Ibu rumah tangga yang hobi menulis dan bercerita. Menghabiskan waktu dengan anak sambil tetap produktif mengasah otak adalah hal yang menantang.

fi kuil buddha tokoji wakayama

Wakayama di Jepang, Wisata Religi Kuil Buddha Tokoji

oja milkbar

Oja Milkbar Jakarta, Tempat Hangout dengan Konsep Menggemaskan