in ,

Program Mudik Gratis Provinsi Jawa Tengah Segera Dibuka, Ini Persyaratannya

Mudik Gratis 2018 Provinsi Jawa Tengah

Mudik

Lebaran di Indonesia juga diikuti dengan berbagai tradisi. Salah satunya adalah mudik. Ajang untuk pulang kampung dan bertemu keluraga di rumah tersebut selalu bisa bikin semangat. Apalagi jika biayanya gratis, jadi tambah senang. Beruntung jika tujuan mudikmu adalah kota dan kabupaten di Jawa Tengah. Ada program mudik gratis yang bisa kamu ikuti. Berikut ini adalah ketentuan yang harus kamu perhatikan.

Baca juga : Wisata Curug di Majalengka, Ada yang Disebut Green Canyon Lho

Mudik dengan Bus

Ilustrasi mudik dengan bus
Ilustrasi mudik dengan bus via Info Mudik Gratis

Provinsi Jawa Tengah telah menyediakan armada bus dan kereta api untuk para penumpang dari Jakarta yang ingin pulang ke kampung saat liburan Hari Raya Idul Fitri mendatang. Untuk bus akan berangkat dari Museum Purna Bhakti Pertiwi, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur. Waktu yang telah ditentukan adalah pada 10 Juni 2018.

Bisa Juga Memilih Kereta Api

Ilustrasi naik kereta api
Ilustrasi naik kereta api via Okezone

Sedangkan armada kereta api akan beranglat pada Hari Selasa, 12 Juni 2018. Penumpang bisa naik dari Stasiun Pasar Senin dengan tujuan Kutoarjo, Purwosari dan Semarang. Nantinya untuk mengakomodasi semua penumpang, akan disediakan tiga kereta. Di antaranya adalah Gajah Wong, Jangka Tingkir, dan Menoreh.

Pendaftaran Penumpang

Ilsutrasi pemudik
Ilsutrasi pemudik via Ayo Mudik

Pendaftaran penumpang bus dijdawalkan pada tanggal 7 Mei 2018. Sedangkan untuk kamu yang ingin naik kereta api bisa mendaftar pada tanggal 9 Mei 2018. Tak sembarang orang bisa mengikuti program mudik gratis ini. Pihak yang berwenang setempat memprioritaskan warga Jawa Tengah yang berprofesi sebagai asisten rumah tangga, pedagang, pegawai pabrik, buruh bangunan dan tukang ojek.

Syarat dan Ketentuan

Mudik 2018
Mudik 2018 via Indstagram/@penghubungjateng

Para penumpang diharuskan mengisi formulir dan menyertakan dokumen pendukung lain. Seperti fotokopi KTP dan KK. Pada saat mendaftar wajib menggunakan ktp asli dan akan mendapatkan satu tiket. Kalau kamu daftar dengan kk bisa mendapat maksimal empat tiket.

Tentu saja saat lebaran ada banyak instansi yang mengadakan program mudik gratis. Kamu bisa mengikutinya dan pilih yang memang sesuai denganmu. Naik apapun mudiknya,  yang terpenting adalah berhati-hati di jalan. Next

ramadan

Wisata Taman Bunga Bono Tulung Klaten, Berawal dari Ketidaksengajaan

Kuliner Khas Wonosobo

4 Kuliner Khas Wonosobo yang Enak dan Sayang untuk Dilewatkan