in ,

Monumen Jalasveva Jayamahe, Simbol Kejayaan Laut Indonesia

Peran Tanjung Perak di Jawa Timur sangat besar. Pelabuhan yang terletak di bagian timur Kota Surabaya ini berperan sebagai armada induk induk. Tak hanya dalam sektor perdagangan dan keluar masuknya barang, wisata Surabaya ini juga berperan bagi satuan TNI Angkatan Laut. Salah buktinya adalah keberadaan Monumen Jalasveva Jayamahe. Yuk, lihat lebih dekat.

Baca juga : Tak Hanya DWP, 5 Festival Musik Terbesar di Indonesia Ini Jadi Magnet Traveler Dunia

1. Sebagai Pengingat Kejayaan Maritim Indonesia

Jalesveva Jayamahe memiliki makna di lautan kita jaya via instagram/lovesuroboyo

Jalesveva Jayamahe memiliki makna di lautan kita jaya yang juga menjadi motto dari TNI Angkatan Laut. Keberadaan monumen ini sebagai pengingat bahwa sejak dulu Indonesia cukup berjaya pada bidang kemaritiman, bahkan telah dimulai sejak masa Kerajaan Sriwijaya hingga Majapahit.

2. Pembangunan Memakan Waktu 6 Tahun

Dibangun selama 6 tahun via instagram/ivansh10

Monumen setinggi 30,6 meter terebut dibangun atas prakarsa dari Laksamana TNI Muhammad Arifin, Kepala Staf TNI yang menjabat di tahun 1990-an. Pembangunan monumen tersebut memakan waktu 6 tahun. Monumen ini diresmikan oleh Presiden Soeharto pada 5 Desember 1996, bersamaan dengan Hari Armada Indonesia.

3. Mengenal Perjuangan Pejuang Bahari

Tempat ini juga memiliki museum via instagram/yongkihadinata

Pada dinding-dinding bangunan museum terdapat berbagai diorama yang menggambarkan sejarah perjuangan para pejuang bahari. Ada pula sejumlah miniatur dan model kapal yang digunakan oleh TNI AL dan beberapa benda bersejarah lainnya. Di samping patung Perwira TNI, terdapat sebuah gong bernama Gong Kiai tentrem. Gong seberat 2.2 ton tersebut terbuat dari logam kuningan berlapiskan anti karat.

4. Pusat Souvenir yang Berhubungan Dengan TNI

Dari atas kamu dapat melihat pemandangan Selat Madura via instagram/rizkieawee

Di area museum juga terdapat pusat souvenir yang menjual berbagai oleh-oleh mulai dari pakaian, topi, tas, dan sejumlah atribut TNI AL. Selain itu, di bagian selatan sobat traveler dapat melihat kapal-kapal perang milik TNI-AL serta pemandangan Selat Madura. Sobat traveler juga bisa melihat keseluruhan pemandangan di sekitar Monumen Jalesveva Jayamahe dari patung Perwira.

Jika ingin mengenal perjalanan Indonesia, Surabaya dapat menjadi tempat yang tepat. Banyak tempat-tempat bersejarah yang dapat ditemukan. Seperti Hotel Majapahit juga Monumen Jalasveva Jayamahe ini. Next

ramadan

Gerhana Bulan Total Terjadi Lagi, Indonesia Dapat Menyaksikannya

Via Instagram infokediri

Soto Enak di Kediri, Segar-segar Bikin Jalan-jalan Makin Gencar