in , , , ,

Hendak Berwisata ke Danau Toba? Ketahui Dulu Mitos yang Beredar Tentangnya!

Mitos Danau Toba yang Bikin Merinding!

Danau Toba menjadi salah satu daya tarik wisata yang ada di Indonesia. Terletak di Sumatera Utara, wisata ini menjadi danau terbesar di Asia Tenggar. Selain itu, menjadi danau terdalam di dunia yakni hingga 505 meter. Tidak hanya terkenal akan keindahan alamnya, Danau Toba juga populer akan legenda dan mitos yang beredar loh! Penasaran? Yuk simak ulasan berikut ini.

Baca juga : Pulau Weh, Ujung Barat Indonesia dengan Pesona Luar Biasa

Ikan Mas Penunggu Danau Toba

Keindahan Danau Toba via Instagram @visit_indonesia__

Menurut kepercayaan warga sekitar, terdapat sosok ikan yang menjadi salah satu hal yang menyebabkan terbentuknya Danau Toba. Ikan Mas adalah sosok jelmaan yang menjadi wanita cantik, masyarakat percaya bahwa Ikan Mas merupakan binatang yang sakral. Hingga saat ini, Ikan Mas berukuran raksasa itu masih sering terlihat oleh nelayan ataupun warga. Menurut keterangan warga sekitar, terdapat 3 Ikan Mas menghuni Danau Toba yang memiliki ukuran kurang lebih 10 meter. Ikan Mas itu memiliki warna yang berbeda yaitu merah, hitam dan putih. Konon, ikan tersebut merupakan sosok penunggu Danau Toba yang abadi.

Kisah Mistis yang Beredar

Berkeliling Danau Toba via Instagram @rupa.space

Danau Toba memiliki berbagai kisah mistis yang beredar. Mulai dari makhluk usil, kakek tua, hantu muka rata, tangisan yang terdengar dari tengah danau hingga Begu Ganjang yang merupakan makhluk pencabut nyawa. Mitosnya, makhluk ini siap memangsa manusia yang menebang pohon di sekitar danau. Konon katanya, tangisan yang terdengar dari tengah danau merupakan suara dari korban yang tenggelam di danau tersebut. Masyarakat juga percaya bahwa terdapat naga berukuran raksasa yang menjaga danau ini.

Ganggang Hydrilla Berukuran Raksasa

Memiliki Luas Sekitar 1.130km via Instagram @nicholassaputra

Menjadi salah satu danau terdalam di dunia, Danau Toba memiliki berbagai tumbuhan laut di dalamnya, salah satunya adalah Ganggang Hydrilla. Tumbuhan ini ditemukan di dalam danau dengan jumlah mencapai ribuan dan ukuran yang besar. Bahkan, waktu ditemukan tumbuhan ini memiliki panjang hingga mencapai 60 meter! Ganggang Hydrilla dapat menyulitkan penyelam karena bisa melilit tubuh dan membuat penyelam susah untuk naik ke permukaan. Oleh karena itu, menyelam di sekitar danau penuh ganggang ini perlu ekstra hari-hati.

Meskipun banyak hal mengerikan yang terjadi di Danau Toba, tetapi tidak mengurangi keindahan yang ditawarkan loh Teman Traveler! Memiliki hamparan air yang luas membuat Danau Toba terlihat layaknya teluk air asin. Keindahan pegunungan disekitar danau membuat pemandangannya lebih mempesona. Jadi pastikan untuk berkunjung ke sini setelah pandemi virus corona selesai ya. Stay safe! Next

ramadan

Sop Konro Karebosi, Satu Santapan Penuh Kenikmatan!

Lapar Saat Malam? 4 Kuliner Malam Surabaya Ini Bisa Jadi Pilihan Sempurna!