in ,

Kuliner di Bali Wajib Dicoba Oleh Turis Mancanegara, Kaya Akan Bumbu Rempah khas Indonesia

fi kuliner di bali wajib dicoba

Masakan nusantara terkenal dengan berbagai macam rempah-rempah, menghasilkan rasa yang kaya serta kuat. Seperti kuliner di Bali ini wajib dicoba oleh turis mancanegara, cita rasa khas Pulau Dewata. Yuk simak ulasan di bawah ini.

Baca juga : Burger Enak dengan Bentuk Kartun di Jogja

1. Lawar

lawar
Ilustrasi via instagram makanber2

Pertama ada Lawar merupakan campuran sayur-sayuran segar dan daging cincang babi atau kulit sapi terkadang dicampur darah dari daging tersebut. Lalu dibumbui bawang merah, putih, cabai rawit, gula merah, garam, terasi dan jeruk limau sebagai sentuhan terakhir. Memiliki cita rasa yang kaya ada asin, manis, pahit, amis, asam dan segar, Lawar juga dijadikan sesajen dalam setiap upacara keagamaan.

Teman Traveler dapat menemukan menu ini di warung Lawar Sapi Odah seporsinya sekitar Rp 20.000, harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu. Warung terletak di Jalan Danau Buyan, Sanur, Denpasar Selatan, Denpasar, Bali, jam operasional pukul 08.00-18.30 WITA, buka setiap hari.

2. Sate Lembat

sate lembat
Ilustrasi via instagram sphera_travel

Berikutnya, Pulau Dewata memiliki beragam kuliner sate salah satunya adalah Sate Lembat. Terbuat dari daging babi, ayam, itik dan daging penyu. Daging ini dihaluskan setelah itu dicampur dengan bumbu-bumbu rempah lalu santan serta parutan kelapa, kemudian dikepal-kepal pada batang tusuk sate dan dibakar. Sate ini juga disajikan saat upacara keagamaan di Karangasem disebut Kreta Semaya.

3. Bebek Betutu

bebek betutu
Ilustrasi via instagram banjarmasinfood

Kemudian ada Bebek Betutu merupakan masakan paling populer terbuat dari daging bebek yang dibungkus pisang dan pelepah pinang lalu ditutup dengan bara api selama 6-7 jam sampai matang. Makanan ini juga sering disajikan pada upacara keagamaan di Bali, memiliki cita rasa nikmat gurih dan pedas.

Bebek Betutu dapat Teman Traveler beli di kedai Ayam Betutu Khas Gilimanuk yang berlokasi di Jalan Raya Tuban No.2X, Tuban, Kuta, Kabupaten Badung, Bali. Satu porsinya dibanderol mulai Rp 23.000 dengan berbagai pilihan lauk pauk lainnya. Jam operasional kedai pukul 08.30-22.00 WITA.

4. Babi Guling

babi guling
Ilustrasi via instagram devililian

Selanjutnya ada Babi Guling atau di Bali disebut Be Guling terbuat dari anakan babi betina atau jantan yang perutnya diisi dengan bumbu rempah dan sayuran seperti daun ketela pohon. Kemudian dipanggang sambil diputar-putar sampai matang. Daging babi guling yang matang akan berwarna coklat keemasan setelah itu dipotong kotak-kotak dan biasanya dimakan bersama lauk pauk lainnya.

Teman Traveler dapat menikmati daging Babi Guling ini pada Warung Babi Guling Candra dengan satu porsinya dibanderol mulai Rp 15.000. Terletak di Jalan Teuku Umar No.140, Dauh Puri Kauh, Kecamatan Denpasar Barat, Denpasar, Bali. Jam operasional 06.00-22.00 WITA, buka setiap hari.

Demikian ulasan daftar kuliner di Bali wajib dicoba oleh turis mancanegara, bisa juga dijadikan referensi Teman Traveler. Jangan lupa selalu menerapkan protokol kesehatan. Next

ramadan

Mie Ongklok, Khas Wonosobo Yang Bikin Nagih

Telaga Bedakah Wonosobo, Keindahan Telaga Di Tengah Hamparan Kebun Teh Yang Bikin Takjub