in , , , , ,

Ada Pecel Legendaris, Berikut 5 Tempat Makan yang Enak dan Murah di Madiun

Wisata Kuliner di Madiun, Dari Pecel Yu Gembrot Hingga Masakan Nikmat di Warung Om Breng

Kuliner Enak di Madiun
Kuliner Enak di Madiun

Kota Madiun merupakan surganya bagi Teman Traveler yang berburu kuliner. Pasalnya kota ini memiliki beragam makanan enak. Berikut 5 makanan nikmat yang patut dicicipi ketika berkunjung ke Madiun.

Baca juga : Selebgram Punya Bisnis Kuliner, Terbaru Punya Awkarin dengan Masakan ala Ibu

1. Pecel Yu Gembrot

Nasi Pecel Yu Gembrot via Instagram @pecelindonesia

Warung Nasi Pecel Yu Gembrot berlokasi di area Pasar Besi, tepatnya di pinggir Jalan Imam Bonjol. Meski jadi langganan pejabat, warung dengan luas sekitar empat kali lapangan tenis meja itu terkesan sangat sederhana. Dua meja dikelilingi kursi plastik jadi tempat pengunjung nasi pecel. Di sisi utama, meja besar tempat bahan-bahan nasi pecel diletakkan pemilik.

Nasi Pecel Yu Gembrot via Instagram @joe_hobby_culinary

Bahan Nasi Pecel Yu Gembrot sebetulnya tidak jauh beda dengan nasi pecel Madiun pada umumnya, yakni nasi diselimuti sayuran lalu dilumuri bumbu pecel. Bedanya, pecel Yu Gembrot rasanya terasa betul manisnya. Soal lauk, bisa memilih tempe, daging, telur, dan rempeyek kacang. Tempat kuliner yang satu ini menyediakan menu spesial nasi pecel, sambal pecel, kripik paru dan juga daging sapi, walaupun menu yang disedikan cuma itu itu saja namun rumah makan ini sudah dikenal bagi penikmat kuliner pecel. Warung ini terletak di Jalan Imam Bonjol No.33, Klegen, Kartoharjo, Kota Madiun dan buka mulai pukul 07.00 – 21.00 WIB.


Nasi Pecel Yu Gembrot via Instagram @joe_hobby_culinary

2. Bluder Cokro

Bluder Cokro via Instagram @bludercokro

Bluder Cokro sangatlah populer dan sering dijadikan oleh-oleh khas Madiun. Tempat ini didirikan oleh Nyonya Susana sejak 19 Agustus 1889. Pada awalnya Nyonya Susana mendapat resepnya dari orang Belanda dan dibuat hanya untuk dibagikan ke saudara dan kerabat hingga akhirnya berkembang sampai saat ini.

Bluder Cokro via Instagram @bludercokro

Bluder Cokro ini memiliki 14 varian rasa antara lain kismis, coklat, keju, original, mix match, kacang, fruity tam, abon, smooked beef, nutela, selai nanas, strawberry, dan blueberry. Rasa yang manis dan tekstur bluder cokro yang lembut membuat roti ini sangat cocok dijadikan sebagai oleh-oleh berbagai kalangan usia.

Bluder Cokro via Instagram @bludercokro

Selain itu bluder cokro juga hanya tahan hingga 6 hari karna didibuat masih dengan cara tradisional dan tanpa pengawet jadi lebih enak dan menyehtkan. Untuk harganya roti bluder cokro ini dijual 8 sampai 10 ribu rupiah saja. Outletnya pun buka setiap hari sekitar pukul 7 pagi sampai 9 malam. Harga makanan yang dijual berkisar antara Rp 10.000 – Rp 200.000.

