in ,

LRT Jakarta Siap Diluncurkan, Cocok Buat Transportasi Pemukiman Padat

LRT Jakarta Dikabarkan Segera Beroperasi

LRT Jakarta via Instagram @sarana_lrtj
LRT Jakarta via Instagram @sarana_lrtj

Teman Traveler sudah cukup familiar dengan MRT Jakarta, bukan? Sebentar lagi transportasi ini akan mempunyai ‘kawan’ yaitu LRT Jakarta yang dikabarkan siap diluncurkan. Seperti apa sih gambaran LRT Jakarta yang akan diuji coba tahun 2019 ini?

Baca juga : Rumah Makan Sehati di Medan yang Berusia 60 Tahunan, Tawarkan Menu Andalan Kari Kambing

Siap Uji Coba Pertengahan 2019

LRT Jakarta Segera Uji Coba via Instagram @sarana_lrtj
LRT Jakarta Segera Uji Coba via Instagram @sarana_lrtj

LRT Jakarta nantinya akan beroperasi di kawasan Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi (Jabodebek). Terdiri dari tiga lintasan yaitu Cawang-Cibubur, Cawang-Dukuh Atas, dan Cawang-Bekasi Timur. Menurut laman resmi lrtjakarta.co.id, progress tahap satu sudah mencapai sekitar 60%.

Peresmian operasional LRT Jakarta memang sempat molor beberapa kali. Awalnya ditargetkan selesai sebelum Asian Games 2018, namun hal itu belum terlaksana. Menurut laman kompas.com, moda transportasi ini dijadwalkan beroperasi bulan Maret 2019. Namun sampai saat ini pun masih belum berjalan.

Walaupun molor dari jadwal yang telah ditentukan, namun masih ada angin segar mengenai operasi LRT Jakarta. Seperti dilansir dari situs liputan6.com, Jokowi menyatakan bahwa uji coba pertama bisa dilakukan sekitar Juli 2019 untuk rute Cibubur-Cawang.

Transportasi Pemukiman Padat

Ilustrasi LRT Jakarta, Transportasi Pemukiman Padat via Instagram @lntr
Ilustrasi LRT Jakarta, Transportasi Pemukiman Padat via Instagram @lntr

LRT sendiri merupakan singkatan dari light rail transit yang mempunyai kurang lebih 3 rangkaian kereta. Sesuai dengan namanya, moda transportasi ini digadang-gadang cukup ringan.

LRT Jakarta mempunyai radius belok paling kecil di antara kereta lainnya, kurang lebih 30 sampai 60 meter. Hal itulah yang menjadikan LRT Jakarta tepat sebagai transportasi di pemukiman padat.

Kereta Listrik Tanpa Masinis

Dikabarkan Siap Beroperasi via Instagram @sarana_lrtj
Dikabarkan Siap Beroperasi via Instagram @sarana_lrtj

LRT sebenarnya dirancang tanpa masinis, begitu pula yang akan beroperasi di Jakarta. Moda transportasi ini dilengkapi dengan sistem Automatic Train Protection (ATP).

Teknologi yang diterapkan agar kecepatan kereta dapat secara otomatis diturunkan maupun berhenti apabila melebihi batas. Sehingga LRT Jakarta cenderung aman walaupun tidak dikendalikan oleh masinis.

Tarif LRT Jakarta

Suasana Dalam LRT Jakarta via Instagram @lrtjkt
Suasana Dalam LRT Jakarta via Instagram @lrtjkt

LRT Jakarta yang konon siap diluncurkan juga menggunakan kartu bagi penggunanya, yang nantinya ditempelkan di gate.  LRT Jakarta digadang-gadang mempunyai tarif flat sebesar Rp5 ribuan. Proses pembeliannya menggunakan mesin penjualan tiket yang disediakan di stasiun LRT.

Kemudian memilih kartu single journey ticket (SJT), memilih stasiun, jenis tiket perjalanan, dan jumlah tiket. Barulah, Teman Traveler bisa menuju gate dan masuk untuk mencari line kereta yang dituju.

Itulah gambaran dari ‘teman‘ MRT Jakarta tersebut. Semoga LRT secepatnya beroperasi untuk umum. Bagaimana menurut Teman Traveler? Tertarik ikutan naik LRT Jakarta kalau sudah siap diluncurkan? Next

ramadan
Ramang-Rammang forest of rock or known as Hutan Batu in Bahasa Indonesia. A unique place near Makassar where the Karst rocks formed millions of years earlier and has been a shelter for earlier human. (c) Shutterstock

Rammang-rammang, a Magical and Instagenic Wonder in Maros

Sedapnya Taichan Jogja, Sate Ayam Kekinian Bikin Kuliner di Kota Gudeg Tambah Banyak Pilihan