in ,

5 Martabak Manis Legendaris Indonesia dengan Kelezatan Tiada Dua

Legit Manisnya Selalu Punya Tempat di Hati Pecinta Martabak! Kamu pernah coba yang mana?

Terang bulan atau martabak manis memang menjadi salah satu jajanan Indonesia yang memiliki berbagai macam pilihan rasa yang sangat menggoda. Martabak manis menjadi salah satu street food yang paling diincar oleh wisatwan asing yang mengunjungi Indonesia. Terdapat berbagai martabak manis yang sudah tidak muda lagi namun masih tetap memberikan cita rasa lezatnya kepada penggemar. Berikut 5 martabak manis legendaris Indonesia yang ada di berbagai daerah. Apakah ada yang di daerahmu?

Baca juga : Pantai Tanjung Kuako di Pulau Seram, Keindahan Pantai Berbatu dan Hamparan Lautan Biru

1. Martabak Air Mancur Bogor, Sejak 1993

Martabak Air Mancur Bogor via Instagram @kulineraladewis

Sudah berjualan secak 27 tahun yang lalu, Martabak Air Mancur yang terletak di kawasan Bogor ini selalu menyediakan martabak telur maupun manis yang sangat enak. Namun kini pilihannya lebih bervariasi yakni keju, tiramisu, jagung susu hingga nutella yang lezat. Lokasinya berada di Jalan Jendral Sudirman No 64, Bogor Tengah, Bogor. Satu porsi kenikmatannya mulai dari harga Rp55.000.

2. Martabak Bangka Acau 89, Sejak 1989

Martabak Bangka Acau 89 via Instagram @kokokuliner

Seperti namanya, martabak ini berasal dari Bangka. Lokasi kedainya bisa Teman Traveler kunjungi di Jalan Soekarno Hatta No 9, Pangkal Pinang, Pulau Bangka. Martabak yang tebal begitu lembut menyapa lidah. Kelezatannya yang sudah menginjak tahun ke 31 ini selalu memiliki tempat tersendiri di hati penggemarnya. Satu porsi Martabak Bangka sudah bisa Teman Traveler nikmati mulai dari harga Rp17.000 hingga Rp38.000.

3. Martabak Thien-thien Lay Semarang, Sejak 1981

Martabak Thien-thien Lay via Instagram @oviprita

Tidak jauh berbeda dengan Martabak Bangka yang berasal dari Bangka, Martabak Thien-thien Lay yang berlokasi di Jalan Thamrin, Kota Semarang ini juga memiliki tekstur yang mirip bahkan hampir sama. Hal ini disebabkan pemilik dari kedai ini juga berasal dari Bangka. Kelembutan Martabak Thien-thien Lay selalu dirindukan. Martabak legendaris dan paling tua di Semarang ini bisa dinikmati dengan mengeluarkan uang mulai dari Rp50.000 hingga Rp135.000.

4. Martabak Pecenongan 65A, Sejak 1980-an

Martabak Pecenongan 65A via Instagram @henhenhenhens

Martabak Pecenongan 65A disebut-sebut sebagai salah satu pelopor martabak yang ada di Jakarta. Sesuai dengan namanya, jajanan manis ini dapat Teman Traveler jumpai di Jalan Pecenongan Raya No 65A, Pecenongan, Jakarta. Awalnya hanya menjual berbagai macam martabak manis klasik, kini Martabal Pecenongan 65A juga menjual martabak dengan berbagai macam toping mulai dari green tea hingga nutella. Kelezatannya tidak akan membuat Teman Traveler kecewa.

5. Martabak Encek Bogor, Sejak 1975

Martabak Encek Bogor via Instagram @kulinersamacici

Terakhir merupakan martabak yang paling tua dari beberapa list yang ada di atas. Martabak yang satu ini lebih istimewa karena pembuatannya yang masih sederhana, bahkan proses pembuatannya pun masih menggunakan bahan bakar arang. Manis dan legitnya martabak buatan Pak Encek ini bisa Teman Traveler temukan di Jalan Suryakencana, Bogor mulai dari harga Rp40.000 hingga Rp60.000.

Salah satu jajanan khas Indonesia ini bahkan sudah ada yang memiliki cabang di daerah lain, sehingga tidak perlu pergi jauh untuk merasakan kelezatan satu porsi kelezatan martabak. Namun, ada juga yang tidak memiliki cabang sehingga Teman Traveler harus langsung mencicipi kelezatan lelehan keju dan coklat martabak di tempatnya. Apakah salah satunya ada yang dekat dengan rumah Teman Traveler? Next

ramadan

Jawa dan Luar Jawa, Bumbu Indomie Ternyata Berbeda!

Ini Syarat Naik Kereta dan KRL di Era New Normal!