in , ,

Uniknya Mie Ayam Tunggal, Mangkoknya Bisa Dimakan

Pecinta Mie Ayam wajib merapat nih

Teman Traveler yang ada di Jogja mungkin sudah tidak asing lagi dengan Mie Ayam satu ini. Namanya Mie Ayam Tunggal Rasa Kobar Jaya. Selain memiliki cita rasa yang lezat, kuliner satu ini memiliki keunikan yang jarang kita jumpai pada Mie Ayam lainnya. Mau tahu apa uniknya? Simak ulasan di bawah ini, ya.

Baca juga : Explore Gili Ketapang, Nikmati Keindahan Bawah Laut hingga Sunset yang Menawan

Tak Pernah Sepi Pengunjung

mie ayam tunggal
Ramai pembeli di warung makan (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Warung makan satu ini berada di Kotabaru, Jogja tepatnya di trotoar depan SD Ungaran. Meski memiliki area yang terbatas, warung ini menyediakan tempat duduk di bangku dan juga lesehan tikar. Biasanya, pemilik warung menggelar tikar di trotoar seberang lapaknya dan di depan halaman bangunan tua supaya bisa menampung pelanggan lebih banyak.

Menjelang jam makan siang, mungkin Teman Traveler akan susah untuk mendapatkan tempat duduk karena bisa dipastikan ramai pada waktu tersebut. Oleh karenanya, untuk bisa menikmati makan siang di sini, usahakan datang lebih awal jika tidak ingin antre.

Banyak Menu yang Ditawarkan

mie ayam tunggal
Ada 16 varian menu yang ditawarkan (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Sebelum duduk, Teman Traveler harus memesan menu terlebih dahulu. Terhitung ada 16 macam menu Mie Ayam yang ditampilkan dalam daftar menu. Dari mie ayam yang porsi standar hingga porsi jumbo. Saking banyaknya varian yang ditawarkan, pelanggan sudah terbiasa memesan dengan menyebut nomer urut menunya saja.

mie ayam tunggal
Mie porsi jumbo (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Misalnya nomor 2, berarti pelanggan memesan Mie Ayam Putih Standar Bakso,  lalu nomor 13 yakni Mie Ayam Hijau Jumbo. Nah, penjual beserta staf-nya pun langsung mengerti apa yang dipesan oleh si pelanggan.

Tersedia Dua Warna Mie

mie ayam tunggal
Mie hijau (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Ada dua jenis mie yang digunakan di sini yakni mie putih mie hijau. Menu nomor 1 hingga 8 merupakan mie ayam putih sedangkan nomor 9 hingga 16 merupakan mie ayam hijau. Sedangkan topping yang digunakan terbilang umum seperti bakso, pangsit, ceker, dan kepala ayam. Untuk bisa menikmati Mie Ayam Tunggal ini, Teman Traveler perlu menyiapkan uang mulai Rp9 ribu hingga Rp17 ribu per porsi.  

Mangkoknya Bisa Dimakan

Mangkoknya bisa dimakan (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Selain memiliki mie hijau yang jadi iconic di sini, Mie Ayam Tunggal juga menawarkan keunikan lain yakni mangkoknya yang bisa dimakan. Bukan mangkok dalam arti sebenarnya namun mangkok pangsit yang digunakan sebagai alas mie ayam.

Mangkok pangsitnya yang sangat gurih (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Mangkok pangsitnya memiliki ukuran sebesar mangkok putih yang biasa digunakan untuk Mie Ayam. Untuk rasanya sendiri sangat gurih dengan tekstur yang garing. Bahkan, dimakan seadanya saja sudah sangat nikmat.

Rasanya Menggugah Selera

Mie ayam dan pelengkapnya (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Mie ayamnya disajikan dengan kuah yang segar. Rasa gurihnya berpadu dengan potongan ayamnya yang cenderung manis. Lebih menariknya lagi, di sini Teman Traveler bisa menambahkan Mie Ayam dengan acar dan daun loncang sesuai selera. Bumbu pelengkap juga disediakan untuk memperkaya rasa seperti kecap, sambal, saos, dan merica.

Mie Ayam Hijau porsi standar (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Dengan campuran itu semua, satu mangkok Mie Ayam siap memanjakan lidah. Rasanya nikmat dan mampu membuat mulut tak berhenti mengunyah. Tidak heran, Mie Ayam ini selalu ramai diserbu oleh segala kalangan. Bahkan, banyak yang rela antre untuk bisa menikmatinya.

Lokasi Warung Makan

Bagian depan warung (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Berada di pusat kota, lapak mie ayam ini bisa menjadi alternatif untuk Teman Traveler yang ingin mencari kuliner murah meriah dengan rasa maknyus. Lokasinya berada di Jl. Serma Taruna Ramli, Kotabaru, Jogja.

Kalau Teman Traveler berangkat dari Tugu Jogja, kalian bisa arahkan kendaraan melewati Jl. Margo Utomo menuju Jl. Abu Bakar Ali. Lalu, setelah melewati Gereja Saint Anthony di kiri jalan, belok ke kiri menuju Jl. Serma Taruna Ramli dan arahkan ke SD Ungaran, karena lapak berada di trotoar depan sekolah. Warung tenda ini buka dari pukul 09.00 hingga 17.00 atau sampai habis.

Sensasi makan Mie Ayam beralas mangkok pangsit ini patut dicoba ketika Teman Traveler bertandang ke Jogja. Selain cita rasanya yang lezat dan bikin kenyang maksimal, harganya juga tak bikin kantong jebol. Cocok untuk kalian yang ingin makan enak tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam. Next

ramadan

Written by Annissa NCSaputri

Penulis adalah kontributor lepas di travelingyuk.com

Pantai Sendiki Malang

Pantai Sendiki, Keindahan yang Layak Diperjuangkan

Wisata Bekas Tambang di Indonesia

Wisata Bekas Tambang, Usai Ditinggalkan Justru Makin Cantik