in , , ,

Lokawisata Alam Baturraden Purwokerto, Berbagai Pilihan Wisata Alam Seru di Satu Tempat

Lokawisata Baturraden merupakan tempat wisata yang terletak di sebelah utara kota Purwokerto, atau di daerah lereng Gunung Slamet. Kawasan ini menyuguhkan berbagai pilihan wisata alam yang bisa Teman Traveler nikmati, mulai dari air terjun hingga pemandian air panas.

Baca juga : Seblak Paling Nendang di Bandung

Baturraden
Wisata Alam Baturraden (c) Pradina Eka A./Travelingyuk

Menariknya, kamu bisa menyaksikan keindahan kota Purwokerto dari ketinggian di sini. Selain itu, kamu juga dapat menikmatik dan menyaksikan Pulau Nusa Kambangan sekaligus pantai yang indah di Cilacap dari kawasan wisata ini.

Mengulik sedikit sejarah tentang Lokawisata Baturaden, apakah Teman Traveler pernah mendengar tentang legenda lutung kasarung? Ya, legenda ini sangat kental di Indonesia, dan tempat ini menjadi salah satu latar utama dari legenda tersebut. Baturraden bersal dari dua kata, yaitu “batur” yang dalam bahasa Jawa artinya pembantu, teman, atau bukit, sedangkan “raden” memepunyai arti raja atau bangsawan.

Papan info wisata (c) Pradina Eka A./Travelingyuk

Lokawisata Baturraden berada di Desa Lokawisata, Kelurahan Karangmangu, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Para pengunjung bisa datang ke berbagai wisata yang ada di sini mulai pukul 07.00 WIB hingga 17.00 WIB setiap harinya.

Tiket masuk Lokawisata Baturraden adalah sebesar Rp20.000 saat hari biasa dan Rp25.000 di akhir pekan. Dengan tiket tersebut, kamu bisa menikmati wisata-wisata di sini. Untuk beberapa wisata, kamu diharuskan membayar biaya tambahan. Jangan lupa untuk menyiapkan uang parkir kendaraan juga, ya!

Gapura wisata
Berwisata ke Lokawisata Baturraden (c) Pradina Eka A./Travelingyuk

Di Lokawisata Baturraden, kamu bisa menikmati berbagai wana wisata, beberapa di antaranya adalah Pancuran Telu dan Pitu, flying fox, Bioskop 4D, pertunjukan live, Circuit Mini Bike, Night Adventure, Curug Jenggala dan Pengantin, teater alam, hingga trampolin. Seperti apa aja sih pesona wisata alam yang ada di Baturraden?

1.       Pancuran Pitu dan Telu

Pancuran ini adalah salah satu wisata yang cukup terkenal dan banyak dikunjungi para wisatawan. Pancuran Pitu dan Pancuran Telu terbentuk akibat aliran air panas dengan suhu sekitar 70 derajat celcius, yang berasal dari Gunung Slamet.

pancuran pitu dan pancuran telu (c) Pradina Eka A./Travelingyuk

Air panas yang berada di pancuran ini mengandung belerang, dipercaya dapat membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit. Kamu bisa menikmati sensasi berendam air panas, sambil menyaksikan pemandangan alam pegunungan. Perlu diingat bahwa pengunjung tidak dianjurkan berendam lebih dari 15 menit demi kesehatan.

2.       Taman Kaloka Widya Mandala

Taman Kaloka Widya Mandala merupakan tempat wisata yang bertema edukasi yang nyaman sebagai sarana bahan belajar untuk anak-anak. Ada beberapa spesies binatang di sini. Beberapa di antaranya adalah orang utan, buaya, ular, landak, gajah, monyet, burung cendrawasi, dan satwa lainnya.

Taman Wisata Baturraden (c) Pradina Eka A./Travelingyuk

Bukan hanya edukasi tentang dunia hewan saja, namun di sini terdapat museum yang digunakan untuk menyimpan fosil hewan langka, sehingga para pengunjung dapat melihat serta mempelajari tentang hewan tersebut.

3.       Teater Alam Baturraden

Teater Alam Baturraden merupakan salah satu destinasi wisata yang mempunyai tempat yang unik. Karena ruang teater ini berada di dalam pesawat berjenis Fokker 28 milik pihak maskapai Garuda Indonesia. Teater ini berdiri tepat di samping pintu masuk dan meliliki luas halaman sekitar 600 meter.

Teater Alam Baturraden (c) Pradina Eka A./Travelingyuk

Teater ini tidak menayangkan film-film modern, tetapi menayangkan tentang alam-alam Indonesia, contohnya Budaya TMII, peristiwa alam seperti gunung meletus, maupun peristiwa tsunami di Indonesia.

4.       Wisata Budaya Grebeg Syura

Tak hanya wisata alam yang di sajikan di Lokawisata Baturraden. Wisata Budaya Grebeg Syura adalah wisata yang menjadi tradisi utama masyarakat Baturraden, dan para wisatawan banyak yang datang untuk menyaksikan pertunjukan seni secara langsung saat bulan pertama dalam kalender tahun Islam.

Patung budaya
Patung budaya (c) Pradina Eka A./Travelingyuk

Dalam pentas budaya ini sering dilaksanakan bersamaan dengan pertunjukan musik calung, tarian lengger, pertunjukan kuda lumping, dan sesajen arak-arakan ke tempat suci.

5.       Telaga Sunyi Baturraden

Telaga Sunyi Baturraden (c) Pradina Eka A./Travelingyuk

Baurraden memiliki mata air jernih dengan susana yang hening dan sunyi. Sangat tepat sebagai tempat untuk refreshing yang menyenangkan dan jauh dari keramaian. Telaga ini terletak sekitar 3 kilometer ke arah timur atau 15 menit dari pintu masuk baturraden.

Fasilitas di Baturraden

Flying fox (c) Pradina Eka A./Travelingyuk

Adanya halaman untuk kegiatan outbound, sehingga kawasan ini memiliki camping ground yang sangat nyaman dan tentunya aman. Kamu bisa mendirikan tenda berhalaman hutan hijau yang biasanya digunakan untuk berkemah dengan keluarga. Di sekitar kawasan ini juga terdapat penginapan dan hotel dengan fasilitas yang memadai. Next

Tips mengunjungi Lokawisata Baturraden

  • Karena Lokawisata Baturraden termasuk wisata alam, maka selalu berhati-hatilah dan menjaga diri dengan baik.
  • Bagi orang tua, selalu awasi anak-anak jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
  • Sebaiknya kamu membawa bekal dari rumah, karena area ini sangat luas sehingga tidak kelaparan saat berkeliling di wisata ini.
  • Tidak merusak fasilitas yang berada di sekitar area wisata.
  • Selalu menjaga keberishan lingkungan.
ramadan
Snorkeling di selat Lembeh

Selat Lembeh, Surga Para Pecinta Snorkeling di Sulawesi Utara

Pantai di Dalmasia

Dalmasia, Jantung Laut Adriatik yang Jadi Destinasi Hits Dunia Saat Ini