in ,

Inilah 4 Mochi Khas Indonesia, Gak Kalah dari Jepang Lho

Ragam Jenis Mochi Khas Indonesia dengan Rasa Lezat

Mochi Sakura dari Jogja
Mochi Sakura dari Jogja via Instagram mochi_sakurajogja

Mendengar kata mochi, yang terlintas di benak kita mungkin adalah kue khas Jepang dengan tekstur empuk nan kenyal. Well, hal tersebut memang tidak sepenuhnya salah. Namun tahukah sobat traveler bahwa ada beberapa mochi khas Indonesia yang punya rasa dan tampilan tak kalah dari mochi Jepang?

Baca juga : Berkunjung ke Waduk Bajulmati, Raja Ampat Mini di Banyuwangi yang Memikat

Sejumlah mochi khas Indonesia tersebut bahkan sudah lama menjadi oleh-oleh khas andalan daerahnya masing-masing. Karakternya juga sedikit berbeda, tergantung di mana kita membelinya. Penasaran? Berikut Travelingyuk berikan penjelasan selengkapnya.

1. Mochi Bandung (Sukabumi)

Mochi Bandung
Mochi Bandung via Instagram eyizidha_elis

Mirip seperti mochi Jepang, mochi Sukabumi juga memiliki bentuk bulat. Ukurannya relatif kecil dan jika dimakan terasa kenyal. Bahan utamanya menggunakan ketan dan biasanya hadir dalam warna-warna cerah, seperti merah atau hijau.

Bagian dalam mochi Sukabumi diisi adonan kacang. Agar tampilannya semakin manis, biasanya ditaburi gula halus. Bagi yang penasaran, mochi ini juga bisa ditemukan di daerah Bandung dan Bogor.

2. Mochi Cianjur

Mochi Cianjur
Mochi Cianjur via Instagram cemilan_kabayan

Tak cuma di negeri Matahari Terbit, di Jawa pun ternyata juga ada beragam jenis mochi. Dari Sukabumi kita bergerak ke Cianjur. Sama seperti mochi pada umumya, tekstur mochi Cianjur kenyal dan lembut – membuat lidah tak berhenti mengunyah.

Untuk isiannya, mochi Cianjur menggunakan kacang tanah manis yang ditumbuk. Beberapa orang lebih suka mengonsumsinya bersama es krim. Rasanya? Sangat luar biasa nikmat.

3. Mochi Jogjakarta

Mochi sakura
Mochi sakura via Instagram mochi_sakurajogja

Popularitas mochi tak hanya berhenti di Jawa bagian barat, namun juga menyebar hingga ke tengah. Di Jogyakarta bahkan sudah tersedia dalam berbagai varian rasa menarik. Seperti yang ditawarkan di Mochi Sakura, salah satu gerai penjual mochi ternama di Kota Gudeg.

Sakura Mochi menawarkan mochi dengan beragam rasa, mulai dari kacang tanah dan kacang hijau, hingga varian yang lebih terkesan modern seperti strawberry, cokelat, keju, tiramisu, blueberry, coco crunch, dan masih banyak lagi. Kemasannya juga sangat menarik hingga pas dijadikan sebagai oleh-oleh.

4. Mochi Semarang

Mochi Semarang
Mochi Semarang via Instagram dee_fruity

Dari segi bentuk, Mochi Semarang cukup berbeda dibanding mochi Jepang. Sepintas mirip seperti onde-onde karena bagian luarnya ditaburi kacang wijen. Namun jika sudah dimakan, akan terasa tekstur kenyal dan lembut seperti mochi lain pada umumnya.

Mochi Semarang juga hadir dalam bentuk mungil, praktis sekali makan. Isiannya menggunakan adonan campuran kacang dan gula. Jajajan ini sangat cocok sebagai oleh-oleh karena bisa tahan selama hampir seminggu meski tanpa bahan pengawet.

Itulah tadi beragam mochi khas Indonesia yang punya tampilan dan rasa menggoda. Bagaimana sobat traveler, apakah kalian sudah pernah mencoba semuanya? Jika belum, sempatkanlah untuk mencari dan membuktikan sendiri kelezatannya jika kebetulan berkunjung ke kota-kota tersebut. Next

ramadan
Bukit Siguntang

Bukit Siguntang Palembang, Tempat Sambangi Raja-raja Melayu

Taman Nasional Meru Betiri

Taman Nasional Meru Betiri, Menyapa Penyu di Banyuwangi