in , ,

Melihat Kehidupan bawah laut, Aqwa Aquarium Underwater di Perth Australia

Aqwa Aquarium Underwater keindahan ubur-ubur dan binatang laut lain

Melihat Kehidupan bawah laut, tidak hanya tentang ikan-ikannya tapi juga terumbu karang yang cantik dan hewan lainnya. Aqwa Aquarium Underwater yang bisa dikunjungi saat berlibur ke Perth, Australia Barat adalah Aqwa.

Baca juga : Museum of Modern Art (MoMA) Sempat Disebut dalam Avengers Infinity War, Ini Faktanya

Dengan slogannya “The Aquarium of Western Australia”, anda akan dibawa untuk menyelami kehidupan di aquarium raksasa ini. Penasaran? Yuk simak ulasan berikut ini.

1. Lokasi

20180524_123905_ZbO.jpg
Aqwa nampak depan (c) Bernadette Riri/Travelingyuk

Aqwa berada dekat Hillary Boat Harbour tepatnya di 91 Southside Dr, Hillarys Western Australia. Lokasinya yang berada di pinggiran laut menampakkan pemandangan kapal-kapal berjajar. Aqwa buka setiap hari dari jam 10.00 – 17.00 waktu setempat dan hanya tutup saat perayaan Natal. 

Harga tiket untuk dewasa $30, $18 untuk anak-anak dan gratis untuk anak di bawah tiga tahun. 

20180524_140309_L7p.jpg
Pemandangan laut dilihat dari Aqwa (c) Bernadette Riri/Travelingyuk

2. Koleksi

20180524_130148_45H.jpg
Ikan Gobbleguts dan Sausage Zoanthid (c) Bernadette Riri/Travelingyuk

Aqwa memiliki koleksi hewan-hewan laut Samudera Selatan yang bersuhu air dingin hingga koleksi terumbu karang tropis di Far North. Aqwa merupakan perusahaan swasta didedikasikan untuk menghasilkan keajaiban dan rasa hormat terhadap kehidupan laut Australia Barat. 

Setelah pintu masuk Teman Traveler akan menuruni tangga, seakan-akan dibawa ke dalam lorong menuju bawah laut. Dengan replika ikan hiu di langit-langitnya dan dinding yang dibuat seolah-olah bebatuan goa. 

20180524_124233_KX7.jpg
Replika hiu di langit-langit (c) Bernadette Riri/Travelingyuk

Semakin masuk, Teman Traveler akan tiba di terowongan kaca yang akan dikelilingi oleh ikan-ikan yang berenang di atas, kanan dan kiri. Disini akan melihat hiu, belut moray, ray elang selatan atau biasa disebut sebagai ikan terbang karena bentuk samping badannya seperti sayap, kakap merah muda, dan beberapa jenis ikan lainnya.

20180524_124915_5sM.jpg
Ikan-ikan berenang diantara batu karang (c) Bernadette Riri/Travelingyuk

Setelah selesai dengan area terowongan yang berisi ikan-ikan berukuran agak besar. Teman Traveler akan diajak menaiki anak tangga untuk menilik hewan-hewan laut, terbagi ke dalam aquarium-aquarium yang lebih kecil.

Salah satu yang menarik perhatian warna kontras dengan birunya air dalam aquarium, adalah ubur-ubur. Teman Traveler, berhentilah paling lama disini dibandingkan dengan aquarium lainnya, karena menikmati pergerakan dari para ubur-ubur ini sangat menakjubkan.

20180524_130230_gqd.jpg
Ubur-ubur atau jellyfish (c) Bernadette Riri/Travelingyuk

Selain ubur-ubur, ada juga lionfish warna dan bentuknya memukau, tapi merupakan ikan berduri berbisa yang bisa menghasilkan luka tusuk menyakitkan. Di area ini, Teman Traveler juga bisa menemukan bintang laut dalam beberapa warna hingga terumbu karang warna warni dan anemon

20180524_131610_qLn.jpg
Lionfish atau ikan singa (c) Bernadette Riri/Travelingyuk

Bahkan juga akan menemukan Crocodylus Porosus atau yang lebih dikenal dengan buaya muara. Buaya ini hidup di sungai-sungai dan dekat laut sehingga mempunyai nama lain sebagai buaya air asin, buaya laut ataupun nama-nama lokal lainnya. 

