in , , , , , ,

Monumen Bajra Sandhi, Saksi Bisu Perjuangan Rakyat Bali

Saksi Bisu Kini Bicara Mengungkit Masa Perjuangan Masyarakat Bali

psx_20190822_111538_o02.jpg
Arsitektur khas Bali (c) Ariska Sukma/Travelingyuk

Pulau Dewata julukan untuk pulau indah Bali yang menjadi salah satu surga wisata di Indonesia. Memiliki berbagai keindahan dan kekayaan alam dan juga budaya membuat Pulau Dewata menjadi salah satu destinasi wajib wisatawan mancanegara yang ingin berkunjung ke Indonesia.

Baca juga : Dari Tambang Menjadi Tempat Wisata, Taman Bukit Daun Tuban

Selain terkenal dengan wisata alamnya yang mendunia, Bali juga memiliki destinasi wisata sejarah yang sudah tidak asing lagi di telinga Teman Traveler yaitu Monumen Bajra Sandhi yang merupakan sejarah perjuangan rakyat Bali. Seperti apa bangunan candi ini?

Letak Candi

psx_20190822_111513_r1O.jpg
Minggu Pagi di Penataran Candi (c) Ariska Sukma/Travelingyuk

Terletak di Jalan Raya Puputan Renon, No. 142, Panjer, Denpasar, Bali, tepat di depan Kantor Gubernur Provinsi Bali. Jika dari Bandara Internasional Ngurah Rai membutuhkan waktu kurang lebih 45 menit, lokasinya sangat mudah di akses baik menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum.

Jam Operasional dan Tiket Masuk

psx_20190822_111601_zbS.jpg
Pohon Tropis di Lapangan Puputan (c) Ariska Sukma/Travelingyuk

Objek wisata ini memiliki jam buka yang berbeda beda, hari Senin-Jumat buka mulai pukul 09:00-17:00 WITA, hari Sabtu buka mulai pukul 10:00-17:00 WITA, dan di hari Minggu buka mulai pukul 11:00-16:00 WITA.

Jika ingin masuk kedalam Candi, Teman Traveler bisa membeli tiket seharga Rp2.000 untuk anak anak, Rp5.000 untuk siswa SMP, SMA, dan mahasiswa Rp25.000 untuk orang dewasa. Teman Traveler bisa berkeliling menelusuri setiap sudut dan penjuru monumen ini.

Memiliki Arsiterkur Khas Bali

psx_20190822_111335_zLS.jpg
Berbagai Aktivitas di Sekitar Candi (c) Ariska Sukma/Travelingyuk

Arsitektur khas Bali dari Monumen Bajra Sandhi ini yang unik dan menarik sekaligus menjadi salah satu daya tarik utama bagi wisatawan asing maupun domestik yang berkunjung. Di dalam candi, Teman Traveler bisa naik ke lantai paling atas untuk melihat keindahan taman sekitar candi.

Bangunan Candi Renon ini berada di Lapangan Puputan Renon dan menjadi salah satu objek wisata yang ada di dalam kota. Karena letaknya di Lapangan Puputan yang luas masyarakat sering mengunakan untuk berbagai kegiatan olahraga.

Lapangan Dekat Candi menjadi Sarana Olahraga

psx_20190822_111428_Ymk.jpg
Car Free Day di Seputaran Candi (c) Ariska Sukma/Travelingyuk

Setiap hari minggu selalu di adakan Car Free Day disini, ada yang memanfaatkannya untuk jogging karena di sini sudah tersedia juga jogging track. Selain itu, ada juga yang bermain sepak bola, voli, senam bahkan ada kegiatan yoga juga. Di kelilingi oleh pepohonan yang tumbuh subur dan berwarna hijau membuat suasana sangat sejuk dan nyaman untuk bersantai bersama teman, sahabat dan keluarga.

Wisata Edukasi

psx_20190822_111401_V3L.jpg
Masyarakat Beristirahat Setelah Berolahraga (c) Ariska Sukma/Travelingyuk

Monumen Bajra Sandhi ini adalah monumen perjuangan rakyat Bali melawan para penjajah. Wisata ini di dirikan untuk menghormati dan mengenang jasa para pahlawan yang gugur dalam membela NKRI dan mengusir para kolonial dari Indonesia.

Selain itu, monumen ini juga digunakan sebagai lambang dan semangat untuk menjaga keutuhan NKRI dari generasi ke generasi. Karena kaya akan nilai historis dan termasuk dalam wisata edukasi. Itulah yang membuat Monumen Bajra Sandhi ini sering di kunjungi oleh rombongan tour sekolah dari berbagai Kota di Indonesia.

Sarana Prewedding

psx_20190822_111451_9cr.jpg
Manikmati Pagi di Lapangan Puputan (c) Ariska Sukma/Travelingyuk

Selain untuk wisata edukasi dan sejarah monumen ini juga sering di gunakan untuk foto prewedding karena bangunan arsitektur yang menarik. Biaya foto di Monumen Bajra Sandhi ini sekitar Rp350.000 untuk wisatawan lokal. Untuk Teman Travler yang suka fotografi, Monumen Bajra Sandhi ini sangat recommended untuk dikunjungi.

psx_20190822_111628_Fut.jpg
Pepohonan Sekitar Monumen (c) Ariska Sukma/Travelingyuk

Jika Teman Traveler berkunjung ke destinasi wisata manapun jangan lupa untuk selalu jaga kebersihan, agar tempat wisata yang selalu nyaman. Jangan pernah meninggalkan sampah ya Teman Traveler. Selamat rekreasi.  Next

ramadan

Wisata Museum Tubuh, Belajar Anatomi Manusia Jadi Lebih Menyenangkan

Rambut Monte

Wisata Alam, Budaya, dan Religi di Rambut Monte Blitar yang Eksotik