in ,

Surabaya Dengan Nasi Goreng Jancuknya Yang Pedas Tiada Banding

Buat kamu yang lagi singgah ke kota Surabaya, rasanya tak lengkap jika tak mencicipi kulinernya. Puluhan makanan khas kota Pahlawan ini dapat kamu temui di berbagai sudut kota. Salah satunya Nasi goreng, mungkin kamu sudah bosan dengan menu makanan berbahan dasar nasi ini. Tapi nasi goreng ini berbeda dengan biasanya, bukan dari bahan olahan namun dari nama yang tak biasa didengar, yaitu Jancuk. Ya, nasi goreng jancuk namanya.

Baca juga : Mie Kocok Enak di Bandung, Cocok untuk Makan Siang

Nasi Goreng Jancuk Yang Pedas di Hotel Plaza Surabaya. Foto via instagram @primebizhotelsurabaya

Biasanya tidak merasa asing dengan kebiasaan masyarakat lokal yang ada kalanya mengucapkan sapaan pada temannya dengan menggunakan kata umpatan yaitu “jancuk”. Kata jancuk yang lumrahnya digunakan untuk mengumpat malah menjadi nama dari sajian khas kuliner kota Surabaya, yaitu Nasi Goreng Jancuk. Salah satu menu andalan andalan Surabaya Plaza Hotel yang berada di Jl. Pemuda No. 31-37 Surabaya.

Menu ini hasil kreasi dari Executive Food and Beverage Manager Surabaya Suit Hotel, Eko Sugeng Purwanto. Pada mulanya chef Eko membuatkan nasi goreng untuk kawan-kawannya, namun cher Eko sengaja menambah jumlah cabai yang dipakai. alhasil, setelah melahap suapan pertama dari nasi goreng tersebut, teman-teman chef Eko dengan spontan mengatakan “jancuk pedes cak”. Melihat reaksi tersebutlah pihak Manajemen Hotel lantas menamai menu makanan kreasi chef Eko dengan nama Nasi Goreng Jancuk.

Nasi Goreng Jancuk porsi sedang per orangan. Foto via pinterest.com

Jika dibanding dengan nasi goreng pada umunya, nasi goreng ini memiliki ciri khas serta keunikan yang berbeda. Nasi goreng ini disajikan dengan vita rasa yang pedas tiada duanya. Namun bagi kamu yang gak doyan pedas, ada varian tingkat level pedasnya. Tak tanggung tanggung untuk level biasa saja nasi goreng ini memakai satu ons cabai setiap porsinya. Namun tak hanya itu, lengkapnya topping membuat nasi goreng tampak ramai dan lezat. Irisan telor dadar, udang, suiran daging ayam, bawang goreng dengan tambahan kerupuk udang dan acar sangat menggoda lidah.

Uniknya lagi, Nasi Goreng Jancuk disajikan diatas penggorengan langsung dengan porsi super jumbo yang dapat dilahap lebih dari 3 orang. Harga yang ditawarkan satu porsi nasi goreng berbintang 4 ini mukai dari Rp. 75.000 atau dapat menikmati sepuasnya nasi goreng jancuk, Mie Jemblung, es teh 1 pitcher dan refil air mineral dengan harga Rp. 350.000 per nett. Dan paket jumbo nasi goreng jancuk komplit untuk 7 orang serta dua pitcher es teh seharga Rp. 450.000.

Nasi goreng Jancuk dimakan rame rame. Foto via Foodgrapher.com

Terkenalnya nasi goreng jancuk ini membuat restoran dan rumah makan lain serta pedagang kaki lima sengaja menirunya menggunakan istilah nasi goreng jancuk namun dijual dengan harga yang lebih murah pastinya. Namun cita rasa jangan disamakan, racikan khas chef hotel memang memiliki cita rasa rempah rempah yang sempurna. Untuk kenyamanan tempat pun jangan ditanya, ruangan resto dengan model kontemporer dihiasi kaca kaca pantul membuat suasana semakin luas dan menyenangkan. Gerahnya suhu Surabaya juga tak terasa dengan hembusan AC yang sejuk dari berbagai sudut ruangan.

Namun sejak pandemi berlangsung, keberadaan restoran Plaza Surabaya Hotel ini sempat ditutup. Namun jangan khawatir bagi kalian yang doyan kuliner, merapatlah dari jam 09.00 hingga pukul 21.00 WIB. Tak hanya nasi goreng jancuk yang menjadi menu andalan. Namun kamu bisa memilih menu makanan model buffe atau prasmanan dengan harga Rp. 100.000 per orang makan sepuasnya. Menu bervariasi mulai dari nasi goreng, nasi putih, ayam kecap, ikan laut, telur, aneka buah, aneka jajanan, dan sebagainya. Next

ramadan

Mie Kedondong, Cita Rasa Outentik Melegenda di Surabaya

Mie Ongklok, Khas Wonosobo Yang Bikin Nagih