in , ,

Liburan di Karimunjawa, Ini Aktivitas Seru yang Bikin Malas Pulang

Beragam Keseruan Menanti di Kawasan Karimun Jawa

Keseruan di Karimun Jawa
Keseruan di Karimun Jawa (c) Helga Christina/Travelingyuk

Karimunjawa adalah sebuah kepulauan di Laut Jawa dan masuk dalam wilayah Taman Nasional. Lokasinya relatif mudah dijangkau dan menawarkan keindahan bawah laut yang sudah terkenal, hingga sampai ke telinga turis mancanegara. Apa saja sih aktivitas seru yang bisa dilakukan saat liburan di Karimunjawa?

Baca juga : Kemegahan Masjid Al Hidayah Karangploso Malang, Bak Miniatur Hagia Sophia Turki

Tak pernah sepi dari pengunjung, pulau ini memang memiliki beberapa keistimewaan. Sebelum berangkat, yuk simak beragam keseruan yang bisa Teman Traveler lakukan. Sudah siap?

Transportasi & Akomodasi

Perahu yang mengantar keliling pulau (c) Helga Christina/Travelingyuk

Sebelum membahas soal keseruan liburan di Karimunjawa, ada baiknya Teman Traveler mengetahui cara untuk mencapai kepulauan ini. Kalian bisa naik pesawat dari Semarang, namun moda transportasi ini hanya beroperasi tiga kali seminggu. Selain itu harganya juga cukup mahal.

Cara yang paling banyak dilakukan wisatawan adalah menyeberang dari Pelabuhan Kartini, Jepara. Teman Traveler bisa menggunakan kapal ferry untuk tarif lebih murah. Ingin sampai lebih cepat? Ada kapal khusus yang siap mengantar kalian sampai tujuan dalam waktu kurang lebih dua jam.

Soal akomodasi tidak perlu khawatir, ada banyak homestay di sekitar pulau. Cukup murah dan paling banyak diminati wisatawan. Namun, jika ingin tempat menginap yang lebih nyaman, ada beragam pilihan hotel di Karimunjawa, kok.

Hopping Island saat Liburan di Karimunjawa

Berfoto di ayunan sekitar pulau (c) Helga Christina/Travelingyuk

Meski berstatus Taman Nasional, anehnya pulau-pulau di sekitar sini sudah banyak yang menjadi milik pribadi. Kebanyakan sudah dibeli pemiliknya sejak beberapa dekade lalu. Teman Traveler bisa berkunjung dari satu pulau ke pulau lain. Mulai dari Pulau Geleang, Tanjung Gelam, Kemujan, Cilik, Menjangan Besar, dan lainnya.

Di pulau-pulau tersebut Teman Traveler bisa bersantai, bermain air, atau bahkan menjajal beragam olahraga air. Salah satu yang pantang dilewatkan saat liburan di Karimunjawa adalah berpose di ayunan ikonik pinggir pantai.

Snorkeling dan Menyelam

Pemandangan bawah laut (c) Helga Christina/Travelingyuk

Salah satu aktivitas yang tidak boleh dilewatkan kala mengunjungi Kepulauan Karimunjawa adalah snorkeling.  Teman Traveler disarankan menggunakan jasa tour atau open trip karena akan lebih menghemat biaya transportasi. Termasuk jasa sewa kapal untuk snorkeling.

Deretan karang dengan bentuk unik (c) Helga Christina/Travelingyuk

Teman Traveler bakal diajak mengunjungi spot-spot snorkeling dengan deretan terumbu karang yang bagus. Namun, perjalanan bakal tak mudah karena cuaca di kawasan ini sering tidak menentu. Apalagi ombaknya juga cukup menyeramkan. Selagi menyelam atau snorkeling, kalian juga tak diperkenankan menginjak terumbu karang.

Berenang Bersama Hiu

Kawanan hiu (c) Helga Christina/Travelingyuk

Teman Traveler jangan sampai melewatkan kesempatan mengunjungi Menjangan Besar. Rasakan sendiri sensasi unik berenang bersama hiu. Kalian akan diajak turun ke kolam berisikan puluhan predator laut tersebut dan bisa berfoto-foto di sana.

Perlu diingat bahwa pantang menurunkan dan memainkan tangan di air. Salah-salah hiu akan menyambar karena mengira tanganmu sebagai ikan. Seram juga, ya?

Menikmati Bukit Cinta

Pemandangan di atas Bukit Cinta (c) Helga Christina/Travelingyuk

Bukit Cinta menawarkan indahnya panorama Karimun Jawa dari ketinggian. Indah banget lho, Teman Traveler. Teman Traveler juga bisa menemukan spot-spot foto lucu, seperti sarang burung dan rumah pohon. Bisa jadi latar belakang untuk konten Instagenic kalian. 

Berfoto di gubuk dekat Bukit Cinta (c) Helga Christina/Travelingyuk

Itulah sederet keseruan yang bisa Teman Traveler rasakan saat liburan di Karimunjawa. Mulai dari mengunjungi pulau, hingga berenang bersama hiu, semuanya seru dan menyenangkan. Tertarik? Bagaimana kalau merencanakannya dari sekarang? Next

ramadan

Written by Helga Christina

Penulis adalah kontributor lepas di travelingyuk.com

Pulau Pannikiang

Wisata Pulau Pannikiang, Melihat Pesona Mangrove dari Dekat

Ayam Geprek Bu Rum

Penemu Ayam Geprek Ternyata Ada di Jogja, Ini Buktinya