in , ,

Museum Biskuit, Tempat Wisata Bersejarah di Ungaran Semarang

Museum Biskuit di Ungaran, Semarang

Museum Biskuit
Museum Biskuit

Biskuit merupakan makanan enak dan renyah di lidah. Biasanya, jajanan ini dijadikan camilan untuk menemani perjalanan. Namun, tahukah jika Semarang, tepatnya daerah Ungaran punya museum dengan isi serba biskuit. Penasaran kan? Berikut penuturan dari Kontributor Travelingyuk, Rizky Nusantara yang pernah berkunjung ke Museum Biskuit di Ungaran.

Baca juga : 4 Hal yang Perlu Diperhatikan Selama Pendakian, Apa Saja Ya?

Wisata Unik di Kawasan Ungaran

Ruang Tunggu, museum biskuit
Ruang Tunggu, museum biskuit (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Ungaran menjadi tempat pertama museum biskuit didirikan. Tempat wisata ini mengulas dan mengangkat tema tentang biskuit. Saat memasuki wisata di Ungaran ini, Teman Traveler akan disambut dengan air mancur yang cukup deras. Ada juga gambar 3D yang jumlahnya sedikit, tapi cukup mencuri perhatian banyak orang. Di sini, Teman Traveler bisa puas berfoto. Pastikan berdiri di posisi tepat, agar hasil foto dengan latar hasil karya seni ini menawan. Nah, tempat foto ini berada di sebuah lorong yang cukup panjang menuju gedung museum berlantai tiga.

Aneka Alat Pembuatan Biskuit

Salah satu mesin pembuat biskuit
Salah satu mesin pembuat biskuit (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Sesampainya di museum, Teman Traveler akan disambut dengan hangat petugas yang sedang bertugas. Memasuki ruangan, beragam alat berat dipajang rapi di sini, termasuk mesin untuk membuat biskuit. Di lantai berikutnya, ada berbagai ornamen yang dikenal lengkap dengan sejarah hadirnya biskuit di Indonesia. Selain alat, ada juga contoh bahan baku yang dibutuhkan untuk membuat biskuit. Semua dikupas secara tuntas, sehingga Teman Traveler dapat memahami bagaimana proses dalam membuat sebuah biskuit.

Spot Instagenic di Lantai Tiga

Mesin-mesin pembuat biskuit
Mesin-mesin pembuat biskuit (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Di lantai ini terdapat banyak spot foto yang wajib yang memanjakan mata. Konsep 3D yang diusung menarik perhatian, apalagi bagi anak muda kekinian. Selain sebagai tempat berfoto, lantai ini juga dimanfaatkan untuk restoran. Jadi, selain untuk mencari tahu sejarah biskuit dan pembuatannya, Teman Traveler dapat incip-incip makanan di sini. Menyenangkan bukan?

Selain itu, Museum Biskuit di Ungaran ini juga menyediakan kelas untuk belajar langsung membuat biskuit. Cara hanya dengan menghubungi customer service karena ada beberapa syarat dan ketentuan  berlaku yang harus dipenuhi oleh para peserta. Salah satunya berjumlah minimal 30 orang.

Wisata Murah Meriah tapi Kaya Pengetahuan

Suasana di lantai 2
Suasana di lantai Museum Biskuit (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Museum biskuit ini berada di pinggir jalan raya menuju ke arah Solo atau Jogja dari arah Semarang. Tidak perlu repot-repot untuk mencari tempat ini, karena hanya ada satu museum di Jawa tengah. Papan penunjuk arah juga banyak. Aplikasi Google Map juga bisa mengantarkan Teman Traveler ke sini. Untuk harga, tak usah ditawar lagi. Harga satu bungkusnya mulai dari Rp5.000 saja. Terjangkau bukan?

Bagaimana,  Teman Traveler tertarik berkunjung ke tempat dengan potensi wisata edukasi yang menarik ini kan? Yuk, liburan ke Semarang dan mampir ke Museum Biskuit di Ungaran ini. Next

ramadan

Written by Rizky Nusantara

Penulis adalah kontributor lepas di travelingyuk.com

Via Travelingyuk/Saatul Ihsan

Pilihan Wisata Pabrik di Taiwan, Sensasi Jalan-jalan Penuh dengan Pengalaman

5 Festival Cokelat Dari Berbagai Negara, Indonesia Juga Ada Lho