in ,

Macam Sate Nusantara yang Enaknya Tiada Tara, Sudah Coba yang Mana?

Varian Sate Nusantara yang Enaknya Nggak Tanggung-tanggung

Macam Sate Nusantara

Sudah bukan rahasia, Indonesia dikenal dengan berbagai keindahan alamnya yang bak lukisan surgawi. Tak hanya itu, kuliner Indonesia juga merupakan salah satu daya tarik yang mengundang para wisatawan untuk terus berkunjung. Di antara banyak makanan yang menarik di mata turis, salah satunya adalah sate. Ini dia macam sate nusantara yang enaknya tiada tara.

Baca juga : Liburan Bareng Anak? Coba Singgahi Wisata Ramah Si Kecil Pilihan Ringgo Agus Rahman

1. Sate Padang, Sumatra

Sate Padang
Sate Padang via Instagram/@fendy_halim

Pertama adalah sate padang yang khas dari Sumatera Barat. Bahan yang digunakan adalah daging sapi, atau jerohan (bagian dalam) seperti usus dan jantung. Yang membedakan sate padang dengan lainnya adalah bumbunya berupa saus kacang yang kental, menyerupai bubur berwarna coklat. Tak ketinggalan taburan bawang goreng yang melimpah di atasnya. Sate ini biasanya disantap dengan lontong, bukannya nasi.

Macam Sate Nusantara, Sate Padang
Macam Sate Nusantara, Sate Padang via Instagram/@du.eat

2. Sate Karak, Surabaya

Sate Karak Surabaya
Sate Karak Surabaya via Instagram/@williammasura

Macam sate nusantara lainnya adalah sate karak khas Surabaya. Kuliner ini sudah agak susah ditemukan, meskipun di daerah asalnya yaitu Kota Pahlawan. Sate ini dibuat dari usus sapi yang ditusuk dan dibakar. Bukan dengan nasi, sate ini biasanya disantap dengan ketan hitam. Tak ketinggalan taburan serundeng di atasnya, bisa juga menggunakan kelapa parut. Kuliner ini sudah ada sejak tahun 60-an, sayangnya sudah makin jarang ditemukan. Siapa nih yang sudah pernah mencobanya?

Sate Karak
Sate Karak via Instagram/@deteksi

3. Sate Buntel, Solo

Sate Buntel Solo
Sate Buntel Solo via Instagram/@vydoyanmakan

Saat berwisata ke Solo, jangan lupa untuk mencicipi berbagai kuliner andalannya. Selain ada nasi liwet yang legit dan bikin nagih, kamu juga harus mencoba sate buntelnya. Kuliner satu ini dibuat dari cacahan daging kambing yang dibungkus dengan lemak sebelum dibakar. Saat disajikan, sate ini hanya berbumbu kecap dan taburan merica di atasnya. Paling nikmat menyantap sate buntel ditemani dengan tengkleng kambing dan nasi hangat. Wah, bisa nambah porsi nih.

Sate Buntel
Sate Buntel via Instagram/@javadelicious

4. Sate Bandeng, Banten

Sate Bandeng khas Banten
Sate Bandeng khas Banten via Instagram/@inaya_khawasie

Selain deretan pulau-pulau yang eksotis, Banteng juga terkenal karena kulinernya yang menggoda. Salah satunya adalah sate bandeng yang merupakan kuliner warisan kesultanan Banten. Sate ini terbuat dari cacahan daging bandeng yang digumpalkan pada sebuah batang bambu lalu dibakar dengan bumbu-bumbu khusus. Dinikmati langsung dengan nasi hangat saja sudah bikin mulut tak berhenti mengunyah. Salah satu sate bandeng terkenal di Banteng adalah milik Ibu Aliyah.

Sate Bandeng
Sate Bandeng via Instagram/@istie_novianti

5. Sate Susu, Bali

Sate susu, Bali
Sate susu, Bali via Instagram/@dhaneeeeee

Pulau dewata memang penuh pesona. Tak hanya wisata alamnya yang cantik, banyak juga kuliner yang menarik untuk dicoba. Bali memang terkenal dengan ayam betutu dan nasi jinggonya. Namun, saat berkunjung ke Pulau Dewata waktu ramadan, pastikan untuk meluangkan waktu jalan-jalan di kampung muslim dan mencicipi sate susu. Sate ini terbuat dari puting sapi yang dibakar dengan bumbu khusus. Yap, hanya ada saat bulan puasa, lho.

Sate susu
Sate susu via Instagram/@dhaneeeeee

Ternyata ada banyak juga macam sate nusantara, ya. Setiap daerah di Indonesia memiliki sate khas-nya sendiri. Bagaimana, kamu sudah pernah coba yang mana? Next

ramadan

Hotel di Tangerang, Singgah Singkat Sambil Cuci Mata

Hutan Pinus di Malang

Menikmati Kesejukan Hutan Pinus di Malang, Wisata Ini Destinasinya