Bluder Cokro via Instagram @bludercokro

3. Gado-Gado dan Tahu Campur Pak Tomo

Gado-Gado dan Tahu Campur Pak Tomo via Instagram @demenmakan.indo

Salah satu masakan Madiun yang cukup ternama ini, bisa ditemui di Warung Pak Tomo. Warung ini menyediakan menu khas Jawa Timur. Tapi gado-gadonya disebut-sebut sebagai menu andalannya. Seporsi gado-gado terdiri dari irisan lontong, daun selada, kol, tahu, kentang rebus dan telur rebus disajikan dengan saus kacang yang bertekstur cukup lembut. Tak lupa kerupuk dan emping ditaburkan di atasnya sebagai pelengkap. Gado-gado dan tahu campur yang ada di tempat wisata masakan Madiun ini memang sangat enak sekali dan wajib dicoba Teman Traveler. Warung ini berada di dekat SMA 2 Madiun tepatnya di  Jalan Biliton No.38, Madiun Lor, Mangu Harjo, Kota Madiun dan buka pukul 08.00 – 20.00 WIB.

Gado-Gado dan Tahu Campur Pak Tomo via Instagram @demenmakan.indo

Warung yang ada sejak tahun 80an ini memulai usahanya dengan gerobak. Sekarang, bertransformasi menjadi warung yang cukup besar dan dikenal banyak orang. Meskipun hanya menyediakan menu gado-gado dan tahu campur saja tapi jangan meremehkan rasanya. Dijamin kalian akan ketagihan setelah menyantap nikmatnya sajian di Warung Pak Tomo ini.

Gado-Gado dan Tahu Campur Pak Tomo via Instagram @hendrasudjianto

4. Rawon Chedak Klenteng

Rawon Chedak Klenteng via cool4myeyes

Tempat kuliner di Madiun yang menyediakan menu rawon yang sangat terjangkau harganya ini ternyata juga menjual soto. Rawon merupakan makanan khas dengan kuah yang diberi petis yang rasanya sangat enak dan lezat. Teman Traveler dapat mengunjungi tempat wisata masakan Madiun ini yang berada di Jalan Cokroaminoto di sebelah klenteng, berseberangan dengan gereja. Rawon Chedak Klenteng ini buka di pagi hari saja.

Rawon Chedak Klenteng via Travelingyuk

Rawon yang satu ini kuah hitamnya ini memang selalu menggugah selera. Jika Teman Traveler tidak suka dengan rawon, kalian bisa memesan soto sebagai santapan. Alamatnya berada di Jalan Cokroaminoto yang bersebelahan dengan klenteng.

5. Masakan di Warung Om Breng

Menu Makanan di Warung Om Breng via Instagram @inno_yudha

Salah satu kuliner Madiun yang enak selanjutnya adalah masakan di Warung Om Breng. Tempat ini merupakan kafe tradisional ala Indonesia. Terdapat berbagai menu menyerupai Mie Brengos, Mie Godog, Kwetiau Ayam Klasik, Nasi Ayam Geprek, dan yang menjadi favoritnya yaitu Nasi Gandul. Di sini juga menyediakan beberapa aneka es krim dan minuman klasik menyerupai Es Serut Strawberry, Mojito, dan Es Kling.

Menu Makanan di Warung Om Breng via Instagram @inno_yudha

Mie yang disediakan memang bukan Mie Godog biasa, alasannya yaitu rasanya benar-benar sangat enak dan lezat sekali. Teman Traveler wajib mencoba kafe yang satu ini jikalau berkunjung ke Madiun yang berada di Jalan Jawa No. 11, Kartoharjo, Madiun, Jawa Timur. Dari namanya terlihat lucu untuk sebuah kafe, tapi percayalah Warung Om Breng ini punya tempat yang nyaman dan salah satu tempat makan romantis di Kota Gadis ini.

Itulah ulasan mengenai makanan enak yang patut dicoba oleh Teman Traveler ketika berkunjung ke Madiun. Semoga kalian berkesempatan untuk mencicipinya ya. Selamat berwisata kuliner, Teman Traveler!

Next

ramadan

Mengintip Taman Indah dengan Pendopo Bersejarah di Kediaman Walikota Bandung

Itinerari Bandung-Semeru, Modal 500 Ribu Sudah Puas Hiking Maksimal