in , , , ,

Berinteraksi Langsung dengan Rusa Timor di Maliran Deer Feeding Blitar

Di Maliran Deer Feeding Blitar, kamu bisa berinteraksi langsung dengan para rusa di sebuah kandang yang sangat besar. Nggak perlu takut, rusanya jinak!

Maliran Deer Feeding Blitar

Rusa Timor atau disebut juga sebagai Cervus Timorensis, merupakan salah satu jenis rusa endemik Jawa, Bali, dan Timor. Untuk melihat kawanan binatang ini secara langsung, Teman Traveler bisa berkunjung ke Maliran Deer Feeding yang berada di kota Blitar, Jawa Timur.

Baca juga : Pantai Tanjung Bira Bulukumba, Pesona Keindahan ala Maladewa

Tepatnya di Jatilengger, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar. Lokasi penangkaran rusa dapat dijangkau dengan mudah karena letaknya yang dekat dengan jalan raya.

Bisa berinteraksi langsung dengan rusa di Maliran Deer Feeding Blitar

Maliran Deer Feeding
Berfoto dengan rusa (c) Reezumiku/Travelingyuk

Di Maliran Deer Feeding, kamu bisa berinteraksi langsung dengan para rusa. Pasalnya, para pengunjung bisa masuk ke kandang yang luas. Kamu bisa mendekati secara langsung hewan-hewan tersebut. Memberi makan hingga foto bersama rusa yang menggemaskan, bisa banget dilakukan.

 Memberi makan rusa

Rusa merupakan golongan hewan pemamah biak dengan makanan berupa daun-daunan dan beberapa jenis buah. Biasanya, Rusa Timor akan makan bagian pucuk tumbuhan, daun muda, maupun batang muda. Jika ingin mereka mendekat, Teman Traveler bisa membawa makanan tersebut untuk diberikan kepada rusa.

Maliran Deer Feeding
Memberi makan rusa dengan sayur kangkung (c) Reezumiku/Travelingyuk

Tak perlu khawatir susah payah membawa dari rumah, karena di area penangkaran sudah ada penjual makanan rusa. Warung-warung terdekat menjual kacang panjang dan sayur kangkung khusus bagi pengunjung yang ingin memberi makan rusa. Harga satu ikatnya adalah sekitar Rp2.000. Rusa sangat menyukai sayuran tersebut dan akan langsung berkerumun melahapnya.

Rusa di Maliran Deer Feeding Blitar ramah

Bagi beberapa orang apalagi anak-anak, mungkin akan sedikit merasa takut untuk mendekati hewan yang satu ini. Apalagi bila baru pertama kali melihat rusa secara langsung. Sebab, tanduknya terlihat kokoh dan lancip serta tubuh Rusa Timor yang cukup besar. Gerakan rusa juga cepat ketika merespon makanan yang ada di sekitarnya.

Maliran Deer Feeding
Bercengkrama dengan kawanan rusa (c) Reezumiku/Travelingyuk

Namun, rusa di Maliran Deer Feeding cenderung bersahabat dan tidak menyerang orang. Hewan ini sering diam mematung di tempat dalam waktu beberapa menit sambil mengeluarkan suara-suara khasnya. Kamu dapat berinteraksi dengan hewan tersebut tanpa perlu khawatir. Anak-anak bahkan bisa mendekat hingga menyentuhnya dengan aman ketika rusa sedang diam.

Penangkaran Rusa di Blitar
Rusa Timor (c) Reezumiku/Travelingyuk

Biasanya, rusa hanya akan mendekati orang-orang yang membawa daun atau sayur yang merupakan makanan kesukaan mereka. Jadi, jika masih takut atau belum terbiasa, jangan membawa makanan ke dalam kandang terbuka. Dengan begitu, Teman Traveler dapat menikmati suasana sekitar dengan lebih nyaman.

Penangkaran Rusa di Blitar
Memberi makan dari dalam pagar (c) Reezumiku/Travelingyuk

Jika belum berani masuk ke kandang, melihat dan memberi makan rusa dengan pembatas pagar juga tidak bisa. Dengan begitu, kamu dapat beradaptasi dengan tingkah laku Rusa Timor sebelum memberanikan diri masuk ke dalam kandang terbuka.

HTM Maliran Deer Feeding Blitar

Maliran Deer Feeding
Berfoto dengan Rusa Timor (c) Reezumiku/Travelingyuk

Maliran Deer Feeding berada di kawasan perhutani RPH Sumberingin. Tiket masuknya seharga Rp10.000 per orang dan Rp2.000 untuk parkir kendaraan. Sudah tersedia pula beberapa warung makan bagi pengunjung yang ingin mengisi tenaga sebelum berkeliling hutan dan area penangkaran yang luas.

 Mengenal Rusa Timor lebih jauh

Penangkaran Rusa di Blitar
Rusa sedang makan daun-daunan (c) Reezumiku/Travelingyuk

Habitat asli rusa adalah di dataran terbuka yang merupakan padang rumput. Rusa membutuhkan semak-semak tinggi untuk berlindung atau pepohonan untuk berteduh. Maka dari itu, penangkaran rusa di kota Blitar
ini dibuat semirip mungkin, yaitu pekarangan yang luas tempat rusa bisa berlarian bebas dengan beberapa sudut yang ditumbuhi semak-semak.

Penangkaran Rusa di Blitar
Kawanan rusa yang makan dedaunan (c) Reezumiku/Travelingyuk

Selain makan, rusa juga butuh banyak minum. Apalagi di cuaca panas dan kering, mereka sering berkubang di parit-parit atau wadah yang disediakan pengelola. Jadi, kamu mungkin akan menjumpai kulit dan bulu si rusa yang penuh lumpur.

Rusa Timor hewan asli Indonesia yang Dilindungi

Penangkaran Rusa di Blitar
Rusa Timor adalah hewan yang dilindungi (c) Reezumiku/Travelingyuk

Rusa Timor adalah hewan asli Indonesia, termasuk juga Rusa Bawean, Sambar, dan Menjangan. Bulu-bulunya berwarna cokelat kemerah-merahan, ada pula yang abu-abu kecokelatan. Rusa jantan memiliki tanduk yang panjang dengan masing-masing tiga cabang berujung lancip.

Maliran Deer Feeding
Memberi makan rusa timor (c) Reezumiku/Travelingyuk

Hewan ini dilindungi oleh pemerintah Indonesia. Di penangkaran rusa Blitar sendiri, pengunjung akan menjumpai rusa-rusa yang diberi identitas berupa nomor di bagian teligannya.

Selain tentunya tempat yang cocok untuk menghabiskan waktu liburanmu, Maliran Deer Feeding Blitar juga tepat untuk kamu yang ingin mengajak serta buah hati berwisata edukasi. Next

ramadan

Written by Reezumiku

Penulis adalah kontributor lepas di travelingyuk.com

Aspire Park di Doha Qatar

Aspire Park, Taman di Qatar dengan Pemandangan Gedung Pencakar Langit

MRT Singapura

Nyaman dan Mudah Keliling Singapura Naik MRT