in ,

Bukan Hanya Cendol, Berikut Minuman Khas Sunda Yang Super Nampol Lezatnya!

Bajigur menjadi minuman penghangat didaerah pegunungan
Bajigur menjadi minuman penghangat didaerah pegunungan

Siapapun akan tahu bahwa cendol adalah minuman khas Sunda. MInuman ini bakal mudah kamu dapatkan dimanapun kamu berada. Minuman yang terbuat dari bahan dasar tepung beras, sagu, hunkwe, daun pandan, serta kuah dari santan dan gula merah ini memiliki rasa yang menggiurkan dengan kesegaran yang khas membuat suasana siang hari mu lebih menyegarkan. Selain cendol kamu akan menemukan berbagai minuman penyegar dahaga khas Sunda. Nah penasarankan, berikut ulasannya.

Baca juga : Parade Kuliner Khas Jambi, Kelezatannya Bikin Nambah Lagi dan Lagi

Bajigur

Minuman hangat satu ini kerap sekali dijumpai didaerah pegunungan. Menginagt tanah sunda didominasi dengan pegunungan yang membentang luas mengharuskan minuman hangat tetap menemanimu ketika cuaca sedang dingin. Bajigur merupakan satu diantara minuman tradisional khas Sunda yang cenderung berasa manis, dengan aroma khas rempah-rempah dari jahe yang dapat menghangatkan tubuh.

Bajigur menjadi minuman penghangat didaerah pegunungan
Bajigur menjadi minuman penghangat didaerah pegunungan. Foto via sukabumiupdate.com

Selain jahe, banyak kandungan dari rempah-rempah alami lainnya yang aman untuk dikonsumsi dan pastinya sangat menyehatkan untuk tubuh.

Bandrek

Tidak jauh berbeda dengan Bajigur, Bandrek terbuat dari perasan jahe dan gula merah yang sangat cocok untuk kamu yang sedang menikmati dinginnya kawasan pegunungan. Minuman khas tanah Sunda ini memiliki aroma yang kuat akan rasa jahe dan tentunya sangat menyehatkan dan dapat menghangatkan tubuh.

Es Doger

Bagi kamu yang berada dipesisir pantau Utara Jawa Barat, pastinya cuaca panas dan suhu siang hari membuat tubuhmu terasa sedikit lebih terbakar. Nah, untuk mengurangi gerahnya tubuh, Es Doger menjadi pilihan paling tepat. Perpaduan dari cincau hitam, susu, tape, pacar cina, dan tambahan sirup yang beraneka warna membuat tubuh terasa lebih menyegarkan.

Es doger minuman penyegar dari tanah Sunda. Foto via rasabunda.com

Uniknya, parutan es batu menjadi topping paling mantap membuat kerongkongan terasa lebih menyegarkan.

Bir

Bir khas sunda minuman kesehatan bagi tubuh
Bir khas sunda minuman kesehatan bagi tubuh. Foto via hariankota.com

Bir identik dengan minuman yang memabukkan. Namun jangan khawatir, minuman bir khas Sunda tidaklah memiliki kandungan alkohol didalamnya. Bir khas Sunda ini terbuat dari kayu manis, secang, cengkeh, kapulaga dan gula merah. Selain baik untuk kesehatan tubuh, minuman ini dapat menghangatkan tubuhmu.

Es Cincau

Mana nih para penggemar Es Cincau. Pastinya sudah paham dong es Cincau ini khas daerah mana? Es Cincau akan selalu menemanimu dimanapun kamu berada. Mulai dari perkotaan hingga pedesaan ada saja yang menjual es Cincau. Selain melegakan tenggorokan ketika siang hari yang menyengat, es ini juga dapat mengatasi gangguan pencernaan.

Es Lilin

Es Lilin merupakan es legendaris kaum 90 an. Keberadaan kali ini mungkin sedikit berkurang karena penjual es lilin mulai beralih profesi dengan pekerjaan yang lebih menguntungkan. Namun bagi kamu yang menemukan penjual es lilin sepertinya sedikit bernostalgia.

Es lilin menjadi es paling legendaris sejak tahun 1954
Es lilin menjadi es paling legendaris sejak tahun 1950. Foto via sweetrip.com

Rasa yang manis dengan bahan dasar santan dan susu ditambah dengan aneka rasa yang menggiurkan apalagi rasa buah-buahan dan ketan hitam menjadi rasa paling diminati

Es Oyen

Minuman ini merupakan es paling melegenda. Bagaimana tidak, es yang buming mulai dari tahun 1954 ini telah menyebar hingga pelosok nusantara. Kamu akan menikmati berbagai campuran dari buah buahan seperti alpukat, kelapa muda, nangka dengan tambahan sirup dan susu kental manis. Lebih menyegarkan lagi parutan es batu menjadi toping paling mantap.

Es Pala

es pala menjadi minuman plaing populer di kota Bogor
es pala menjadi minuman plaing populer di kota Bogor. Foto via pingpoint.com

Bagi kamu yang sedang berkunjung ke kota Bogor, sangat rugi bila tidak mencicipi es Pala. Minuman penyegar ini terbuat dari buah Pala yang diiris tipis-tipis. Kemudian dicampurkan dengan air, gula, juga biji selasih, dan pastinya dicampur dengan buah es batu sebagai penyegar dikala cuaca siang hari yang sangat panas.

Lahang

Meski tak setenar jenis es lainnya yang disebutkan diatas, Lahan adalah salah satu minuman khas Sunda yang terbuat dari Nira atau Sadapan sari Aren. Lahang selain sebagai penyegar dahaga bisa dibuat sebagai obat penderita dehidrasi karena kandungan isotonik yang begitu besar.

Lahang sangat langka ditemukan di perkotaan
Lahang sangat langka ditemukan di perkotaan. Foto via pikiranrakyat.com

Bagi kamu yang ingin mencari minuman Lahang, cobalah untuk memesan langsung pada petani aren. Karena sudah sangat langka untuk didapatkan didaerah perkotaan. Next

ramadan
Awan Panas Guguran kembali menerjang kawasan sektor Tenggara Gunung Semeru sejauh 13 kilometer

Berbagai Foto Pasca Erupsi Gunung Semeru, Tepat Satu Tahun Semeru Terjang Kembali Gladak Perak

Langan Sweet Karangasem menyuguhkan pesona sunset yang sangat memukau

Lahangan Sweet Karangasem, Spot Favorit Menikmati Sunset Diketinggian Karangasem