in

4 Museum Berdesain Unik di Dunia, Ada yang Mirip Nasi Tumpeng

Indonesia juga punya nih!

Museum sampai sekarang masih memiliki kekuatan dalam menarik pengunjung. Ini bisa terjadi karena sejumlah faktor. Seperti koleksinya, sejarah dan juga bentuknya. Nah, kali ini Travelingyuk akan membahas beberapa museum berdesain unik di dunia. Penasaran bagaimana uniknya? Simak ulasan di bawah ini. 

Baca juga : Kopi Gober, Kafe Mewah Terbaru Surabaya dengan Harga Menu Murah

1.Museum yang Tanahnya Miring Ketika Dipijak 

museum berdesain unik
Zhejiang Museum of Natural History via instagram/some__place

Museum pertama yang memiliki desain unik adalah Zhejiang Museum of Natural History. Berada di Shanghai, China, museum satu ini kalau dilihat sekilas, bentuk bangunannya biasa saja. Tapi, kalian akan merasakan perbedaannya ketika masuk ke museum tersebut. Teman Traveler akan merasa kalau bangunannya terasa miring saat dipijak. Nah, itu karena museum monopolitik satu ini dibangun di atas tanah yang miring.  

2. Museum Berbentuk Tumpeng 

museum berdesain unik
Museum Purna Bhakti Pertiwi via instagram/ervinerwin

Selanjutnya, ada Museum Purna Bhakti Pertiwi yang didirikan untuk mengenang sejarah hidup Soeharto. Museum ini berisi penghargaan-penghargaan berbagai macam cinderamata dari para petinggi negara, politisi, dan kalangan pebisnis, yang diterima Presiden Soeharto ketika masih menjabat sebagai Presiden RI.

Bangunan museum ini sangat unik karena menyerupai bentuk nasi tumpeng. Ada kerucut utama di bagian tengah dengan kerucut yang lebih kecil mengelilinginya. Bentuk bangunannya yang unik serupa tumpeng mencerminkan falsafah orang Jawa saat melaksanakan syukuran atas pemberian Tuhan.  

3. Berdesain Tumpukan Kelopak Mawar 

Museum National Qatar via instagram/mannai9

Teman Traveler akan dibuat takjub dengan keindahan dari Museum National Qatar. Museum ini bagaikan kelopak mawar bertumpuk yang tidak beraturan. Ternyata, bentuk dramatis bangunan ini terinspirasi oleh desert rose atau mawar gurun. 

Museum ini berisikan apapun yang berkaitan dengan sejarah Qatar. dimulai dengan periode sebelum manusia menghuni semenanjung dan berlanjut hingga hari ini. Pada intinya, isi dari museum ini tak kalah menakjubkan dari desain luarnya.  

4. Desain Abstrak  

Biomuseo via instagram/sonalidaga

Panama juga punya museum dengan desain yang tak kalah unik. Bernama Biomuseo yang memiliki desain abstrak. Didesain oleh Frank Gehry, tujuan dibangunnya museum ini adalah untuk menunjukkan pada dunia, betapa pentingnya Panama mengubah sejarah bumi. Dengan keunikan desainnya, Biomuseo meletakkan Panama pada peta arsitektur global.   

Itulah deretan museum yang berdesain unik di dunia. Mulai dari tanahnya yang miring sampai dengan berdesain abstrak. Itu semua tak hanya bertujuan untuk menarik pengunjung, namun lebih kepada merealisasikan sebuah pemikiran dari masing-masing arsitek.  Next

ramadan

4 Fenomena Langit Indah Membawa Bencana, Hati-hati Melihatnya Saat Traveling

Rainbow Garden, Hamparan Bunga Indah yang Sangat Manjakan Mata