in ,

7 Lomba Jadul untuk Meriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia

HUT RI 75! Meriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia dengan Beragam Lomba-lomba Jadul Berikut Ini. Hayo Kangen Ikut Lomba yang Mana?

Hari Kemerdekaan Republik Indonesia menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu baik bagi orang tua maupun anak-anak kecil. Selian banyaknya diskon yang diberikan mulai dari pusat perbelanjaan hingga kuliner. Hal yang tidak kalah dinantikan adalah mengikuti lomba-lomba khas tujuh belasan yang hanya dilakukan sekali dalam setahun. Yuk kembali mengingat apa saja sih lomba-lomba jadul yang biasanya dilaksanakan untuk memeriahkan hari kemerdekaan Indonesia pada ulasan berikut ini.

Baca juga : Tips Pilih Botol Minum Praktis Buat Traveling, Diisi Air Mineral atau Kopi juga Bisa

1. Panjat Pinang

Panjat Pinang via Instagram @cemalcemilmamiw

Panjat Pinang merupakan sebuah perlombaan yang sangat identik dengan tanggal 17 Agustus atau Hari Kemerdekaan Indonesia. Satu pohon pinang biasanya akan berisi banyak hadiah yang tentu saja bisa Teman Traveler bawa pulang. Namun diletakkan sangat tinggi dengan batang yang licin menjadi tantangan tersendiri bagi peminatnya. Biasanya perlombaan ini dilaksanakan setelah melakukan upacara bendera di lapangan terbuka.

2. Pukul Bantal

Pukul Bantal via Instagram @travelzonia

Pukul Bantal merupakan perlombaan yang biasanya dilakukan oleh dua kubu berbeda. Batang kayu yang diletakkan pada sawah yang berlumpur menjadi tempat bertandingnya. Dua orang yang bertarung di atas batang kayu tersebut saling menjatuhkan menggunakan sebuah bantal. Permainan ini sekarang telah banyak dimodifikasi, termasuk lokasi bermain yakni batang kayu diletakkan di atas kolam renang.

3. Masukkan Paku dalam Botol

Masukkan Paku dalam Botol via Instagram @galehfp

Permaian jadul yang kerap dilaksanakan untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia adalah memasukkan paku atau pensil ke dalam sebuah botol. Peserta lomba ini akan dipasangkan sebuah tali dimana pada bagian belakang terdapat tali yang menjulur ke bawah lengkap dengan sebuah paku atau pensil yang harus Teman Traveler masukkan dengan cara jongkok ke dalam sebuah botol yang sudah disediakan.

4. Koin Semangka

Koin Semangka via Instagram @rickyamdhani_real

Perlombaan yang tidak kalah seru untuk dilaksanakan adalah mengambil koin yang sudah ditancapkan pada sebuah semangka yang dilapisi dengan oli. Namun kini, biasanya semangka tersebut dibalut dengan coklat. Kesulitannya tentu terletak saat mengambil koin tersebut. Permainan yang satu ini sudah sangat jarang dijumpai sehingga termasuk perlombaan yang hampir punah dari peradaban. Mengadapkan perlombaan ini untuk memeriahkan hari kemerdekaan bukanlah pilihan yang buruk loh!

5. Balap Karung

Balap Karung via Instagram @sihab_nikoli

Banyak dari Teman Traveler pasti sudah tidak asing dengan perlombaan jadul yang satu ini. Biasanya penyelenggara akan menyiapkan karung goni yang kokoh untuk dimasuki oleh peserta kemudian melompat dari garis start menuju garis finish yang telah ditentukan. Meski terbilang cukup sulit namun permainan ini merupakan salah satu hal yang paling dirindukan apalagi bila Teman Traveler yang lahir pada tahun 90-an. Setuju?

6. Tarik Tambang

Tarik Tambang via Instagram @marvel_ambrose

Perlombaan berikutnya sangat menguji kekompakan tim, apalagi kalau bukan tarik tambang. Perlombaan ini akan dipercaya mengandung teriakan hingga tepuk tangan dari penonton yang gemas akan ekspresi setiap orang yang mengikuti perlombaan tersebut. Permainan ini terbilang sangat sederhana, pemenangnya ditentukan dari kekuatan tim yang tentu saja berpengaruh untuk menjatuhkan lawan.

7. Makan Kerupuk

Makan Kerupuk via Instagram @andrian_nathan99

Lomba yang tidak kalah populer pada saat tujuh belasan adalah makan kerupuk! Iya, banyak yang mengatakan kalau hari kemerdekaan kurang lengkap rasanya jika tidak ada perlombaan yang satu ini. Seutas tali yang dipasang horizontal akan dilengkapi dengan tali-tali vertikal yang ujungnya diikat kerupuk putih. Tantangan yang paling berat adalah memakan kerupuknya yang seolah tidak bisa diam karena digantung. Hati-hati, karena permainan ini dapat menghasilkan terikan dan tepuk tangan meriah dari penonton.

Nah, itulah beberapa perlombaan tempo dulu yang kerap memeriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus. Biasanya permainan tersebut ada yang dirayakan sebelum tanggal tersebut atau pada saat hari berlangsung. Peserta yakni anak-anak kecil kebanggan Indonesia yang menang biasanya akan diberikan buku hingga alat tulis yang tentu saja bermanfaat untuk sekolah. Hayo, siapa nih yang kangen ikutan lomba? Next

ramadan

6 Spot Lautan Awan di Jogja, Menawannya Buat Traveler Jatuh Cinta!

Rayakan Kemerdekaan di Gunung Merbabu, Pendakian Jalur Suwanting!