in , ,

Mengintip Taman Indah dengan Pendopo Bersejarah di Kediaman Walikota Bandung

Mengintip Taman Indah dengan Pendopo Bersejarah di Kediaman Walikota Bandung

tyimg_9274_ooo.JPG
Gerbang Pendopo Kota Bandung (c) Lina Auliani/Travelingyuk

Jika Teman Traveler bermain di sekitar alun-alun kota Bandung, ada bangunan yang di dalamnya berisi taman yang sangat indah dan wajib di kunjungi. Tempat yang dibuka untuk umum ini ternyata merupakan kediaman Walikota Bandung, namun tidak semua area bisa di akses oleh pengunjung. Taman ini dibuka untuk umum setiap Sabtu dan Minggu. Dengan syarat menitipkan kartu tanda pengenal di bagian security.

Baca juga : Seleb Indonesia Doyan Nge-vlog Traveling, Cerita Liburannya Super Seru

tyimg_9253_jQl.JPG
Tanaman Hijau di Pendopo Kota Bandung yang Asri (c) Lina Auliani/Travelingyuk
tyimg_9262_ejv.JPG
Menara Masjid Raya Bandung Terlihat dari Taman (c) Lina Auliani/Travelingyuk

Lokasi Taman

Beralamat di Jl. Dalem Kaum No.56, Balonggede, Kecamatan Regol, Kota Bandung atau tepatnya di seberang alun-alun. Dari taman ini juga bisa melihat dua menara Masjid Raya bandung yang sangat tinggi. Biasanya taman ini digunakan pengunjung untuk beristirahat atau bersantai menghirup udara segar setelah bermain di alun-alun.

tyimg_9273_San.JPG
Barisan Bendera Merah Putih di Taman Pendopo Kota Bandung (c) Lina Auliani/Travelingyuk

Dari gerbang pintu masuk Teman Traveler akan melihat delapan bendera merah putih yang di kibarkan dan juga satu tiang yang lebih tinggi di tengah lapangan mengibarkan bendera yang lebih besar. Di depan taman juga ada kolam ikan yang berbentuk persegi panjang.

Apa Saja yang ada di Taman?

Selain tempat untuk berelaksasi, di sini banyak spot menarik untuk berfoto. Salah satunya adalah lorong yang ada di sisi taman ini. Lorongnya terbuat dari besi dan diberi cat warna cokelat dan di hinggapi tanaman hijau yang mempercantik. Di ujungnya, Teman Traveler akan menemukan pendopo yang sangat khas dengan budaya Sunda.

tyimg_9266_bXD.JPG
Dua Lonceng di Taman Pendopo Kota Bandung (c) Lina Auliani/Travelingyuk

Bangunan Bersejarah

Pendopo ini diberi penghargaan untuk bangunan bersejarah yang sangat dijaga kebersihannya. Ada yang unik lagi di taman ini, yaitu bisa melihat dua lonceng yang berhadapan secara simetris. Banyak sejarah dan mitos mengenai lonceng ini. Konon lonceng ini akan berbunyi dengan sendirinya jika akan ada bencana alam. Mengejutkan sekali ya? Meskipun sudah berumur 2 abad, pendopo ini sangat terawat dan bersih.

tyimg_9270_jHK.JPG
Taman di Pendopo Kota Bandung yang Bersih dan Asri (c) Lina Auliani/Travelingyuk

Sejarah Pendopo

Menurut sejarah, tempat ini adalah bangunan pertama yang dibangun kawasan alun-alun Bandung pada tahun 1811 dan selesai pada tahun 1812. Ketika sedang dalam pembuatan, Pendopo ini sengaja dibangun menghadap ke Gunung Tangkuban Perahu. Tapi seiringnya berjalan waktu dan semakin banyak bangunan di kota Bandung, saat ini tidak bisa melihat Gunung Tangkuban Perahu dari taman ini.

tyimg_9264_0Ry.JPG
Gong yang Dipajang di Pendopo Kota Bandung (c) Lina Auliani/Travelingyuk

Pendopo ini berbentuk persegi empat dengan alat musik gong di salah satu sisinya. Menurut informasi, gong ini adalah sama dengan yang ada di Museum Konferensi Asia Afrika. Tempat ini biasanya digunakan untuk kegiatan seremonial Pemerintah Kota Bandung atau kegiatan kebudayaan masyarakat. Di balik pendopo ini ada gerbang yang di dalamnya adalah rumah dinas Walikota Bandung.

tyimg_9261_yEP.JPG
Salah Satu Sisi Pendopo Kota Bandung (c) Lina Auliani/Travelingyuk

Jam Operasional

Awalnya Pendopo ini tidak dibuka untuk umum. Semenjak masa jabatan Ridwan Kamil, taman dan pendopo ini boleh di gunakan oleh masyarakat
namun hanya pada hari Sabtu dan Minggu dari pukul 09.00 sampai 12.00 dan pukul 13.30 sampai 17.00. Ketentuan ini sudah berlangsung sejak tahun 2017. Untuk menikmati taman ini pengunjung tidak dikenakan biaya.

tyimg_9260_GOM.JPG
Pemandangan Taman dengan Pendopo Kota Bandung (c) Lina Auliani/Travelingyuk

Tempat ini menarik wisatawan yang datang bukan hanya bermain di rumput sintetis yang ada di Masjid Raya Bandung, tapi juga melihat Pendopo ini yang kaya akan nilai sejarah. Agar menjaga tempat ini menjadi situs bersejarah dan taman yang asri, sebagai pengujung yang baik jangan merusak atau mengotori fasilitas yang ada di sini ya! Next

ramadan
Taman Kilisuci Pare Kediri

Liburan Asik di Taman Kilisuci, Destinasi Asri Pare Kediri

Kuliner Enak di Madiun

Ada Pecel Legendaris, Berikut 5 Tempat Makan yang Enak dan Murah di Madiun