in , ,

Keraton Surakarta dan Mata Air Awet Muda

Keraton Solo
Keraton Solo
img_6002_w69.JPG
Suasana dikawasan keraton Kasunanan Surakarta. Foto Bayu

Berwisata atau berkunjung ke Surakarta, kurang lengkap rasanya jika tidak mengunjungi tempat wisata bersejarah. tempat heritage yang menjadi salah satu jujukan di kota Surakarta ini ialah Keraton Kasunanan Surakarta.

Baca juga : Belajar Keberagaman Budaya Bersama 5 Suku Pedalaman di Indonesia

Selain sebagai wisata bersejarah, saat ini Keraton Kasunanan Surakarta juga memiliki museum dengan beragam koleksi yang bisa disaksikan oleh wisatawan. Di museum, wisatawan dapat melihat benda bersejarah peninggalan keraton.

img_6007_qRK.JPG
Wisatawan berfoto dengan prajurit keraton. foto Bayu 

Lokasi keraton ini mudah ditemukan, karena terletak di pusat Kota Solo. Tepatnya di Kelurahan Baluwarti, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta. pertama datang kesini, kamu akan menjumpai bangunan seperti teras pendopo berwarna biru. di sini, ada beberapa orang mengenakan baju merah-merah dengan membawa pedang, mereka adalah prajurit keraton. Berbeda dengan prajurit yang umumnya sering terlihat di televisi dengan wajah yang serius, di sini, prajuritnya ramah-ramah dan banyak wisatawan yang antre untuk berfoto dengan para prajurit ini.

img_6087_hYC.JPG
Wisatawan berada di kawasan museum. foto Bayu

Setelah melewati prajurit keraton, perjalanan dilanjutkan dengan menyusuri kawasan luar keraton hingga menemukan tempat bagi wisatawan untuk melihat barang peninggalan keraton. jaraknya tidak terlalu jauh, berkisar 200m, dan di sepanjang jalan banyak pedagang. mereka berjualan mulai makanan hingga kerajinan tangan yang dapat dijadikan buah tangan.

img_6080_fru.JPG
Wisatawan berada di dalam kawasan museum Kasunanan Surakarta. Foto Bayu

tak lama setelah melewati kawasan luar keraton, wisatawan akan menjumpai loket masuk ke dalam museum keraton. Setiap pengunjung atau wisatawan akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 10.000,00 untuk melihat berbagai peninggalan bersejarah ini.

img_6015_sxt.JPG
Suasana salah satu ruangan di museum keraton. foto Bayu

Setelah melewati pemeriksaan tiket, wisatawan akan melihat bangunan lama dengan pemandangan rindang. setiap ruangan yang ada di kawasan ini menyimpan barang-barang yang berbeda. berbagai barang yang ada antara lain peralatan dapur, kereta kencana, keris dan berbagai senjata pada zaman dahulu.

img_6012_Be1.JPG
Dandang yang merupakan salah satu perlengkapan dapur biasa digunakan untuk acara keraton. foto Bayu

Bukan hanya barang-barang khas keraton, ada juga beragam jenis lainnya seperti meriam. meriam ini juga berada disalah satu ruangan museum, yang lokasinya tak jauh dari kereta kencana.

img_6023_QXO.JPG
Meriam yang ada di museum keraton. foto Bayu

Di halaman ruangan-ruangan museum ini, terdapat mata air yang disebut sumur Sanga. Sumur ini terletak dibawah pohon beringin dan dipercaya dapat membuat awet muda.

img_6036_vLk.JPG
Sumur Sanga yang ada di kawasan keraton. foto Bayu

Tak jarang wisatawan yang mampir ke sumur ini. tetapi walaupun wisatawan dapat mendekati tempat ini, ada larangan bagi wisatawan untuk mandi di sumur ini. Sumur ini dijaga oleh seorang yang akan membantu wisatawan yang hendak mengambil air. 

img_6033_FP3.JPG
Sumur sanga yang ada di kawasan keraton. foto Bayu

Bagaimana? Sudah ada rencana menyusuri kawasan keraton atau mencoba air yang dipercaya membuat awet muda di Keraton yang dibangun pada perkiraan tahun 1745 ini? Next

ramadan
kawah sikidang dieng

Negeri Atas Awan, Wisata Alam di Kawah Sikidang Dieng

Penambangan Belitung

Sejarah Penambangan di Open Pit Nam Salu Belitung