in , , ,

Mendaki Bareng Pasangan, ke Gunung Ini Saja!

Gunung Prau, Destinasi Tepat untuk Mendaki Bareng Pasangan

Mendaki Bareng Pasangan
Mendaki Bareng Pasangan

Bagi kalangan pendaki, Gunung Prau sudah tidak asing lagi. Apalagi bagi pemburu matahari terbit. Keindahan alamnya menakjubkan, legkap dengan lanskap deretan gunung cantik di Jawa Tengah. Siapapun tergoda dengan keindahannya. Nah, Teman Traveler ada rencana untuk mendaki bareng pasangan? Tentu saja Prau bisa jadi pilihan. Apa alasannya? Berikut penuturan dari Kontributor Travelingyuk, Mohammad Guruh.

Baca juga : 5 Tempat Wisata Indah ini Berawal Dari Kebetulan

Pesona Matahari Terbit yang Bikin Jatuh Cinta

Matahari Terbit Gunung Prau (c)Mohammad Guruh/Travelingyuk
Matahari Terbit Gunung Prau (c)Mohammad Guruh/Travelingyuk

Gunung yang memiliki tinggi 2.565 mdpl ini masuk wilayah dataran tinggi Dieng, Wonosobo. Terdapat delapan jalur resmi untuk bisa sampai puncak. Namun dari banyaknya jalur, namun hanya dua yang umumnya dilalui pendaki, yaitu Patak Banteng dan Dieng. Keduanya tak pernah sepi karena akses yang mudah, terutama jika datang dari arah terminal Mendolo, Wonosobo.

Gunung Prau juga sering dijadikan rekomendasi buat para pendaki pemula, tujuannya adalah menyaksikan langsung matahari terbit yang begitu memesona dengan lanskap pemandangan Gunung Sumbing dan Sindoro.

Pendaki Jomblo (Dokumen : Pribadi)
Pendaki Jomblo (c)Mohammad Guruh/Travelingyuk

Romantisme Mendaki di Gunung Prau

Membawa Pasangan,Terasa Pendakian Yang Romantis (Dokumen : Pribadi)
Mendaki Gunung dengan Pasangan (c) Mohammad Guruh/Travelingyuk

Gunung manapun jika mendaki bersama pasangan, pastinya lebih romantis. Saling membantu membawakan beban selama perjalanan bisa menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Apalagi ketika sudah sampai di puncak. Rasa bangga dan bahagia bakalan dirasakan oleh siapapun orangnya. Menyaksikan langsung penampakan matahari terbit di puncak Gunung Prau juga menjadi momen terindah yang dilaluinya berdua. Tentu saja pengalaman tersebut akan menjadi momen yang paling romantis

Jalur Pendakian yang Menyenangkan, Bahkan untuk Pendaki Pemula

Ini Bukti Aku Ajak Kamu Kesini (Dokumen : Pribadi)
Keindahan alam puncak Gunung (c) Mohammad Guruh/Travelingyuk

Waktu normal perjalanan dengan rute Pos Patak Banteng adalah 2 sampai 3 jam. Sementara dari jalur Dieng bisa sampai 3 sampai 4 jam dalam hitungan waktu normal. Keduanya memang favorit dengan karakter track yang berbeda. Jika ingin cepat sampai bisa memilih rute Patak Banteng, namun kondisi track-nya menanjak. Jika santai dan tidak terburu-buru, pilihlah rute Dieng.

Mendaki Gunung Prau tidaklah berat. Tentu pastikan persiapan dengan matang. Belum lagi pemandangan alam selama perjalanan. Sangat manjakan mata.

Pendaki Cantik Gunung Prau (Dokumen : Pribadi)
Pendaki Cantik Gunung Prau (c)Mohammad Guruh/Travelingyuk

Transportasi Menuju Pos Pemberangkatan

Menikmati Alam Yang Sungguh Indahnya (Dokumen : Pribadi)
Menikmati Alam Yang Sungguh Indahnya(c) Mohammad Guruh/Travelingyuk

Terminal Mendolo Wonosobo sering dijadikan titik kumpul para pendaki dari berbagai daerah. Di Terminal tersebut terdapat tempat istirahat sementara sebelum melanjutkan perjalanan menuju pintu pendakian. Bukan hanya pendaki Gunung Prau, Terminal Mendolo merupakan tempat berkumpulnya para pendaki Gunung Sumbing dan Gunung  Sindoro. Dari terminal, dilanjutkan menggunakan Micro Bus jurusan Dieng dengan tarif Rp20.000 per orang. Nanti sang supir akan mengantarkan para pendaki ke pos Patak Banteng ataupun ke Pos Dieng.

Beli Carica untuk Oleh-oleh

Manisan Buah Carica
Manisan Buah Carica (c) Mohammad Guruh/Travelingyuk

Carica adalah sejenis buah pepaya yang pohonnya hanya bisa tumbuh dan berkembang di beberapa tempat, salah satunya dataran tinggi Dieng. Buah Carica yang tumbuh subur di Dieng ini diolah menjadi manisan. Lelah mendaki, Teman Traveler bisa mencoba makanan satu ini. Harganya cukup terjangkau, berkisar dari Rp15.000 – Rp35.000, tergantung jumlah dan ukuran. Bisa juga loh dijadikan sebagai oleh-oleh.

Bagaimana, sudah siap untuk mendaki bareng pasangan ke Gunung Prau? Selain menyiapkan peralatan mendaki, jangan lupa jaga stamina agar tetap bugar selama perjalanan. Jangan lupa abadikan momen matahari terbitnya ya! Next

ramadan

Written by Mohammad Guruh

Penulis adalah kontributor lepas di travelingyuk.com

Villa di kuta dengan private pool.

Villa dengan Private Pool di Kuta Dibawah 1 Juta, Liburan Romantis Tanpa Bikin Boros

Wisata di Pulau Wangi-wangi Wakatobi

Destinasi Wisata di Pulau Wangi-wangi Wakatobi, Tempat untuk Suku Bajo Lebih Dalam