in , ,

Taman Olahraga, Spot Mencari Kesegaran di Kota Malang

Taman di Malang
Taman di Malang

Kota Bunga menjadi julukan yang melekat pada Kota Malang, karena hawa yang sejuk membuat berbagai tanaman tumbuh indah di kota ini. Karena banyaknya bunga indah di Malang, membuat Pemerintah Kota Malang mulai menciptakan banyak taman belakangan ini.

Baca juga : Terjadi Lagi Pelecehan Seksual di Dalam Kereta, Simak Tips-tips Menghindarinya

Tapi untuk mengakomodasi kebutuhan dan minat warga, taman di Kota Malang banyak yang menyediakan fasilitas untuk berolahraga. Jadi bisa bersantai di taman tapi tetap bisa sehat dengan olahraga. Taman apa saja dan fasilitas olahraga apa yang tersedia?, yuk kita simak.

1. Dari Basket Sampai Skate Board Ada Di Taman Singha Merjosari

Memanfaatkan lahan kosong untuk dijadikan fasilitas publik seperti taman sangatlah bagus. Sama seperti Taman Singha Merjosari yang berada Jl. Mertojoyo Selatan Kelurahan Merjosari – Lowokwaru ini dulunya adalah lahan kosong, sampai akhirnya pertengahan 2012 dibangun dan diresmikan pada Februari 2013. 

Taman yang sangat luas ini menyediakan banyak fasilitas olahraga, mulai dari jogging track yang panjang, peralatan fitnes, bebatuan tempat refleksi kaki, dan yang paling diminati anak muda adalah lapangan basket dan juga track skate board. Fasilitas olahraga yang lumayan lengkap ini membuat Taman Singha Merjosari ramai setiap pagi dan sore. Selain itu ada fasilitas bermain yang tak dimiliki taman lain, yaitu sepeda udara yang bisa kita naiki sore sampai menjelang malam saja. Fasilitas bermain untuk anak lainnya adalah prosotan, dan ayunan yang berada di bagian barat agak ke selatan ujung taman. Untuk masuk ke area taman kita hanya membayar parkir Rp 2000,- untuk motor dan Rp 5.000,- untuk mobil.

2. Taman Slamet Tersembunyi Di Kawasan Elit

Permukiman elit Ijen ternyata menyimpan taman yang bisa digunakan untuk bersantai dan berolahraga. Tidak banyak yang tahu kalau di Jl. Slamet Kota Malang sejak dulu ada taman yang diberi nama Taman Slamet, tapi dulu taman ini hanya untuk beristirahat saja. Taman ini mulai populer setelah Pemerintah Kota Malang memperbaikinya. Penambahan fasilitas olahraga juga diberikan di taman ini, Salah satunya adalah alat gym. Selain itu juga disediakan jogging track mengelilingi taman.

Untuk menuju Taman Slamet jika kita dari arah Musium Brawijaya kita cukup belok kiri ke Jl. Slamet sebelum perempatan yang mengarah ke perumahan Idjen Nirwana. Kita bisa ke taman ini pagi atau sore untuk berolahraga. Bahkan malam biasanya tempat ini digunakan kumpul-kumpul pelaku night run dan penggila street workout. Taman yang juga terang dengan lampu di malam hari akan membuat kita nyaman berkumpul atau berolahraga malam. Parkir di Taman Slamet biasanya gratis saat pagi dan siang, tapi akan ada tukang parkir saat malam hari Karcis parkirnya Rp 2.000,- untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil, sama dengan kebanyakan tempat parkir umum lainnya.

3. Merbabu Family Park Yang Sering Disebut Taman Nivea

“Taman Nivea” mungkin biasa kita dengar dari warga Malang kalau ditanya taman mana saja yang bisa untuk olahraga. Banyak yang menyebut seperti itu karena sponsor pembangunan taman ini adalah Nivea. Tapi taman ini sebenarnya bernama Taman Merbabu atau Merbabu Family Park seperti lokasinya yang berada di Jl. Merbabu Kota Malang. Sama seperti Taman Slamet, taman ini juga tersembunyi di balik kawasan mewah Jalan Besar Ijen. Untuk pergi ke taman ini kita cukup berpatokan pada bundaran simpang balapan di depan Politeknik Kesehatan Negeri Kota Malang, di salah satu persimpangan itulah Jl. Merbabu berada.

Sebelum menjadi taman seperti sekarang, Taman merbabu ini cuma sebuah lahan kosong tidak terurus. Sampai akhirnya tanggal 14 Juni 2014 diresmikan penggunaannya setelah dibangun total. Karena namanya Merbabu Family Park, taman ini memang lebih dikhususkan untuk taman bermain, seperti terlihat adanya tempat bermain anak-anak. Tapi lebih dari itu juga disediakan zona olahraga di tempat ini. Di ujung taman terdapat tempat bermain skate board dan juga lapangan tanah untuk bermain sepak bola, tidak ketinggalan jogging track juga ada mengelilingi Malabar Family Park ini.

4. Taman Hutan Kota Malabar

Di area yang sama atau bahkan bisa dikatakan tetangganya Merbabu Family Park, ada kawasan hutan kota bernama Hutan Kota Malabar yang berada di Jl. Malabar. Berbeda dengan taman lainnya yang kebanyakan pembangunannya dimulai dari nol, Hutan Kota Malabar ini sebetulnya sudah ada dari dulu tapi belum begitu indah dan terawat seperti sekarang.

Datang ke Hutan Kota Malabar memang tidak seperti ke sebuah taman pada umumnya, karena tanaman pepohonan tinggi dan rindang mendominasi layaknya sebuah hutan. Tapi perawatan yang baik dan juga disediakan beberapa tempat duduk, taman bunga, dan lampu-lampu yang menyala waktu malam membuat tempat ini juga biasa disebut Taman Hutan Kota Malabar.

Fasilitas utama tempat ini sebetulnya murni sebagai tempat pembelajaran tentang tanaman, karena di dalamnya juga ada Rumah Kompos tempat pembuatan pupuk dari bahan organik. Tapi seiring waktu dan minat pengunjung yang semakin meningkat datang ke tempat ini, pemerintah memperbaiki fasilitas yang ada, salah satunya dibangun track berpaving yang bisa kita gunakan untuk jogging atau sekedar berjalan-jalan sehat. Ada sedikit tips, jika kita datang ke sini alangkah baiknya motor dititipkan di Taman Merbabu karena lebih aman. Next

ramadan

Deburan Ombak bak Jamur Melingkar di Watu Gebros Malang

Air Terjun Coban Jodo

Mencari Jodoh Terindah Di Coban Jodo