in ,

Daripada Diam Termangu, Mending Liburan Ke Tawangmangu

Jika Anda kebetulan mampir ke Jawa Tengah, tak ada salahnya untuk mengunjungi Tawangmangu. Sebuah kecamatan yang berada di Kabupaten Karanganyar ini telah lama dikenal sebagai daerah wisata. Selain memiliki udara yang sejuk, kawasan Tawangmangu juga menawarkan pesona alam yang menakjubkan. Keindahan alam Tawangmangu sendiri sebetulnya dipengaruhi oleh letak geografisnya yang berada di lereng barat Gunung Lawu.

Baca juga : Ljubljana, Kastil Indah Slovenia yang Menyimpan Segudang Sejarah Masa Lampau

Untuk bisa sampai ke sana, Anda bisa berkendara selama sekitar satu jam dari Kota Surakarta. Selain Tawangmangu, daerah di sekitar kecamatan ini juga menyimpan segudang pesona yang sayang untuk dilewatkan. Jadi, Anda bisa menyempatkan diri untuk lebih mengeksplorasi keindahan alam di sekitar Karanganyar.

Tentu saja, ada banyak hal menarik yang bisa Anda temukan di sekitar Karanganyar, yang mungkin selama ini tidak Anda ketahui sebelumnya. Tertarik untuk berlibur ke Tawangmangu dan daerah di sekitarnya? Nah, berikut ini adalah objek-objek wisata di Tawangmangu yang sering jadi buruan para wisatawan. Yuk simak selengkapnya!

1. Grojogan Sewu

Kurang pas rasanya kalau ke Tawangmangu, tapi tidak mampir di Grojogan Sewu. Bisa dibilang air terjun ini sudah menjadi semacam ikon dari Tawangmangu. Air terjun yang terletak di lereng Gunung Lawu ini berada sekitar 27 km di sebelah timur Karanganyar. Dan objek wisata alam ini masih menjadi bagian dari Hutan Wisata Grojogan Sewu.

Grojogan Sewu [via Instagram]
Grojogan Sewu [via Instagram]
Dalam bahasa Jawa, Grojogan sendiri berarti air terjun, sementara Sewu artinya seribu. Meski begitu, air terjun ini jumlahnya tidak seribu. Di balik keindahan air terjun ini, ternyata ada sebuah mitos yang tersebar di kalangan penduduk lokal. Menurut cerita masyarakat setempat, pasangan yang belum menikah dan melewati jembatan di Grojogan Sewu hubungannya akan kandas. Entah karena sebab apa, tapi mitos itu telah lama berkembang di air terjun tersebut.

2. Air Terjun Pringgodani

Selain Grojogan Sewu, Tawangmangu juga memiliki air terjun Pringgodani yang tak kalah indahnya. Objek wisata alam yang berada di Desa Blumbang ini dapat diakses dengan transportasi umum yang berangkat dari Terminal Tawangmangu, dengan jarak hanya 5 km. Kemudian turun di Gapura “Mbok Lastri”. Dari situ, Anda harus berjalan kaki kurang lebih sejauh 2 km.

Air Terjun Pringgodani [via Instagram]
Air Terjun Pringgodani [via Instagram]
Air terjun ini memang lebih sering dijadikan obyek religi bagi penganut aliran kepercayaan tertentu. Namun, Anda tetap bisa berkunjung ke air terjun tersebut dan menikmati pemandangan alamnya yang menakjubkan. Pringgodani sendiri memiliki tinggi lebih dari 100 meter atau tepatnya jauh lebih tinggi daripada Air Terjun Grojogan Sewu. Tapi sayang, objek wisata ini tidak sepopuler Grojogan Sewu.

3. Air Terjun Jumog

Masih tentang air terjun, kali ini Travelingyuk akan mengajak Anda untuk mengintip keindahan Jumog. Air terjun ini berada di kaki Gunung Lawu, atau lebih tepatnya di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso. Kalau Anda kebetulan berada di Solo, Anda bisa berkunjung ke objek wisata ini dengan menempuh jarak sekitar 41 kilometer.

Air Terjun Jumog [via Instagram]
Air Terjun Jumog [via Instagram]
Untuk menikmati keindahan Jumog, rupanya pengunjung harus melewati tantangan yang mungkin bagi sebagian orang terasa cukup berat, yakni menuruni 116 anak tangga. Namun, Anda tak perlu takut karena pemandangan di sepanjang jalan akan membuat Anda lupa pada rasa lelah itu. Selain itu, tiket masuk ke objek wisata ini terbilang murah lho, yakni hanya dipatok Rp 3.000 per orang.

4. Agrowisata Sondokoro

Agrowisata Sondokoro adalah destinasi wisata yang cocok untuk liburan keluarga. Objek wisata ini berada di wilayah Kecamatan Tasikmadu, Kabupaten Karanganyar. Agrowisata Sondokoro menyuguhkan sejarah salah satu pabrik gula terbesar di wilayah tersebut, yang ternyata masih beroperasi hingga sekarang.

Agrowisata Sondokoro [via Instagram]
Agrowisata Sondokoro [via Instagram]
Tiket masuk ke objek wisata ini juga sangat murah, yakni cuma Rp 5000. Di sana, Anda akan diajak untuk masuk ke area pabrik gula yang sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas permainan anak-anak dan dewasa. Pabrik gula ini juga menawarkan wisata edukatif yang menampilkan proses pembuatan gula sampai akhirnya dipasarkan.

5. Kampung Halloween Bukit Sekipan

Kampung Halloween Bukit Sekipan merupakan wisata yang masih terbilang baru di Tawangmangu. Terletak di Desa Kalisoro, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, objek wisata ini dimiliki oleh Joko Sutrisno dan resmi dibuka pada bulan Juli 2015. Rute menuju Kampung Halloween Bukit Sekipan adalah dari terminal bus Tawangmangu, naik ke arah Sarangan dengan jarak kurang lebih 600 meter.

5. Kampung Halloween Bukit Sekipan [via Instagram]
5. Kampung Halloween Bukit Sekipan [via Instagram]
Selanjutnya Anda akan sampai di Kantor Kelurahan Kalisoro. Dari situ, kemudian naik sedikit untuk menuju Bumi Perkemahan Sekipan. Nah, Kampung Hallowen berada di sisi kiri jalan sebelum Bumi Perkemahan Sekipan. Fasilitas yang ditawarkan cukup lengkap, dan yang pasti sangat cocok untuk liburan keluarga. Banyak wahana permainan anak yang dibangun di tempat wisata ini, yang tentunya akan membuat anak-anak betah lama-lama bermain di sana.

Ada banyak aktivitas seru yang bisa Anda lakukan di Tawangmangu dan daerah sekitarnya, khususnya Karanganyar. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk berlibur ke Tawangmangu bersama keluarga. Namun sebelum itu, pastikan Anda sudah menyusun rencana perjalanan Anda dengan matang, sehingga liburan Anda akan berjalan lancar dan terhindar dari hal-hal yang tak diinginkan. Next

ramadan

Written by andi

andi

Pantai-Pantai dengan Sunset Paling Cantik di Bali

Wisata di Bali Paling Seru Jelajah Pura, Ini Loh Daftarnya!