in ,

5 Kuliner Khas Rembang, Enaknya Selalu Terkenang

Jajaran Kuliner Khas Rembang yang Patut Dicicipi

Via Instagram tukangiciprembang
Via Instagram tukangiciprembang

Setiap daerah di Indonesia memiliki kuliner khas yang bisa dicicpi saat sedang berkunjung. Seperti halnya dengan Rembang, Jawa Tengah. Sebagai kota yang terdapat di pesisir pantai utara, Rembang memiliki jajaran kuliner yang sangat nikmat sekali untuk disantap. Jika kamu sedang traveling atau bahkan sedang melewati Rembang, berikut ada beberapa kuliner khas yang bisa dicicipi kenikmatannya.

Baca juga : 3 Tempat Wisata Bersejarah di Medan, Jangan Sampai Terlewatkan

1. Sate Serepeh

Sate Serepeh, Via Instagram tukangiciprembang
Sate Serepeh, Via Instagram tukangiciprembang

Sate biasanya identik dengan bumbu kacang ataupun juga bumbu kecap, tapi lain halnya dengan Sate Serepeh khas Rembang. Kuliner satu ini disajikan dengan bumbu sambal bersantan. Perpaduan rasa ayam dan santan menimbulkan citarasa gurih yang istimewa. Di Rembang tidak sulit menemukan Sate Serepeh, karena memang banyak sekali tempat makan yang menjual kuliner satu ini.

2. Lontong Tuyuhan

Lontong Tuyuhan, Via Instagram susiasih
Lontong Tuyuhan, Via Instagram susiasih

Biasanya, lontong diiris sedemikian rupa sehingga memiliki bentuk kotak. Tapi kuliner ini memiliki bentuk lontong segitiga. Lontong ini kemudian dipadukan dengan kuah yang tidak terlalu kental dan tidak terlalu encer. Untuk lauknya, biasanya ada daging ayam kampung. Untuk nama Lontong Tuyuhan ini sendiri, lantaran berasal dari desa Tuyuhan yang berada di Rembang.

3. Kelo Mrico

Kelo Mrico, Via Instagram incipsitik
Kelo Mrico, Via Instagram incipsitik

“Kelo” dalam bahasa Rembang memiliki arti sayur berkuah, sementara “mrico”merupakan merica. Ini merupakan olahan ikan laut yang dibumbui dengan merica. Tidak hanya ikan laut saja, biasanya juga ikan air tawar seperti halnya bandeng ataupun jenis ikan yang lainnya, sesuai selera. Nah, rasa pedas di sini berasal dari merica. Cocok sekali buat kamu para penggila makanan pedas. Keringat bercucuran saat mengosumsi makanan satu ini.

4. Soto Rembang

Soto Rembang, Via Instagram nadiaella22
Soto Rembang, Via Instagram nadiaella22

Soto Rembang memang tidak jauh beda dengan kuliner soto di tempat lainnya. Tapi ada hal yang membedakan yakni kuahnya yang bersantan. Kuah ini ditambah dengan bumbu-bumbu yang membuatnya memiliki citarasa yang lezat nan menggugah selera. Dalam seporsi Soto Rembang ini biasanya ada daging ayam dan daging sapi, kecambah, kemudian diberi taburan bawang goreng. Rasanya sangat enak sekali ketika disantap kala cuaca sedang dingin.

5. Urap Latoh

Urap Latoh, Via instagram melanicessa
Urap Latoh, Via instagram melanicessa

Bahan dasar urap selama ini adalah sayur mayur biasa seperti halnya kacang panjang, sawi, kubis, dan lain-lain. Tapi di Rembang urap dipadu dengan tanaman yang bernama latoh yang merupakan jenis rumput laut yang memiliki warna hijau terang dan memiliki bentuk bulat kecil pada ujungnya. Uniknya lagi, latoh ini memiliki citarasa asin, sehingga saat dipadukan dengan sambalnya akan menimbulkan rasa yang cukup berbeda. Biasanya tambah nikmat jika dipadukan dengan nasi liwet ataupun juga tempe goreng. Bikin perut jadi keroncongan yah.

Jelajah Rembang kurang lengkap jika tak mencicipi berbagai kuliner khasnya ya. Selamat mencicipi berbagai kuliner yang disuguhkan Rembang. Next

ramadan

5 Tempat Keren Game of Thrones yang Bisa Ditemui di Dunia Nyata

Hotel Dekat Bali Zoo

Hotel Dekat Bali Zoo, Tak Perlu Terjebak Macet