in ,

Mie Ongklok, Khas Wonosobo Yang Bikin Nagih

Kemanapun kita pergi, rasanya belum lengkap jika tak mencicipi kuliner khasnya. Tak hanya wisata alamnya saja yang menjadi primadona Jawa Tengah bahkan Indonesia. Mau ke Dieng Culture Festival atau wisata alam lainnya jangan khawatir untuk makan siang mu. Daripada bingung mau menikmati kuliner apa saat berada di sana? Mending cobain Mie Ongklok aja deh kuliner khas Wonosobo yang legendaris.

Baca juga : Instagenic dan Baru di Jakarta, Cliq Coffee & Kitchen Pas Bagi Penggila Sosmed

Mie Ongklok khas Wonosobo yang bikin nagih siapapun. Foto via instagram @witatourdenpasar

Udara Wonosobo yang dingin memang pas banget untuk menikmati semangkuk mie hangat di Warung Mie Ongklok Longkrak. Perpaduan mie kuning lembut dengan kuahnya yang lezat mampu membangkitkan semangat untuk kembali berkeliling di Dieng. Bukan hanya karena rasanya yang enak, ternyata kedai makanan ini cukup legendaris. Konon, warung tersebut sudah berdiri sejak tahun 1975 dan terkenal sampai negara-negara di Asia. Wah, tidak heran jika antriannya cukup panjang.

Sebenarnya, kuliner satu ini tidak jauh beda dengan lainnya. Bahan utamanya berupa mie kuning lembut yang dimasak dalam panci dengan air yang mendidih. Uniknya, kuah dari makanan khas Wonosobo ini tidak encer melainkan menyerupai karamel. Ternyata, kuah tersebut terbuat dari tepung tapioka yang kenyal dengan bumbu pas. Soal rasa, makanan ini terasa manis, asin serta gurih yang bercampur menjadi satu. Nah, hidangan ini makin nikmat jika dicampur dengan sayur kol serta ditemani sate daging sapi serta tempe mendoan.

Mie Ongklok dengan kekentalan bumbu yang lezat. Foto via instagram @pulle_7

Mie awal mulanya dikenal sebagai makanan yang berasal dari Tiongkok. Menurut sejarah, dahulu saat mie mulai masuk ke Indonesia, lalu dimodifikasi dengan. Bumbu dan rasa khas Nusantara. Nah, salah satu modifikasi adalah mie ongklok Wonosobo ini. Satu porsi mie ongklok wonosobo biasanya disajikan dengan sayuran pelengkap seperti daun kucai, daun kenci, dan kol. Sayuran tersebut dicelupkan kedalam air mendidih selama beberapa detik saja. Nah, cara inilah yang disebut dengan ongklok, karena proses tersebut menggunakan alat yang bernama ongklok atau saringan keranjang kecil dari bambu. Sehingga, sajian ini diberi nama mie ongklok.

Mie Ongklok dengan sate sapi manis yang enak. Foto via instagram @kitchendw80

Untuk proses penyajiannya siapkan mangkuk, masukkan aneka sayur, mie kuning, lalu siram dengan kuah kental serta beri tambahan baceman tahu, suwiran ayam dan tempe. Biar semakin mantap, taburkan juga bawang goreng dan sate ayam beserta bumbu kacangnya. Jadilah semangkuk mie ongklok dengan sejuta kenikmatan. Emang cocok menyantap hangatnya mie ongklok di samping udara Dieng yang dingin. Next

ramadan

Surabaya Dengan Nasi Goreng Jancuknya Yang Pedas Tiada Banding

fi kuliner di bali wajib dicoba

Kuliner di Bali Wajib Dicoba Oleh Turis Mancanegara, Kaya Akan Bumbu Rempah khas Indonesia