in , ,

Intip Serunya Produksi Mie Lethek, Kuliner Tradisional Khas Bantul

Mie Lethek di Bantul, Jogja

Mie Lethek
Mie Lethek

Pernah dengar mie lethek? Yap, makanan ini merupakan kuliner khas Jogja yang diproduksi di Bantul. Jauh dari hingar bingar perkotaan, pabrik mie ini berada di Bendo, Srandakan. Meski arti nama hidangan ini ‘kotor’, tapi rasanya tiada tara. Bahkan menu tersebut menjadi makanan favorit mantan presiden Amerika Serikat, Barack Obama.

Baca juga : 5 Ide Anti Mainstream Jelang Liburan Natal, Berani Coba?

Lalu seperti apa pula proses produksinya? Dan apakah prosesnya menggunakan mesin modern agar tercipta rasa yang diinginkan? Yuk, intip penuturan dari Kontributor Travelingyuk, MS Fitriansyah yang mengulas tentang kuliner tradisional khas Bantul ini.

Mie Sehat, Tanpa Pengawet

Mie Lethek setelah dipres/ M S Fitriansyah
Mie setelah dipres (c)M S Fitriansyah/Travelingyuk

Pabrik mie di Bantul konon mulai dirintis sejak 1940an. Selama itu pula pabrik tersebut masih bertahan di tengah gempuran mie instan. Keberadaan mie ini memang menjadi pembeda. Dalam proses pengolahan dengan bahan utama tepung tapioka dan singkong. Tentu, sajian ini dijamin aman bagi kesehatan. Hal tersebut dikarenakan proses pembuatannya tanpa dicampur bahan kimia seperti pengawet ataupun pewarna. Keistimewaan ini yang tak dimiliki mie lainnya.

Pengerjaan Masih Konvensional

Sapi sebagai salah satu tenaga pembuatan mie lethek/M S Fitriansyah
Pembuatan mie (c)M S Fitriansyah/Travelingyuk

Tidak ada suara bising berlebihan ketika berada di pabrik ini. Namun, suara sapi, obrolan karyawan, serta sesekali suara mesin pres yang terdengar.  Dalam proses pembuatannya memang masih menggunakan tenaga manusia dan juga seekor sapi.

Mie Lethek Bantul
Mie Lethek Bantul (c) Asnan Affandi

Hewan ini bertugas menarik alat penggiling konvensional yang berbentuk silinder. Tak hanya itu, alat sederhana lain yang digunakan adalah tungku setinggi orang dewasa yang difungsikan untuk mengukus mie.

Roda Perekonomian Warga Sekitar

Beberapa karyawan sedang bekerja/M S Fitriansyah
Beberapa karyawan sedang bekerja(c)M S Fitriansyah/Travelingyuk

Keberadaan pabrik mie di Bantul berdampak pada denyut nadi perekonomian sebagian warga setempat. Meski pabrik tak besar dan karyawan tidak begitu banyak, tetapi keberadaan gudang pembuatan mie ini punya andil yang tak bisa dianggap enteng. Warga sekitar jadi punya penghasilan sendiri dengan bekerja di sini.

Incip Enaknya Mie Lezat di Jogja

Proses penjemuran Mie Lethek Bantul/M S Fitriansyah
Proses penjemuran Mie di Bantul(c)M S Fitriansyah/Travelingyuk

Nah, jika sudah tahu proses pembuatannya, maka tak afdol rasanya kalau belum mencoba menikmati seporsi hidangan ini. Kalau ke Jogja ada beberapa tempat favorit untuk menyantap mie ini. Ada Mie Lethek Kang Sum dan Mie Lethek Bantul Mbak Mendes yang terkenal banget.

Proses pembuatannya tidak hanya rumit, tapi juga cukup lama. Bisa jadi, pekerja di pabrik mie lethek menghabiskan waktu selama dua jam untuk membuat bahan menu ini. Pun demikian, cita rasanya tak perlu diragukan lagi. Bagaimana, apakah mie lethek termasuk kuliner favorit Teman Traveler? Next

ramadan

Written by MS Fitriansyah

Penulis adalah kontributor lepas di travelingyuk.com

Kuliner dengan Gula Merah

Kuliner dengan Gula Merah sebagai Bumbu, Manisnya Pas

Trans Papua Hampir Rampung, Tempat Wisata di Timika Menunggu Kamu Berkunjung