in ,

Makanan Diplomasi di Indonesia, Mulai Bakwan sampai Bakmi Aceh

Inilah Ragam Makanan Diplomasi di Indonesia

makanan diplomasi/foto istimewa
makanan diplomasi/foto istimewa

Melalui jamuan makan, banyak hal yang bisa terjadi. Tidak terkecuali sebagai media diplomasi. Sudah banyak para tokoh Indonesia ataupun dunia berdiplomasi lewat sajian dan makan bersama. Tidak terkecuali dengan Presiden Jokowi yang kerap melakukan diplomasi dengan berbagai sajian. Nah, kali ini akan dibahas makanan diplomasi yang pernah terjadi di Indonesia. Ada apa saja?

Baca juga : Rawon di Probolinggo, Ada yang Sudah 7 Dekade Lamanya

Bakwan

Bakwan, via Instagram/pebriisgood
Bakwan, via Instagram/pebriisgood

Baru-baru ini, Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto menyambangi kediaman Ketum Partai Demokrasi Indonesia Megawati Seokarnoputri. Sajian pembuka yang ditawarkan adalah bakwan yang kabarnya dibuat sendiri oleh Bu Mega. Tidak hanya bakwan saja, disajikan pula es kelapa untuk melengkapi perbincangan yang cukup langka tersebut.

Nasi Goreng

Nasi goreng, via Instagram/nendabysarimah
Nasi goreng, via Instagram/nendabysarimah

Setelah bakwan, makanan diplomasi yang selanjutnya disuguhkan Megawati kepada Prabowo adalah nasi goreng. Hidangan ini spesial lantaran Megawati sendiri yang memasaknya untu Prabowo.

Ternyata tak hanya Megawati saja yang menyuguhkan nasi goreng, ada Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono pada bukan juli 2017 lalu juga menawarkan hal yang sama. Sebagai informasi, nasi goreng merupakan makanan favorit Prabowo, tak salah mereka menyuguhkannya.

Ikan Bakar dan Teh Hangat

Ikan bakar, via Instagram/enaknyong
Ikan bakar, via Instagram/enaknyong

Diplomasi makanan juga terjadi pada November 2016 lalu. Kala itu bersama dengan Prabowo, Jokowi menyuguhkan ikan bakar dan teh hangat. Beberapa hari kemudian, Presiden Jokowi juga melakukan diplomasi makanan dengan Megawati dan menyantap ikan bakar dan bakmi goreng. Makanan tersebut dibawakan Presiden kelima Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri.

Bubur dan Bakmi Aceh

Bakmi Aceh, via Instagram/zona.makanan
Bakmi Aceh, via Instagram/zona.makanan

Indonesia memang memiliki beragam panganan enak yang bisa jadi suguhan untuk para tamu. Jokowi memang kerap berdiskusi di meja makan. Tidak terkecuali saat bersama dengan Ketua Umum Partai Nasional Demokrat Surya Paloh, mereka menyantap bubur dan bakmi Aceh. Ada camilannya pisang kepok rebus.

Itulah sekelumit makanan diplomasi di Indonesia, ada banyak jenis lainnya yang menyumbang berbagai kebijakan negara. Memang begitu, makanan memiliki banyak sekali fungsi. Next

ramadan
Beryl Coffee Malang

Beryl Coffee Malang, Laper Nihil Kerjaan Berhasil

Kimi Hime

Kimi Hime Suka Masak Sendiri Lho, Ini Ragam Makanan yang Pernah Dibuatnya