in ,

Taman Nasional Meru Betiri, Menyapa Penyu di Banyuwangi

Keindahan Alam di Taman Nasional Meru Betiri

Taman Nasional Meru Betiri
Taman Nasional Meru Betiri via Instagram ghinnaa_

Berada di sisi ujung Jawa Timur, Banyuwangi dianugrahi alam dengan keindahan mempesona. Salah satu yang paling terkenal adalah Baluran, dikenal sebagai Afrika-nya Jawa. Namun sebenarnya masih ada destinasi lain yang tak kalah indah, yakni Taman Nasional Meru Betiri.

Baca juga : Kawah Dieng Meletus, Wisatawan Panik dan Helikopter Jatuh

Jika di Baluran pelancong disajikan panorama dan keragaman fauna ala Benua Hitam, maka di Taman Nasional Meru Betiri atmosfernya lebih menyegarkan. Lokasinya berada di dekat garis pesisir pantai dan di sini sobat traveler juga bisa mendapat kesempatan menyapa penyu.

Peninggalan Kolonial

Kawasan Meru Betiri sudah ada sejak lama
Kawasan Meru Betiri sudah ada sejak lama via Instagram wow_java

Selama ini kebanyakan wisatawan lebih sering memikirkan Baluran ketika mendengar kata Banyuwangi. Padahal keindahan Taman Nasional Meru Betiri juga tak kalah memukau. Apalagi eksistensinya ternyata sudah dimulai sejak zaman pemerintah kolonial.

Sejumlah catatan sejarah menyebutkan wilayah di Kabupaten Pesanggrahan ini sudah ditetapkan sebagai kawasan konservasi sejak dulu oleh Belanda. Dengan luas mencapai 580 kilometer persegi, Meru Betiri merupakan rumah dari beberapa satwa langka seperti Harimau Jawa dan Tupai Terbang.

Menyapa Penyu Banyuwangi

Turis memegang penyu
Turis memegang penyu via Instagram emmaglnt

Tak cuma harimau dan tupai, Meru Betiri juga menjadi penangkaran penyu, hewan lain yang juga terancam punah. Jenis penyu yang ada di sini cukup beragam. Mulai dari penyu hijau, zaitun, hingga penyu sisik.

Sesekali pihak Taman Nasional Meru Betiri akan mengadakan acara pelepasan penyu ke laut bebas. Jika beruntung, para pengunjung bisa menyaksikan momen penting ratusan penyu berenang dari pesisir pantai ke lautan lepas. Tentunya akan jadi pengalaman liburan tak terlupakan bukan?

Pantai-Pantai Cantik

Green Bay di Meru Betiri
Green Bay di Meru Betiri via Instagram iharazt

Jika di Baluran wisatawan dimanjakan dengan deretan savana dan pohon-pohon kering nan eksotis, di Meru Betiri para pengunjung bisa menikmati indahnya deretan pantai cantik. Salah satunya adalah Pantai Sukamade, yang cukup populer dan sering jadi jujugan para pelancong.

Selain itu masih ada Pantai Rajegwesi atau biasa disebut Green Bay. Perairannya sangat indah dan panoramanya begitu memanjakan mata. Lokasi ini sempat dipilih sebagai tempat liburan oleh keluarga seleb Dwi Sasono beberapa bulan silam.

Rute Terjal

Rute menuju Meru Betiri cukup menantang
Rute menuju Meru Betiri cukup menantang via Instagram amazingbanyuwangi

Meski sudah ada sejak zaman Belanda, Taman Nasional Meru Betiri baru dibuka untuk umum pada 1982. Namun sayangnya, beberapa jalan menuju lokasi eksotis ini masih belum diaspal halus. Ada yang sedikit bergelombang dan cukup menantang. Jika belum ahli benar dalam mengemudi, ada baiknya datang bersama pemandu.

Itulah tadi sedikit gambaran mengenai keindahan dan daya tarik Taman Nasional Meru Betiri. Jika sobat traveler berencana menghabiskan liburan di Banyuwangi dalam waktu dekat, tak ada salahnya mengunjungi lokasi eksotis ini. Next

ramadan
Mochi Sakura dari Jogja

Inilah 4 Mochi Khas Indonesia, Gak Kalah dari Jepang Lho

Pilihan Hotel Syariah di Malang, Tempat Menginap Nyaman dan Aman