in , , , ,

Lebih Dekat Dengan Kebudayaan India di Little India, Kuala Lumpur

Mengenal Budaya India yang Tidak Jauh dari Tanah Air

Salah Satu Sudut Kota KL (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk

Kuala Lumpur merupakan kota terbesar dan terdapat di Malaysia yang selalu mempunyai magnet atau daya tarik bagi kalangan wisatawan asing yang berkunjung kesana. Setiap destinasi yang ada di Kuala Lumpur, selalu menjadi perhatian turis asing.

Baca juga : Pantai Atuh, Si Cantik dari Nusa Penida yang Tak Mudah Ditaklukkan

Salah Satu Sudut Little India, KL (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk

Salah satunya destinasi pariwisata berlatar belakang budaya ada di Little India, Kuala Lumpur. Apa sebenarnya Little India itu? Wisata ini merupakan kawasan kecil di pusat Kota Kuala Lumpur yang ditinggali mayoritas warga negara Malaysia ber-etnis India. Komunitas India di Kuala Lumpur ini memberi kesempatan pada wisatawan merasakan atmosfer khas India yang sudah bercampur dengan kearifan lokal Malaysia.

Ujung Jalan Little India (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk

Kawasan Little India KL menjadi salah satu kawasan yang ramai menjajakan pernak pernik menarik. Terdapat berbagai macam benda-benda khas India. Wisata ini sekilas mirip dengan China Town KL di Petaling Street.

1. Tidak Jauh dari Kuala Lumpur Sentral

Salah Satu Sudut Kota Little India Jalan Tun Sambanthan (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk

Kawasan Little India KL terletak di lokasi utama pusat Kota Kuala Lumpur. Daerah ini berlokasi di sepanjang Jalan Tavers hingga Jalan Tun Sambanthan. Wisata ini juga dekat dengan pusat transportasi dan bisnis, KL Sentral. Little India bisa dikatakan cukup padat dan sebagian besar dipenuhi dengan toko-toko souvenir, restoran dan situs budaya. Berjalan-jalan di pedestrian Little India Kuala Lumpur sering menjadi kegiatan favorit turis di ibu kota negara yang multikultural ini.

Pedestrian di Little India (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk

Akses menuju ke kawasan Little India KL sangat gampang karena tempat ini berada di pusat kota. Teman Traveler cukup menggunakan LRT atau monorail dan berhenti di KL Sentral. Dari KL Sentral lanjutkan dengan berjalan kaki sejauh kurang lebih 300 m. Jika Teman Traveler menginginkan akses langsung menuju Little India, Grab atau Taxi bisa menjadi pilihan.

2. Serasa di India

Penjaja Kembang di Little India (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk

Masyarakat keturunan India yang menetap di daerah ini menjadi warga Malaysia selama beberapa generasi, dan menjadikannya sebagai daerah komunitas India terbesar dan tertua di Malaysia. Jika dirunut lebih jauh, warga disini kebanyakan memiliki garis keturunan India Selatan, Sri Lanka, dan juga Bangladesh. Kawasan Little India menjadi salah satu kawasan elit di KL karena berdekatan dengan pusat transportasi utama Kuala Lumpur, KL Sentral.

Sepanjang jalan dipenuhi dengan pemandangan yang khas, harum-haruman, dan musik yang India banget. Interior toko memang dibuat se-india mungkin dan hampir setiap sudut Little India memutar musik bollywood. Kebanyakan wanita keturunan India di Kuala Lumpur termasuk di Little India, masih menggunakan sari (pakaian wanita khas India) dan juga henna. Hal itu menjadi pemandangan yang biasa di Little India Kuala Lumpur.

3. Belanja Souvenir Khas India

Pertokoan di Sekitar Little India (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk

Teman Traveler ingin mencoba menggunakan sari atau henna? Teman Traveler dapat membelinya disini. Selain itu, terdapat berbagai pernak-pernik perhiasan ala India seperti cincin, gelang kaki, kalung, maupun berbagai kain tekstil yang kerap Teman Traveler lihat di film bollywood. Tidak hanya produk-produk khas India, para pedagang juga menjajakan barang-barang yang dihasilkan dari pembauran budaya dengan budaya Melayu seperti batik Melayu dan juga kain sarong (sebutan sarung di Malaysia). Wisata ini juga menyediakan berbagai macam rempah-rempah khas India yang berguna sebagai penyedap makanan dan bahkan untuk pengobatan.

4. Wisata Kuliner India

Salah Satu Masakan Khas India Selatan via Pixabay

Dalam hal wisata kuliner, kawasan Little India adalah tempat yang tepat. Banyak turis asing yang datang ke Kuala Lumpur akan merindukan cita rasa makanan lokal khas India dan makan di salah satu restoran nasi campur dan daun pisang tradisional. Banyak macam kuliner khas yang bisa Teman Traveler cicipi satu per satu. Banyak restoran yang menyajikan sajian khas India Selatan dan India Utara. Menu favorit yang harus Teman Traveler coba adalah nasi briyani, canai, ayam tandoori, thosai, dan minuman the tarik.

Sebagian besar kuliner khas India disini tergolong makanan halal. Selain memang kebanyakan dari mereka adalah vegetarian, para penjual makanan disini juga sangat menghormati umat muslim yang ada di sekitar mereka. Next

ramadan

Simpang Lima Gumul, Monumen Bebanggan Kota Kediri

Tips Sewa Motor di Thailand, Traveling Seru Tidak Kena Tilang