in ,

5 Makam di Indonesia ini Cantik bak Objek Wisata

San Diego Hills
San Diego Hills

Makam biasanya identik dengan tempat yang banyak setan atau mencekam. Padahal di era modern seperti sekarang, hal klenik seperti itu harusnya sudah mulai luntur ya. Begitu juga dengan lokasi pemakaman, kini tak lagi ‘sekadar’ untuk peristirahatan terakhir. Namun nyaman dikunjungi, bersih dan juga berkelas lho. Boleh foto-foto di sana tapi harus tetap sopan dan jangan lupa untuk menghormati mereka yang sudah dahulu menghadap Yang Maha Kuasa:

Baca juga : Rumah Kopi Ranin Bogor, Sensasi Ngopi di Alam Terbuka

Ereveld Menteng Pulo, Jakarta

Everald Menteng Pulo
Everald Menteng Pulo [image source]
Evereld Menteng Pulo adalah pemakaman yang dikhususkan untuk perwira militer Belanda yang gugur dalam perang memperebutkan Kemerdekaan Indonesia. Tidak ada kesan horor di dalam pemakaman ini. Yang ada justru kekaguman atas kebersihan dan kerapian nisan-nisan, juga bangunan yang berdiri dengan indahnya. Tak hanya orang Belanda, di sini juga tempat peristirahatan terakhir bagi pribumi yang dianggap berjasa untuk bangsa mereka.

Berpose di gereja Everald Menteng Pulo
Berpose di gereja Everald Menteng Pulo [image source]
Everald Menteng Pulo

Jl. Casablanca No.1, RT.17/RW.1, Menteng Dalam, Tebet, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12960

Museum Taman Prasasti, Jakarta

Museum Taman Prasasti
Museum Taman Prasasti [image source]
Dulunya lokasi pemakaman ini bernama Kebon Jahe Kober yang dibangun sejak abad ke 18. Peninggalan Belanda yang sudah berumur ratusan tahun ini akhirnya diresmikan sebagai museum dan berganti nama menjadi Taman Prasasti sekaligus objek wisata Jakarta. Kamu bisa melihat banyak nisan-nisan klasik yang bergaya Perancis hingga Hindu Jawa dengan puranya. Di sini juga terdapat makam aktivis yang difilmkan, Soe Hok Gie.

Berpose di Museum Taman Prasasti
Berpose di Museum Taman Prasasti [image source]
Museum Taman Prasasti

Jl. Tanah Abang I No.1, Kelurahan Petojo Selatan, Kecamatan Gambir, RT.11/RW.8, Petojo Sel., Gambir, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta

San Diego Hills Karawang

San Diego Hills
San Diego Hills [image source]
Pemakaman elite, San Diego Hills memang terkenal karena keindahannya. Rumput-rumput hijau, dengan bunga-bunga yang menghiasi sekelilingnya ini dibuka untuk umum. Seperti tempat wisata, di area pemakaman tersedia danau buatan, jalur untuk jogging, bahkan kolam renang lho. Karena sangat luas, disediakan pula mobil golf untuk berkeliling yang disewakan dengan harga 120 ribu per jamnnya. Memesan tanah di sini untuk peristirahat terakhir tarifnya dimulai dari 24 juta, dan yang paling mahal hingga 1,5 milyar rupiah.

Berpose di San Diego Hills
Berpose di San Diego Hills [image source]
San Diego Hills Karawang

Exit Tol Karawang Barat2, Km.46, Margakaya, Karawang, Kabupaten Karawang, Jawa Barat

Heaven Memorial Park , Cariu, Jonggol

Heaven Memorial Park
Heaven Memorial Park [image source]
Serupa dengan San Diego Hills, pemakaman di Cariu, Bogor ini juga mengusung tema taman makam yang rapi dan bersih. Lokasinya yang berada di perbukitan membuat panorama di sekitar sangat indah karena langsung berhadapan dengan pegunungan. Hamparan hijau yang asri langsung membentang. Sekali-kali menikmati indahnya dunia dan sekaligus ingat bahwa hidup ini hanya sekali, dan bisa berakhir kapan saja.

Selfie di Heaven Memorial Park
Heaven Memorial Park [image source]
Heaven Memorial Park

Jl. Buanajaya, Buanajaya, Tanjungsari, Bogor, Jawa Barat 16840

Taman Kenangan Lestari, Karawang

Taman Kenangan Lestari
Taman Kenangan Lestari [image source]
Pemakaman berstandard internasional adalah konsep yang diusung oleh Taman Kenangan Lestari. Bangunannya dibuat sesuai dengan hukum Feng Shui karena memang diperuntukkan untuk pemeluk agama Budha dan Kristen. Kebersihan makam di sini sangat terawat, makanya pemandangannya tampak indah, bukannya seram. Di sini bahkan disediakan ruangan kremasi yang dibuat mewah dan sangat nyaman untuk keluarga yang sedang menunggu proses pembakaran jenazah hingga selesai.

Berpose di Taman Kenangan Lestari
Taman Kenangan Lestari [image source]
Taman Kenangan Lestari

Jalan Kuta Tandingan, Margamulya, Karawang Barat, Margamulya, Telukjambe Bar., Kabupaten Karawang, Jawa Barat 41361

Area pemakaman memang bukan objek wisata. Oleh karena itu, tetap sopan dan menjaga ketika saat berkunjung ya. Traveler cerdas pasti bisa menikmati liburan tanpa melanggar norma dan budaya. Setuju? Next

ramadan

Jendela, Villa di Bali Serasa Punya Taman Pribadi

Kuliner baru, Bakso Kuburan Mantan

Bakso Kuburan Mantan, Kuliner Sukabumi yang Bikin Penasaran