in

Deretan Menu Lezat Khas Sulawesi Selatan yang Nggak Boleh Sampai Terlewatkan

Saat kamu traveling ke kota tertentu, jangan sampai melewatkan menu-menu khas dan spesialnya. Karena liburan ke sebuah tempat atau kota yang baru nggak akan lengkap rasanya jika kamu belum mencoba menu-menu khas mereka.

Baca juga : Kuliner Jakarta di Kolong Jembatan Busway, Kesukaan Food Vlogger Ria SW

Nah, Sulawesi Selatan punya banyak menu kuliner istimewa yang terkenal lezat. Jadi akan sayang banget kalau kamu sampai melewatkannya begitu saja. Inilah beberapa menu lezat khas yang perlu kamu coba saat berkunjung ke Sulawesi Selatan.

1. Coto Makassar

Nama Coto Makassar memang sudah banyak didengar di luar kota Makassar bahkan hingga luar pulau Sulawesi. Bahkan kamu mungkin sudah sering menemukan deretan rumah makan dengan menu Coto Makassar di tempat-tempat tersebut. Tapi, nggak akan lengkap rasanya kalau kamu belum mencicipinya dari kota asalnya sendiri.

Coto Makassar [via instagram account: alvirasaputra]
Coto Makassar [via instagram account: alvirasaputra]
Coto dibuat dari daging sapi yang dimasak dengan berbagai bumbu rempah-rempah. Dagingnya sendiri dimasak cukup lama sehingga menghasilkan tekstur yang empuk. Kelezatan rempah-rempah dan rasa daging sapinya inilah yang membuat siapa saja yang merasakannya pasti akan ketagihan.

2. Sup Konro

Kalau kamu ingin mencoba merasakan sup yang lezat, maka cobalah sup Konro saat berada di Lampobattang. Konro adalah masakan sup iga sapi yang dimasak dengan kuah berwarna coklat kehitaman. Warna kehitaman sup ini berasal dari kluwek yang dicampurkan sebagai bumbu.

Sup Konro [via instagram account: adelheid_anna]
Sup Konro [via instagram account: adelheid_anna]
Supnya kaya rempah sehingga menghasilkan cita rasa yang benar-benar menggugah selera. Awalnya masakan ini dibuat dalam bentuk sup berkuah yang lezat. Tapi sekarang juga sudah ada versi keringnya yaitu Konro Bakar, iga sapi yang dibakar dengan bumbu khas konro. Hmm… Sedap!

3. Nasu Palekko

Penggemar menu pedas juga nggak perlu khawatir saat berkunjung ke Sulawesi Selatan. Di sini, ada menu lezat dengan sensadi pedas yang menggugah selera yaitu Nasu Palekko. Rasa pedas dan lezat dari bumbunya dijamin akan membuatmu ketagihan!

Nasu Palekko [via instagram account: 555hx]
Nasu Palekko [via instagram account: 555hx]
Nasu Palekko dibuat dari daging bebek. Bagian tubuh yang digunakan biasanya terdiri dari potongan leher, dagign, serta jeroan. Makanan ini berasal dari Kabupaten Sidrap dan Pinrang. Jadi langsung saja meluncur ke sana untuk mencicipi rasa pedas yang lezat dari Nasu Palekko.

 

4. Pallu Basa

Menu Pallu Basa sedikit mirip dengan Coto Makassar dari segi bahan dan cara memasaknya. Yang membedakan adalah bumbunya yang dimasak khusus. Bahan yang digunakan pada Pallu Basa Makassar adalah daging sapi beserta jerohannya seperti hati, usus serta jantung.

Pallu Basa [via instagram account: penjelajah_rempah]
Pallu Basa [via instagram account: penjelajah_rempah]
Selain bahan dan bumbu-bumbu tersebut, Pallu Basa juga diberi banyak tambahan kelapa pada kuahnya. Kamu juga akan menemukan campuran kuning telur ayam kampung mentah di atasnya yang membuat menu ini makin terasa istimewa.

5. Kapurung

Kapurung termasuk makanan tradisional khas Sulawesi Selatan khususnya dari daerah Luwu. Jika dilihat sekilas, bantuknya terlihat seperti lendir. Tapi jangan heran dulu, karena yang terlihat seperti lendir ini adalah hasil dari olahan sagu.

Kapurung [via instagram account: irha_amrie]
Kapurung [via instagram account: irha_amrie]
Kapurung memang dibuat dari tepung sagu. Selanjutnya menu ini dimasak dengan campuran ikan atau daging ayam dengan aneka macam sayuran dengan bumbu-bumbu rempa yang lezat. Meski termasuk makanan tradisional, menu ini sudah mulai terkenal dan banyak dijual di warung-warung, lho. Jadi jangan sampai melewatkan menu unik ini, ya.

Itu tadi cuma sebagian dari banyak sekali deretan menu lezat dari Sulawesi Selatan. Ayo dicatat! Jadi lain kali kamu liburan ke sana, kamu tahu harus mencoba kuliner apa saja.

  Next

ramadan

Pokemon GO! Cara Seru Buat Bermain Sekaligus Traveling!

Kebun Bistro

Makan Siang dengan Suasana Ala Prancis di Kebun Bistro, Ubud