in ,

11 Makanan khas Nusa Tenggara Barat dengan Cita Rasa Tak Terlupakan

Makanan khas Nusa Tenggara Barat punya keunikan tersendiri dengan cita rasa yang sulit ditemui di daerah lain.

Makanan khas Nusa Tenggara Barat

Nusa Tenggara Barat (NTB) sudah tersohor di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara dengan wisata alamnya yang indah. Tak heran provinsi ini menjadi surga untuk para petualang. Namun selain itu, NTB juga mempunyai beragam hidangan tradisional yang tak bisa dilupakan oleh pecinta kuliner.

Baca juga : Saatnya Jelajah Pulau Mohinggito, Gugusan Pulau Cantik di Utara Gorontalo

Makanan khas Nusa Tenggara Barat memiliki karakteristik yang mirip dengan hidangan khas Bali karena lokasinya yang memang masih berdekatan dengan Pulau Dewata tersebut. Jika kamu berkunjung ke NTB, sayang rasanya jika tak merasakan langsung kelezatan makanan khasnya. Berikut ini daftar makanan khas NTB yang patut dicoba.

1. Nasi Kotaraja

Kuliner khas NTB
Foto via idntimes

Disebut Nasi Kotaraja karena memang berasal dari Desa Kotaraja. Lauk nasi ini terbuat dari daging sapi goreng yang ditumbuk. Penduduk lokal menyebutnya rarit. Lauk lainnya adalah daging sapi berkuah kental yang nikmat. Biasanya nasi ini juga disajikan dengan kedelai goreng dan sambal.

2. Sate Bulayak

Makanan khas Nusa Tenggara Barat
Foto via idntimes

Sate ini sama seperti sate pada umumnya yang terbuat dari potongan daging sapi atau ayam. Namun yang membedakan adalah sate ini menggunakan bulayak, lontong yang dililit dengan daun aren atau enau sehingga rasanya gurih. Bumbu kacangnya pun juga khas karena mirip dengan bumbu kari yang lebih menonjolkan rasa pedas.

3. Ayam Taliwang

Makanan khas Nusa Tenggara Barat
Foto via makanberame

Satu ekor ayam kampung utuh yang dimasak dengan beberapa macam rempah dan santan membuat rasa ayam taliwang yang lezat tak bisa dilupakan. Gurihnya santan yang meresap ke dalam daging hingga rasa pedas dari cabai merah dan kencur langsung menggoyang lidah. Keunikan sajian ini adalah penggunaan ayam kampung yang masih muda sehingga teksturnya empuk. Ayam Taliwang disajikan dengan cara dibakar.

4. Kelaq Kelor

Kuliner khas NTB
Foto via cookpad

Sayur bening dengan bahan utama berupa daun kelor ini lazim ditemukan di Lombok. Penduduk di sana sering menyajikan sayuran segar ini bersama dengan nasi hangat dan sambal terasi. Rasanya yang ringan menjadi pelengkap untuk hidangan berat seperti ayam taliwang.

5. Nasi Balap Puyung

Kuliner khas NTB
Foto via detik

Sajian ini mungkin bisa disebut nasi campur ala NTB karena penampakannya memang mirip dengan nasi campur. Ada nasi dengan beberapa jenis lauk seperti ayam suwir, kentang kriuk, ayam goreng, kacang panjang, dan abon sapi. Nasi ini merupakan hidangan khas dari Desa Puyung yang umumnya disantap pada pagi hari.

6. Ayam Rarang

Kuliner khas NTB
Foto via lomboknews

Selain ayam taliwang, ada olahan ayam lain yang tak kalah lezat yaitu ayam rarang. Ayam ini menggunakan bumbu pedas yang terbuat dari sambal goreng cabai rawit sehingga warnanya merah pekat. Masyarakat lokal menyebutnya sebagai bumbu plecing. Sajian ini juga menggunakan jenis ayam kampung agar cita rasanya lebih gurih.

7. Sayur Ares

Makanan khas Nusa Tenggara Barat
Foto via merahputih

Tak hanya batang bambu muda yang bisa diolah menjadi masakan lezat. Pelepah pisang ternyata juga bisa menghasilkan makanan enak di NTB yang disebut sayur ares. Batang pisang muda dimasak dengan santan bumbu merah yang dicampur dengan daging atau tulang ayam. Sayur ini juga biasa disebut jukut ares dan biasanya menjadi hidangan favorit saat musim hujan untuk menghangatkan badan.

8. Kelaq Batih

Kuliner khas NTB
Foto via dapursasak

Ini adalah salah satu makanan khas NTB yang terkenal dengan aromanya yang khas. Makanan ini terbuat dari biji buncis yang sudah tua dicampur dengan daun singkong muda. Kuahnya berasal dari berbagai macam campuran rempah-rempah seperti jahe, lengkuas, kunyit, cengkeh, cabai merah, terasi, dan masih banyak lagi. Campuran rempah tersebut yang membuat kelaq batih mempunyai aroma dan rasa khas yang sulit dijelaskan.

9. Beberuk Terung

Kuliner khas NTB
Foto via female

Di setiap daerah Indonesia, pasti ada sambal khas dengan cita rasa yang unik dan lezat. Di NTB, ada sambal beberuk terung. Sambal ini terbuat dari sayur-sayuran segar seperti potongan terung bulat, kacang panjang, tomat, dan disiram dengan cabai merah yang super pedas.

10. Plecing Kangkung

Kuliner khas NTB
Foto via singarajapost

Tak hanya di Bali, plecing kangkung juga menjadi masakan khas NTB. Ciri khusus yang membedakan adalah plecing kangkung Lombok menggunakan tauge dan parutan kelapa muda dengan bumbu pedas dia atasnya. Masyarakat Lombok biasanya menyajikan plecing kangkung untuk dimakan bersama dengan ayam taliwang.

11. Sate Tanjung

Makanan khas Nusa Tenggara Barat
Foto via suarakarya

Biasanya sate terbuat dari daging ayam, sapi atau kambing. Namun sate tanjung terbuat dari ikan Cakalang atau Langoan. Daging ikan tersebut digiling bersama dengan bumbu rempah dan santan. Konon, hanya masyarakat Tanjung asli yang bisa menciptakan rasa khas sate Tanjung karena mereka menggunakan racikan khusus.

Ternyata setiap makanan tradisional khas Nusa Tenggara Barat mempunyai keunikan tersendiri. Hal ini yang membuat banyak wisatawan rindu dengan cita rasanya yang khas dan sulit ditemui di daerah lain. Jadi jangan lupa untuk mencicipi langsung hidangan tersebut saat berkunjung ke NTB. Next

ramadan
Empal Gepuk Khas tanah Sunda memiliki tekstur berserat namun tetap lembut

Nikmatnya Empal Gepuk, Kuliner Paling Populer di Tanah Sunda

Saung Biru

Saung Biru, Tempat Wisata Terbaik Menikmati Keindahan Gunung Karang