in , ,

Masjid Agung Al Hidayah Malang, Megah dengan Gaya ala Turki

Ngabuburit Asyik di Masjid Agung Al Hidayah Malang

Masjid Agung Al Hidayah
Masjid Agung Al Hidayah (c) Bayu Eka Novanta/Travelingyuk

Masjid Agung Al Hidayah di Malang termasuk unik. Sebab arsitekurnya benar-benar mirip dengan masjid di negara-negara timur tengah. Begitu masuk, akan merasa seperti sedang jalan-jalan ke Al Aqsa di Palestina, Agung Sultan Qaboos di Oman, atau Hagia Sophia di Istanbul.

Baca juga : The Best Boutique Hotels in Dago, Bandung

Teman Traveler bisa menemukan masjid epik ini di Jalan Karangan, Desa Donowarih, Karangploso, Malang, Jawa Timur. Tak hanya luarnya, interior bangunan ibadah ini juga cukup mewah.

Megahnya Masjid Agung Al Hidayah di Jalur Malang-Batu

Bagian luar masjid (c) Bayu Eka Novanta/Travelingyuk

Masjid Agung Al Hidayah dibangun sejak 2009 dan mengusung gaya arsitektur ala Turki. Di sekujur dinding masjid, Teman Traveler akan menemukan deretan ornamen khas negara Eurasia tersebut. Berada di tepi jalan jalur Malang-Batu, banyak orang kerap mampir untuk beribadah maupun sekedar melihat kemegahan destinasi Malang ini.

Kerap Dipadati Pengunjung

Dinding dengan jendela berukuran besar (c) Bayu Eka Novanta/Travelingyuk

Memasuki bulan puasa seperti sekarang, jumlah pengunjung masjid kian meningkat. Foto-foto apik yang beredar di media sosial juga turut menggugah minat masyarakat datang ke sini. Apalagi lokasinya berada tepat di jalur wisata, hingga banyak kendaraan berplat luar kota sering mampir di sini.

Makam Cucu Sunan Kalijaga

Jamaah saat hendak sholat berjamaah (c) Bayu Eka Novanta/Travelingyuk

Masjid apik ini terdiri dari dua lantai dan mampu menampung kurang lebih 1.000 jamaah. Lokasinya jadi satu dengan Yayasan Al-Hidayah. Teman Traveler bisa menemukan makam Mbah Kyai Ismail, pendiri yayasan tersebut. Menurut kabar dari warga sekitar, beliau merupakan cucu ke-14 Sunan Kalijaga.

Tempat Ngabuburit Asyik

Terlepas dari bentuknya, bangunan ini tak ubahnya seperti masjid lainnya. Warga sekitar kerap datang untuk melakukan ibadah berjamaah di sini. Pengelola juga sering mengadakan beragam kegiatan bernuansa Islami, terutama di bulan Ramadan.

Bagi Teman Traveler yang tengah mencari tempat ngabuburit sekaligus beribadah, tak ada salahnya berkunjung ke Masjid Agung Al Hidayah. Habiskan waktu sembari jalan-jalan menikmati indahnya bangunan ibadah dengan arsitektur ala timur tengah nan megah. Next

ramadan
Vintage Vibes Store

Inspirasi Spot di Vintage Vibes Store, Lokasi Tak Biasa Bisa Instagenic Juga

Nikmatnya Sajian di Kedai Bakwan Surabaya

Kedai Bakwan Surabaya Nusa Dua, Sekali Icipi Dijamin Ketagihan