in ,

Makanan Khas Betawi yang Populer Akan Kelezatannya

fi makanan khas betawi

Pasti Teman Traveler sudah tahu kuliner gado-gado yang berasal dari Jakarta, hampir semua orang sangat menyukai salad ala Indonesia ini. Selain itu ada banyak makanan khas Betawi yang populer akan kelezatannya, yuk simak ulasan daftar di bawah ini.

Baca juga : Potret Indonesian Election Heroes, Perjuangan Petugas Pemilu di Berbagai Penjuru Negeri

1. Gado-Gado

gado-gado
Ilustrasi via instagram patriciasari

Pertama ada Gado-gado salad khas Nusantara yang berasal dari Jakarta, namanya mempunyai arti campur aduk dalam bahasa Betawi. Memang makanan sehat ini berisi sayuran rebus seperti kacang panjang, kubis, taoge, wortel, selada, kentang, mentimun lalu ada tempe, tahu, dan telur rebus, kemudian dicampur jadi satu dengan saus kacang gurih nan legit. Disajikan bersama kerupuk, emping serta sambal yang menggugah selera.

Gado-gado khas Betawi bisa Teman Traveler coba di Gado-Gado Cemara, sudah ada sejak tahun 1947. Di sini Teman Traveler dapat mencicipi gado-gado dengan satu porsinya dibanderol Rp 27.000, harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu. Lokasi kedai berada di Jalan Tanah Abang 5 No.36, Gambir RT.13, RT.14/RW.4, Petojo Selatan, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, DKI Jakarta. Jam operasional pukul 08.00-17.30 WIB, buka setiap hari.

2. Soto Betawi

soto betawi
Ilustrasi via instagram jenzcorner

Berikutnya makanan khas Betawi yang terkenal adalah Soto Betawi, memiliki ciri khas tersendiri dengan menggunakan santan, susu dan jeroan sapi atau ayam yang menghasilkan cita rasa gurih dan lezat. Apalagi ditemani dengan nasi serta sambal, emping, dan kerupuk sangat menggugah selera dan mengenyangkan.

Teman Traveler dapat mencoba Soto Betawi yang khas ini di kedai Soto Betawi H. Husein sudah terkenal akan kelezatannya. Satu porsi soto dibanderol Rp 38.000 sudah termasuk nasi. Kedai berlokasi di Jalan Padang Panjang No.6C, Pasar Manggis Setiabudi, Jakarta Selatan, DKI Jakarta. Jam operasional kedai pukul 07.00-14.00 WIB, buka setiap hari kecuali hari Jumat.

3. Kerak Telor

kerak telor
Ilustrasi via instagram csmulia

Kemudian ada Kerak Telor salah satu makanan yang populer di Jakarta dengan ciri khas pedagangnya membawa gerobak panggul. Berbahan dasar telur bebek atau ayam, ebi, beras ketan putih, dicampur bumbu halus seperti kelapa sangrai, cabai merah, kencur, jahe, merica, garam dan gula setelah itu ditaburi bawang merah goreng. Dimasak menggunakan tungku api dan arang sehingga menghasilkan cita rasa gurih dan legit yang khas.

Kuliner kerak telor bisa Teman Traveler temui di sekitar Monas, TMII, Lapangan Banteng dan lainnya. Biasanya satu porsi dibanderol Rp 20.000 sampai Rp 50.000, harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu.

4. Nasi Ulam

nasi ulam
Ilustrasi via instagram beruangrakus

Selanjutnya ada Nasi Ulam yaitu nasi yang dicampur berbagai bumbu rempah yaitu kemangi, lengkuas, serai, daun salam dan sebagainya dengan pilihan kuah atau kering. Ditemani berbagai lauk pauk seperti tahu, tempe, telur dadar, perkedel dan dendeng, juga ada taburan di atasnya dari gerusan bawang merah, ketumbar, jintan, terasi dan cabai. Cita rasanya kaya dan gurih, jangan lupa kerupuknya.

Teman Traveler dapat mencoba kuliner tersebut di Nasi Ulam Misjaya, satu porsinya dibanderol Rp 15.000 sampai Rp 30.000, harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu. Warung berlokasi di Jalan Kemenangan III No.46, RT.10/RW.5, Glodok, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat, DKI Jakarta. Jam operasional warung pukul 16.00-22.00 WIB, buka setiap hari.

Demikian ulasan daftar makanan khas Betawi yang populer, bisa dijadikan referensi makan Teman Traveler. Jangan lupa selalu menerapkan protokol kesehatan. Next

ramadan

Kesegaran Curug Cibaliung Bogor, Air Terjun Cantik Nan Menakjubkan

Small World Purwokerto, Wisata Edukasi Yang Kekinian