in , , ,

Mata Air Mudal Wonosobo, Rasakan Kesegarannya Sembari Melihat Puluhan Ikan Koi

Mata Air Mudal Wonosobo

Jika mendengar nama Wonosobo, sebagian besar orang pasti langsung teringat dengan Dataran Tinggi Dieng. Kawasan tersebut memang menjadi tempat wisata paling terkenal di Wonosobo. Namun, daerah yang berada di Jawa Tengah ini masih menyimpan destinasi wisata lain yang tak kalah memesona dibanding Dieng. Salah satunya Mata Air Mudal di Wonosobo.

Baca juga : Eksotisme Pantai Sedahan Gunung Kidul, Serasa Pantai Pribadi

Umbul Mudal Slukatan menjadi tempat favorit bagi para pendaki untuk melepas lelah ini mempunyai pemandangan yang memanjakan mata. Inilah pesona Umbul Mudal Slukatan yang wajib dikunjungi bagi para pecinta alam.

Mata Air Mudal Wonosobo dari pegunungan dengan puluhan ekor ikan koi

Mata Air Mudal Wonosobo
Umbul Mudal Slukatan [sumber gambar]

Tak seperti tempat wisata lainnya yang banyak diubah, kolam pemandian Mata Air Mudal di Wonosobo ini dibiarkan alami tanpa banyak perubahan mencolok. Suasana dingin akan langsung terasa, karena lokasinya berdekatan dengan Gunung Bismo yang berada di ketinggian 2365 mdpl. Kolam air sedalam 1-2 meter di tengah hutan ini sangat jernih dan dipenuhi puluhan ikan koi dan ikan emas.

Mata Air Mudal Wonosobo
Umbul Mudal Slukatan [sumber gambar]

Pengunjung yang hobi berenang pasti akan langsung tergoda masuk ke dalam kolam untuk merasakan kesegaran Mata Air Mudal. Berendam di kolam bersama ikan-ikan cantik dengan menikmati hutan yang asri akan menjadi pengalaman tak terlupakan. Namun pengunjung yang tak bisa berenang masih bisa menikmati keindahan alam di kolam pemandian ini dengan berjalan di atas pohon tumbang di tengah kolam dan berinteraksi dengan ikan-ikan.

Mata Air Mudal Wonosobo
Umbul Mudal Slukatan [sumber gambar]

Wisata Mata Air Mudal ini juga dekat dengan air terjun. Hanya dengan berjalan kaki selama beberapa menit, pengunjung akan menemukan air terjun indah. Suara gemericik air terjun akan membuat siapa saja yang mendengarnya merasa rileks dan tenang.

Fasilitas di kolam pemandian

Mata Air Mudal Wonosobo
Umbul Mudal Slukatan [sumber gambar]

Awalnya, fasilitas di kolam pemandian ini masih minim. Tak banyak tersedia lampu penerangan di malam hari. Namun kini, fasilitas di Umbul Mudal Slukatan sudah cukup memadai. Ada toilet dan lahan parkir. Di sekeliling kolam juga banyak pedagang sehingga pengunjung tak perlu takut kelaparan setelah berenang. Pengunjung pun tak dipungut biaya tiket masuk. Pengunjung cukup membayar tarif parkir sepeda motor Rp 2.000.

Waktu terbaik berkunjung ke Mata Air Mudal

Mata Air Mudal Wonosobo
Umbul Mudal Slukatan [sumber gambar]

Meski tak ada jam buka dan tutup, sebaiknya pengunjung datang pada pagi hingga siang hari. Pagi jam 07.00 WIB adalah waktu yang tepat berkunjung ke kolam pemandian ini karena pemandangan kolam akan semakin indah berpadu dengan langit yang cerah. Pengunjung juga bisa datang di siang hari. Saat matahari terik, tubuh akan menjadi segar setelah berendam di sumber Mata Air Mudal.

Lokasi dan rute menuju Umbul Mudal Slukatan

Mata Air Mudal Wonosobo
Umbul Mudal Slukatan [sumber gambar]

Pemandian mata air alami ini berlokasi di Slukatan, Mojotengah, Kabupaten Wonosobo, Provinsi Jawa tengah. Jaraknya 11 kilometer dari Wonosobo yang bisa ditempuh dalam waktu sekitar 30 menit menggunakan sepeda motor. Dari Wonosobo, pengunjung bisa melewati Jalan Honggoderpo lalu ke Jalan KH. Ahmad Dahlan. Selanjutnya, belok kiri ke Jalan Bismo lalu menuju Jalan Raya Mojotengah hingga sampai di pertigaan Ponpes Al-Anwar. Kemudian belok kiri hingga masuk ke jalan pedesaan yang mengarah ke kolam pemandian.

Liburan bernuansa alam memang menjadi obat mujarab untuk menenangkan badan dan pikiran. Bagi yang sedang merencanakan liburan bersama keluarga atau orang tersayang, Umbul Mudal Slukatan bisa menjadi pilihan yang tepat. Air kolam yang sejuk dikelilingi hutan hijau sayang untuk dilewatkan. Next

ramadan
pegunungan di mekkah jadi hijau

Pertama Kali, Pegunungan di Mekkah Berubah Jadi Hijau

kurir pengantar mie di Jepang

Melihat Foto-Foto Kurir Pengantar Mie di Jepang, Tak Kalah Tangguh dengan Pelayan di Restoran Padang