in , , ,

Bingung Traveling Kemana di Bulan Puasa? Kunjungi 7 Masjid Berkubah Emas yang Cantik Luar Biasa

Arsitektur masjid yang indah menjadi daya tarik sendiri sehingga fungsi masjid bukan hanya sebagai tempat ibadah saja namun juga berkembang menjadi tujuan wisata religi yang menenangkan hati. Salah satu bagian yang paling menonjol dari suatu masjid terletak pada kubahnya. Banyak masjid yang memiliki kubah keren dan tak sedikit yang mendesainnya dengan kubah emas.

Baca juga : Bubur Kampiun Khas Sumatera Barat, Perpaduan Legit dan Manis 6 Jenis Bubur

Masjid yang memiliki kubah emas di dunia ini jumlahnya terbatas. Banyak orang yang bermimpi untuk bisa merasakan beribadah di dalam masjid yang megah seperti itu. Untungnya salah satu masjid berkubah emas ada di Indonesia yaitu Masjid Dian Al Mahri di Depok. Dikumpulkan Travelingyuk berikut 7 masjid kubah emas yang bisa traveler kunjungi untuk tur religi selama bulan Ramadan.

1. Masjid Dian Al Mahri, Indonesia

Masjid berkubah emas bisa traveler jumpai di dalam negeri tepatnya berada di daerah Meruyung, Limo, Depok, Jawa Barat. Masjid ini berdiri megah dengan 5 kubah yang berlapis emas 18 karat. Masjid yang dimaksud ini tidak lain adalah Masjid Dian Al Mahri yang juga lebih dikenal dengan nama Masjid Kubah Emas. Untuk traveler ketahui bahwa warna emas pada kubah masjid ini adalah emas asli bukan pewarnaan cat.

Masjid Dian Al Mahri, via instagram
Masjid Dian Al Mahri, via instagram

Ketebalan emas di masing-masing kubah Masjid Dian Al Mahri ini sekitar 2-3 milimeter. Selain kubahnya yang dilapisi emas bentuk kubahnya sendiri mengundang decak kagum lantaran bentuknya mengadaptasi dari bentuk kubah Taj Mahal. Bukan hanya kubah tempat imam yang ada di dalam masjid pun tak luput dari lapisan emas. Melihat dari luar saja sudah membuat semua orang terpana apalagi masuk ke dalamnya dan beribadah di masjid ini.

2. Masjid Sultan, Singapura

Melipir ke negara tetangga Singapura, ada satu masjid di negara ini yang juga memiliki kubah emas yaitu Masjid Sultan. Masjid Sultan ini tergolong unik pasalnya bagian kubah masjid adalah bangunan tambahan setelah sebelumnya hanya berbentuk atap limasan bersusun tiga yang melambangkan masyarakat Jawa, Melayu dan Bugis. Masjid Sultan bisa traveler jumpai di kawasan Little India yang memang dihuni oleh banyak pemeluk agama Islam.

Masjid Sultan, via instagram
Masjid Sultan, via instagram

Masjid Sultan adalah masjid terbesar di Singapura sekaligus satu-satunya masjid di sana yang diperbolehkan mengumandangkan adzan. Ukuran masjid ini lumayan besar dan mampu menampung sekira 5 ribu jemaah. Setelah mengalami renovasi Masjid Sultan kini memiliki arsitektur bangunan berbentuk Ghotik Mughal. Lihat saja betapa indahnya masjid ini dilihat dari halaman depan.

3. Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin, Brunnei Darussalam

Melompat ke negara Brunnei Darussalam di sana juga ada masjid megah dengan kubah emas yang indah. Adalah Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin, rumah ibadah yang sekaligus menjadi ikon wisata terpopuler di negara mini ini. Menara masjid ini dibuat dari marmer sedangkan kubahnya terbuat dari lapisan emas asli.

Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin, via instagram
Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin, via instagram

Satu hal yang paling ikonik dari Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin di pusat kota Bandar Seri Begawan ini adalah keberadaan perahu kerajaan yang ada di depan masjid. Yap, masjid nan megah ini berada di tepi sungai dimana terdapat jembatan dengan ujung perahu kerajaan yang membuatnya jadi makin ikonik. Lebih menarik lagi saat menilik bagian dalam masjid, bukan hanya berisi ruang salat yang luas dan nyaman namun ada pula ruang makan yang disediakan untuk pengunjung non-muslim. Sehingga turis non-muslim sekalipun bisa berkunjung dan mengapresiasi keindahan Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin ini.