20180524_130755_lQS.jpg
Buaya muara yang sedang diam dalam air (c) Bernadette Riri/Travelingyuk

3. Aktifitas

20180524_124907_tLw.jpg
Aktifitas belajar anak-anak yang berkunjung (c) Bernadette Riri/Travelingyuk

Selain melihat lebih dekat seperti apa kehidupan bawah laut, Aqwa Aquarium Underwater juga menjadi sarana belajar bagi anak-anak. Mereka bisa melakukan pengamatan berupa bentuk maupun dari gerakan para hewan laut tersebut.

Keterangan dari tiap hewan juga sudah dituliskan di dinding-dinding aquarium, mulai dari nama, besarnya populasi hingga tempat asal. Bahkan di beberapa aquarium disediakan kaca cembung yang diletakkan di luar aquarium.

20180524_131048_kAC.jpg
Kaca cembung untuk memperbesar ukuran (c) Bernadette Riri/Travelingyuk

Bisa juga digerak-gerakkan sehingga kita bisa melihat hewan maupun terumbu karang di aquarium dalam ukuran yang lebih besar. Selanjutnya, Teman Traveler juga bisa menonton video mengenai hewan-hewan laut ini di ruang audio visual. Bahkan, bisa melihat video dokumenter mengenai awal mula dibangunnya tempat ini. 

20180524_131926_1r6.jpg
Layar untuk memberitahu video apa yang sedang diputar di ruang audio visual (c) Bernadette Riri/Travelingyuk

Dan salah satu aktifitas yang ditunggu-tunggu oleh sebagian besar pengunjung Aqwa adalah aktifitas memberi makan hewan-hewan laut ini. Tentu saja ini ditempatkan di kolam khusus yang berada di bagian belakang.

Akan ada salah satu petugas Aqwa yang membawa makanan untuk hewan laut dan masuk ke dalam kolam. Biasanya anak-anak akan sangat antusias terlibat dalam aktifitas yang satu ini. Teman Traveler juga bisa mencoba memberi makan ikan-ikan ini, bisa melihat jadwal jam pemberian makan ini di dekat pintu masuk Aqwa.

20180524_132725_HTD.jpg
Salah satu petugas memberi makan ikan (c) Bernadette Riri/Travelingyuk

4. Underwater Gallery

20180524_140200_qTj.jpg
Pintu masuk Underwater Gallery (c) Bernadette Riri/Travelingyuk

Dari kolam, digunakan untuk memberi makan ikan selanjutnya ada ruangan lain jangan sampai terlewatkan. Tempatnya memang agak terpisah dari bangunan utama dan harus menuruni anak tangga menuju ‘Underwater Gallery‘. 

Di dalamnya terdapat lukisan bermacam-macam koral yang menakjubkan. Saat berada disini sudah ada peringatan di dinding, agar menjaga suasana tetap hening. Suasana di area galeri ini memang lebih tenang dan lebih sepi pengunjung dibandingkan dengan bangunan utama. 

20180524_134026_Avv.jpg
Lukisan koral (c) Bernadette Riri/Travelingyuk

Terdapat aquarium yang sangat besar dapat dilihat. Sambil duduk kita bisa rileks memandangi ikan-ikan berenang diantara terumbu karang yang memukau. Musik rileksasi juga diputar di ruangan ini sehingga akan benar-benar merasakan melihat pemandangan bawah laut menenangkan.

20180524_134034_Mal.jpg
Pengunjung yang duduk menikmati ikan-ikan berenang (c) Bernadette Riri/Travelingyuk

Walaupun ada sekat di dinding kacanya, ini merupakan satu aquarium besar menyambung. Juga bisa melihat salah satu petugas Aqwa, sedang memeriksa terumbu karang. Karena tentu saja terumbu karang ini sangat penting terhadap rantai makanan dan merupakan pengendali jumlah karbondioksida di dalam lautan. 

20180524_135819_001_InK.jpg
Petugas yang sedang memeriksa terumbu karang (c) Bernadette Riri/Travelingyuk

Tidak hanya melihat kehidupan bawah laut saja, tapi Aqwa juga mengajak untuk menyayangi dan menghormati hewan-hewan dan makhluk hidup tersebut.

Jangan membuang sampah di lautan dan jangan merusak terumbu karang demi ekosistem yang terjaga. Jika Teman Traveler ingin melihat betapa cantiknya mereka, mampirlah ke Aqwa Aquarium Underwater ya! Next

ramadan

Sindu Kusuma Waterpark, Wahana Bermain Air Seru di Sleman

Ronde Titoni

Ronde Titoni, Kuliner Malang Terenak untuk Habiskan Malam