in , ,

Mudik Lebaran 2022 Diperbolehkan, Simak Tips Mudik Pakai Motor

Pemerintah resmi mengizinkan masyarakat untuk melakukan mudik lebaran tahun ini. Kabar ini disampaikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo tepat tanggal 23 Maret 2022 kemarin. Banyak alternatif kendaraan untuk melakukan perjalanan mudik, salah satunya adalah menggunakan sepeda motor. Mudik naik motor ini masih menjadi favorit bagi sebagian masyarakat, karena memiliki rute perjalanan yang singkat.

Baca juga : 6 Destinasi di Pulau Bali Yang Nggak Bikin Kantong Kempes

Mudik Lebaran dengan sepeda motor. Foto via kalimantanlive.com

Namun untuk mudik menggunakan motor, perlu adanya persiapan baik dari sisi kendaraannya maupun pengendaranya. Dengan persiapan ini, maka perjalanan mudik akan menjadi lebih aman dan nyaman. Berikut adalah tips mudik naik sepeda motor:

1. Melakukan pengecekan menyeluruh terhadap kendaraan yang akan digunakan maksimal satu pekan sebelum digunakan agar dapat melakukan adaptasi dengan kondisi kendaraan yang baru. Jangan lupa juga untuk memperhatikan beberapa bagian penting seperti kaca spion, sistem kelistrikan, lampu-lampu, rem, dan penggerak berfungsi dengan baik.

Cek kondisi fisik motor secara baik dan cermat. Foto via kompasotomotif.com

2. Waspada saat berkendara dengan memperhatikan keadaan depan, belakang, kanan, dan kiri kendaraan. Selalu perhatikan pula jarak antara kendaraan, baik di depan maupun belakang.

3. Pemudik menggunakan motor diimbau untuk merencanakan perjalanan dengan baik termasuk mencari dan mengetahui jalur alternatif yang dapat dilalui, serta tidak membawa barang berlebih agar keseimbangan kendaraan tetap terjaga.

4. Jika pengemudi sudah merasa lelah atau mengantuk sebaiknya berhentiĀ untuk beristirahat. Saat beristirahat pastikan pemudik melakukan pengecekan terhadap sepeda motor di beberapa bagian penting.

Segera berhenti dan cari tempat istirahat saat mengantuk diperjalanan. Foto via motorplusonline.com

5. Perhatikan juga perlengkapan berkendara wajib yang aman dan nyaman untuk digunakan seperti helm, sarung tangan, jaket, masker, celana panjang, sepatu. Kemudian siapkan pula jas hujan dengan warna yang mencolok.

6. Jangan melupakan hal-hal penting lainnya seperti surat-surat yang dibutuhkan ketika berkendara, kelengkapan alat untuk saat-saat emergency, serta peralatan P3K agar selalu siap sedia di perjalanan mudik, sehingga mudik berjalan lancar dan menjadi momen membahagiakan bersama keluarga tercinta.

tetap fokus mudik menggunakan motor saat hujan. Foto via federaloil.com

Nah, untuk teman traveler yang mudik menggunakan sepeda motor, tetaplah berhati hati saat cuaca hujan. Jaga kecepatan dan tetaplah waspada selama perjalanan pulang. Next

ramadan

Penasaran Dengan Nikmatnya Mie Ayam Bakar? Buruan Coba!

Mengenal Grubi, Si Kribo Manis dari Olahan Ubi