in , , ,

Mengenal La Jument, Mercusuar Paling Berbahaya di Dunia

Mampu Tahan Terjangan Ombak Setinggi 20 hingga 30 Meter, Mercusuar Ini Tidak Hnaya Dinobatkan Paling Berbahaya Tapi Juga Paling Kokoh

Mercusuar merupakan bangunan yang paling penting dalam dunia perlautan karena biasanya bangunan ini digunakan untuk menandai beberapa daerah yang berbahaya. Misalnya saja karang maupun daerah laut dangkal yang berbahaya untuk kapal-kapal besar. La Jument juga dibuat tentu saja dengan alasan tidak jauh berbeda, namun lokasinya mebuatnya menjadi salah satu mercusuar paling berbahaya di dunia. Berikut ulasannya!

Baca juga : Dari Handuk Berbentuk ‘itu’ hingga Kolam Renang Pasir, Ini Hal Aneh yang Ada di Hotel

Lokasi Mercusuar

Mercusuar via Instagram @bayramos86

La Jument merupakan menara yang dibangun pada bagian garis Pantai Brittany, Prancis. Lokasinya berada di salah satu lautan paling berbahaya di Eropa, oleh karena itulah menara ini mendapat gelar sebagai mercusuar paling berbahaya di dunia. Tidak hanya itu, menara ini juga mendapatkan gelar sebagai mercusuar paling kokoh di dunia karena tahan akan gelombang besar dan arus yang kuat.

Alasan dibuatnya La Jument

Kerap Diterjang Badai via Instagram @connectedboat.eu

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, berdirinya mercusuar tentu bukan tanpa alasan yang jelas, begitu pula La Jument. Pada tahun 1888 sampai 1904, lebih dari 30 kapal hilang di wilayah tersebut. Kasus hilangnya kapal itu membuat mercusuar jadi jawaban yang tepat. Sehingga jangan heran jika sempat berkunjung ke Pantai Brittany di Prancis, Teman Traveler akan melihat banyak mercusuar yang berdiri kokoh!

Dibangun pada Abad ke-20

Penjaga Mercusuar via Instagram @connectedboat.eu

Terdapat dua mercusuar yang paling populer yakni Phare de Kereon dan La Jument. Keduanya dibangun pada abad ke-20, namun Le Jument lebih dulu dibuat yakni pada tahun 1904 dan diresmikan 7 tahun setelahnya yakni pada 1911. Selain memperingati pelaut akan bahayanya arus dan bebatuan, namun mercusuar ini juga berfungsi untuk memberikan penerangan kepada pelaut ssaat malam tiba.

Viral Tahun 1989

Diterjang Badai Buruk via Instagram @drewolf83

Pada tanggal 21 Desember 1989, seorang fotografer bernama Jean Guichard secara tidak sengaja memotret Theodore Malgorn yang merupakan penjaga mercusuar. Sang fotografer saat itu datang menggunakan helikopter tepatnya pada saat gelombang besar terjadi yakni mencapai ketinggian dari 20 hingga 30 meter. Hal tersebut membuat Malgorn terpaksa harus bersembunyi di ruang lampu penyorot sembari menunggu datangnya kru penyelamat.

Terbayang nggak kalau Teman Traveler yang berada di posisi Malgorn saat itu? Deburan ombak kencang yang menghantam mercusuar tentu saja membuat penjaga takut. Sehingga tidak heran jika menara ini dinobatkan menjadi salah satu mercusuar paling berbahaya dan kokoh di dunia. Ada yang berani ke sini? Next

ramadan

Catat! Ini 7 Rute Terdekat ke Pantai Klayar dari Luar Pacitan

Kuliner dan Cuci Mulut Lezat di Sentul City Bogor, Pernah Coba?