4. Masjid Jame’ Asr, Brunnei Darussalam

Tak salah memang menjuluki Brunnei Darussalam sebagai negara kecil yang kaya setidaknya hal ini bisa dilihat dari masjid-masjidnya yang megah bahkan di dalam negara kecil ini ada dua masjid yang memiliki kubah emas. Masjid pertama tentu saja Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin yang begitu tersohor sedangkan masjid berikutnya yang sama-sama memiliki kubah emas adalah Masjid Jame’ Asr.

Masjid Jame’ Asr, via instagram
Masjid Jame’ Asr, via instagram

Masjid Jame’ Asr dibangun pada pertengahan tahun 80-an sebagai upaya memperingati 25 tahun Sultan Hassanal Bolkiah berkuasa. Masjid ini sering juga disebut dengan Masjid Bandar Seri Begawan. Bangunannya memiliki 29 kubah dalam berbagai ukuran yang dilapisi dengan emas murni 24 karat. Lokasi bangunan ini bisa traveler temukan di tengah sebuah taman yang asri yang menempati lahan seluas 2 hektar.

5. Masjid Sunehri, Pakistan

Selanjutnya kita terbang agak jauh ke negara tetangga India, yaitu Pakistan. Negara yang juga mayoritas penduduknya beragama Islam ini punya satu masjid yang menjadi kebanggaan warganya yaitu Masjid Sunehri. Masjid yang dibangun pada tahun 1753 ini memiliki 3 kubah yang masing-masing dilapisi oleh emas. Maka hampir sama dengan kasus Masjid Dian Al Mahri di Indonesia, Masjid Sunehri ini disebut juga sebagai Masjid Emas.

Masjid Sunehri, via instagram
Masjid Sunehri, via instagram

Masjid Sunehri terletak di daerah Lahore. Arsitekturnya sendiri mendapat pengaruh yang kuat dari gaya Sikh yang begitu glamour. Tampilan luar Masjid Emas di negara pecahan India ini makin cantik dengan hadirnya 4 menara setinggi 54 meter. Tidak jauh dari masjid terdapat salah satu bazaar tertua di negara tersebut bernama Kashmiri Bazaar. Nah pas tuh kalau berkunjung ke sana traveler bisa sekalian belanja.

6. Masjid Qubbat As Sakhrah, Israel

Masjid Qubbat As Sakhrah atau lebih dikenal dengan nama Dome of Rock ini berada di Yerussalem, Israel, sebuah kawasan yang hingga sekarang masih menjadi sengketa antara negara tersebut dengan Palestina. Bangunan ini berhadapan dengan Masjid Al Aqsa namun banyak yang percaya bahwa Dome of Rock inilah tempat pijakan Nabi Muhammad SAW saat melakukan Mi’raj.

Masjid Qubbat As Sakhrah, via instagram
Masjid Qubbat As Sakhrah, via instagram

Masjid Qubbat As Sakhrah menjadi bangunan penting bagi dua agama yakni Islam dan Yahudi. Bagi umat Yahudi keberadaan pelataran batu di dalam bangunan dipercaya sebagai lokasi Nabi Ibrahim melakukan perintah kurban. Bangunan Dome of Rock berbentuk oktagonal atau persegi delapan dengan kubah cantik berwarna emas.

7. Masjid Al-Askari, Irak

Masjid berkubah emas yang terakhir berada di Irak tepatnya di kota Samarra. Nama masjid tersebut adalah Masjid Al-Askari dan menjadi salah satu masjid Syiah yang dianggap paling suci di dunia. Umur masjid ini sudah sangat tua dimana pembangunannya dilakukan pada tahun 944 masehi.

, via instagram
Masjid Al-Askari, via instagram

Masjid Al-Askari memiliki kubah dengan 72 ribu lapisan emas. Sayangnya traveler tidak bisa melihat kubah emas yang megah dari masjid ini sebab lebih dari separuh bangunan masjid ini telah roboh akibat tidak langsung dari invasi Amerika Serikat ke Irak pada tahun 2006 silam.

Itulah masjid -masjid di dunia yang memiliki kubah emas. Mungkin kamu sudah pernah mengunjungi salah satu masjid yang indah di atas? Next

ramadan

Written by Alfri

Aku orangnya suka traveling terutama menjelajahi tempat-tempat yang belum banyak dijamah para turis.

Mencekam atau Menenangkan? Taman Hiburan di Inggris Punya Semua Wahananya!

Tips Nyaman Berpuasa Sambil Traveling ke Luar Negeri