in , ,

Sego Lodho Tiwul, Khas Trenggalek yang Tiada Duanya

Nikmatnya Benar-benar Bikin Terkesan, Wajib Dicoba di Trenggalek

Nasi Lodho Tiwul
Nasi Lodho Tiwul (c) Akbar Dedy/Travelingyuk

Jika Teman Traveler sedang liburan ke Trenggalek, di salah satu sudut jalan raya di Kecamatan Durenan kalian bakal menemukan sajian lodho tiwul. Sesuai namanya, panganan ini memadukan nasi thiwul dan lodho dengan rasa luar biasa nikmat. Penasaran ingin tahu lebih lanjut? Mari simak ulasannya berikut.

Baca juga : 4 Camilan Kacang yang Hanya Ada di Indonesia, Manisnya Legit

Thiwul Khas Trenggalek

dsc01456_j7C.jpg
Warung Nasi Thiwul Lodho (c) Akbar Dedy/Travelingyuk

Selain Nasi Gegok, Thiwul sudah lama jadi salah kuliner khas Trenggalek. Tak hanya rendah kandungan glukosa, makanan satu ini juga dikenal ekonomis. Hal ini tak terlepas dari kondisi geografis sekitar, yang lebih didominasi tanah berkontur pegunungan. Dengan kata lain, lebih mudah menanam ketela ketimbang padi di sini.

dsc01453_Zum.jpg
Seporsi sajian nasi thiwul (c) Akbar Dedy/Travelingyuk

Thiwul sendiri dibuat dari bahan utama ketela dan jagung yang dikeringkan. Umumnya disajikan bersama bersama sayur daun ketela dan peyek ikan maupun kedelai. Namun memang harus dimaklumi bahwa bagi orang Indonesia, makan serasa kurang lengkap jika tanpa nasi. Oleh karena itu, tak sedikit pula yang mencampur makanan ini dengan nasi putih.

Berkembang Melintasi Waktu

dsc01455_iIw.jpg
Menikmati Thiwul Lodho (c) Akbar Dedy Pratama/Travelingyuk

Di warung yang saya sambangi kali ini, nasi thiwul disajikan bersama lodho, kuliner khas kawasan zona Matraman. Lantaran uang saku terbatas, saya akhirnya memilih lauk berupa ikan laut. Tak dinyana, cukup merogoh kocek Rp15.000, saya sudah bisa mendapatkan kenikmatan luar biasa. 

Uniknya, warung tidak menyediakan sendok. Seperti halnya orang tempo dulu, semua tamu dianjurkan untuk muluk alias makan langsung dengan tangan. Hal ini seolah menambah romantis pertemuan saya dengan nasi thiwul.

Begitu masuk mulut, cita rasanya sungguh kaya. Tambahan unsur lain seperti urap sayur menjadi daya pikat tersendiri. Benar-benar sebuah pengalaman kuliner yang luar biasa.

Murah Meriah

dsc01454_jEY.jpg
Thiwul Lodho (c) Akbar Dedy Pratama/Travelingyuk

Semua menu di warung ini dibanderol murah meriah. Lauk pauk rata-rata ditawarkan antara Rp15.000 hingga Rp20.000 saja. Teman Traveler bisa pilih ikan laut atau daging ayam lengkap. Sementara untuk pilihan minumannya relatif standar, seperti teh, es jeruk, dan kopi. Perut kenyang, kantong tetap aman.

Itulah sedikit ulasan mengenai Nasi Lodho Tiwul, sebuah panganan khas Trenggalek yang tawarkan sensasi rasa unik tiada duanya. Jika Teman Traveler mencari pengalaman bersantap yang benar-benar beda, tak ada salahnya mencoba jika sedang liburan di sini ya. Next

ramadan

Menelusuri Sejarah Museum Perbendaharaan Indonesia

Ayam Goreng Bu Hartin

Ayam Goreng Bu Hartin, Sajian Legendaris Khas Kulon Progo