in , , ,

Kuliner Wajib Saat Kamu ke Garut!

Pertama kali ke Garut? Hal utama yang harus Teman Traveler lakukan adalah menjelajahi kuner kota Garut. Kota yang  memerlukan waktu 4 jam ini dari kota Jakarta ini, menawarkan banyak makanan lokal. Apa saja makanan yang bisa Teman Traveler cicipi di sini?

Baca juga : New Thai Tanic, Pertama di Singapura Suguhkan BBQ Seafood yang Ditangkap Sendiri

1. Rumah Makan Asep Stroberi

Nasi Liwet Asep Stroberi (c) Amadea Novie/Travelingyuk

Rumah makan ini memiliki beberapa cabang di pusat kota Cirebon. Menu khasnya adalah nasi liwet. Teman Traveler bisa pilih menu paket atau nasi liwetnya saja. Selain itu juga ada jus stroberi yang enak banget. Bisa Teman Traveler coba tanpa susu atau dengan susu. Kisaran harganya pun tak terlalu mahal.

Pilihan menu di Nasi Liwet Asep Stroberi (c) Amadea Novie/Travelingyuk

Misalnya kalau kamu ambil paket saja, bisa dimakan berdua dan tersedia komplit hingga lalapan, mendoan, dan tahu. Sambal yang disajikan pun sangat nikmat. Teman Traveler juga bisa tambah sayur supaya makin nikmat. Nasi liwetnya juga disajikan di dalam ceruk, jadi tambah wangi dan bumbu rempah-rempahnya sangat pas. Ada tambahan menu ikan juga melengkapi menu paket liwet Teman Traveler. 

2. Rumah Makan Cibiuk

Rumah Makan Cibiuk (c) Amadea Novie/Travelingyuk

Kalau rumah makan ini, cocok sekali untuk keluarga. Teman Traveler bisa makan lesehan sambil menikmati pemandangan. Tempatnya luas, Teman Traveler bisa pilih tempat makan di saung atau di restorannya. Di pintu masuk juga ada supermarket kecil yang berisi cemilan dan kue lokal. Ada juga nasi liwet instan yang bisa dibawa pulang untuk oleh-oleh. 

Dessert lezat (c) Amadea Novie/Travelingyuk

Menu andalan di sini adalah sambal cibiuknya yang super enak. Ada juga ayam bambu dan gurame cibiuk yang juga cocok dimakan bareng nasi liwet khas Garut. Satu lagi menu yang harus Teman Traveler coba, yaitu es krim kelapa yang berisi jeli, durian, dan kelapa. Dessert yang super enak! Restoran ini juga memiliki beberapa cabang dan semuanya berada di pusat kota Garut. 

3. Mie Bakso Mulang Sari

Mie Bakso Mulang Sari (c) Amadea Novie/Travelingyuk

Bagi penikmat bakso, Teman Traveler harus cobain Mie Bakso Mulang Sari. Sama halnya dengan namanya, setiap porsi disajikan dua mangkok. Satu berisi mie dengan pilihan mie asin atau mie yamin, satu lagi berisi bakso dengan pilihan pangsit, bakso urat atau bakso halus dan bakso tahu. Banyak menu pilihan sesuai selera. Misal Teman Traveler hanya mau bakso kecil saja atau bakso campur. Lokasinya tersebar di beberapa tempat, seperti di IBC, Ahmad Yani, atau Siliwangi.

4. Mie Bakso Parahyangan

Mie Bakso Parahyangan (c) Amadea Novie/Travelingyuk

Kalau mie bakso ini super duper enak. Sayangnya hanya punya cabang di Garut, yaitu depan persis Pasar Ceplak. Mienya enak banget dan komplit. Ada siomay, bakso, dan pangsitnya. Sama dengan Mie Bakso Mulang Sari, juga satu porsi menyajikan dalam dua mangkok. Yang satu berisi mie ayam yang super besar, yang satunya lagi berisi bakso yang besar-besar. Dijamin kenyang!

Saat Teman Traveler berkunjung ke Garut, jangan lupa untuk mencicipi salah satu kuliner di atas ya! Next

ramadan

Menjelajahi Tempat Wisata dan Kuliner Di Kota Blitar dengan Jalan Kaki, Berani?

Eksotisme Danau Lau Kawar Kala Itu